Pola Pendidikan Keluarga

23 Februari 2021 | Dibaca : 10x | Oleh : Mohamad Ramdan
Pola Pendidikan Keluarga

Penulis : Casman S.Pd (wali Santri Pesantren siswa Al Masoem)

Almasoem.sch.id,-  Berdasarkan pengamatan, bahwasannya anak yang terlahir di keluarga yang memiliki pola pendidikan yang baik, cenderung lebih mudah berkembang dibandingkan dengan anak yang tumbuh di keluarga yang belum menentukan pola keluarganya, terutama dalam pola pendidikan. Memiliki akses yang mudah untuk mengembangkan diri dengan dukungan pola pendidikan keluarga yang maju, menjadi modal awal bagi keluarga tersebut mencetak anggota keluarga menjadi sumber daya manusia yang unggul.

Tersirat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tentang pentingnya pendidikan. Indonesia memiliki tujuan besar seperti yang tertera dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam pasal lain, seperti pada pasal 31 ayat 1, memperkuat bahwa setiap warga Negara Indonesia berhak mendapatkan pengajaran dan pendidikan.

Sementara pada ayat 3 pemerintah menyatakan juga bahwa akan terus mengupayakan dan menyelenggarankan suatu sistem pendidikan nasional yang diatur dalam undang-undang nomor 2 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dengan memastikan setiap warga Negara mendapatkan pendidikan sebagai pranata sosial.

Dari beberapa kutipan Undang-Undang diatas telah jelas bahwa pendidikan yang maju adalah kebutuhan premier bagi setiap warga Negara. Selain itu juga, ada tujuan besar Negara untuk meningkatkan indeks prestasi pendidikannya. Dengan begitu, tatanan sosial, kualitas sumber daya manusia dan pola pendidikan keluarga menjadi syarat untuk membangun suatu Negara. Oleh karena itu, seperti halnya simbiosis mutualisme, ada peran aktif dari keluarga untuk kemajuan keduanya, terutama Negara sebagai penyelenggara pendidikan nasional.

Suhartono (2009: 79) menjelaskan bahwa “pendidikan adalah segala kegiatan pembelajaran yang berlangsung sepanjang zaman dalam segala situasi kegiatan hidup.” Pendidikan pertama yang akan manusia peroleh adalah pendidikan keluarga. Jika pola pendidikan dalam keluarga itu maju, bisa dipastikan akan melahirkan anggota keluarga yang maju pula sebagai sumber daya manusia yang unggul.

Menurut Sumual (2017: 2) menyatakan bahwa “kekuatan sumber daya manusia dalam suatu organisasi semakin disadari keberadaannya sehingga manusia dipandang sebagai aset terpenting dari berbagai sumber daya dalam organisasi.” Jika Negara adalah sebuah organisasi, maka manusia dikategorikan sebagai asset yang paling utama. Maju atau tidaknya sebuah organisasi, bisa ditentukan dengan manajemen sumber daya manusianya.

Oleh karenanya, penciptaan sumber daya manusia yang diharapkan bisa terlahir dari bagaimana pola pendidikan keluarga tersebut. Karena menurut Hasby dalam jurnalnya (2012: 246) “keluarga merupakan salah satu institusi pendidikan. Setiap orang yang berada dalam situasi ini pasti akan mengalami perubahan dan perkembangan menurut corak dan warna institusi tersebut.”

Dengan demikian, pola pendidikan keluarga mesti menjadi perhatian khusus para orang tua dalam mengelola institusi keluarganya. Karena dari pola tersebut akan menghasilkan sumber daya manusia yang diharapkan. Sebuah keluarga yang menerapkan pola pendidikan yang membimbing, membantu dan menyelesaikan suatu permasalahan maka kemungkinan besar akan menghasilkan sumber daya manusia atau generasi manusia yang unggul. Jika dianalogikan keluarga sebagai institusi, maka dalam keluarga mesti memiliki pola yang baik dan berdampak baik pada perkembangan pendidikan anggota keluarga atau anak-anaknya.

Oleh sebab itu, keluarga menjadi harapan bagi anggotanya dalam mengembangkan diri dan menjadikan keluarga sebagai wadah pendidikan utama, sebelum anggota keluarga merasakan pendidikan diluar pola pendidikan keluarganya. Al ummu madrosatul ula idza a’dadta sya’bana thayyiba a’raq, ibu adalah sekolah pertama bagi kaluarganya, jika ia baik, maka keluarga tersebut menyiapkan generasi yang baik pula, yang bisa mengembangkan dan bersaing di era global seperti sekarang ini.

ingin mendaftar ke Al Masoem dan menjadi siswa berprestasi?? Daftar Di sini

bingung bagaimana cara mendaftar Ke Al Masoem?? Klik Di sini

Informasi lebih lanjut Hubungi saja :

  • 0811224337 (Ayi Miraz)
  • 081122700227 (Humas/Kantor)
  • 08112194421 ( Sri Hanipah )
Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Pendaftaran Secara Online, mempermudah orang tua dalam mendaftarkan putra putrinya
8 Agustus 2020
Almasoem.sch.id,- Dengan alasan Physycal Distancing akhirnya kami berinisiatif dalam memberikan opsi pendaftaran siswa secara online  Di ...
Sekolah Tinggi Ilmu Perbankan (Stibank) Syariah Al Masoem, siapkan tenaga handal untuk Bidang Ekonomi Syariah.
5 Mei 2015
Oleh: Asep Sujana Yayasan Al Masoem Bandung, menambah jenis pendidikan yang dibinanya berupa Sekolah Tinggi Ilmu Perbankan (Stibank) Syariah, pendidikan ...
Cageur Bageur Pinter
30 Maret 2015
Oleh: Ai Mulyani Pendidikan merupakan kebutuhan setiap individu  yang menginginkan perubahan. Perubahan yang akan membawa dirinya menjadi lebih baik, lebih ...
Hafiz Quran Gratis Mesantren di Al Ma’soem
25 September 2015
Pemberian penghargaan dalam bentuk beasiswa untuk setiap siswa-siswi berprestasi yang bersekolah di Yayasan Pendidikan Al Ma’soem baik untuk prestasi ...
Team Cerdas Cermat SMP Al Ma'soem Juara I dan II LCC Matematika dan IPA di SMA 3 Sumedang
5 Februari 2020
Jatinangor (almaosem.sch.id),- Predikat juara I dan juara II berhasil di raih oleh Team Cerdas Cermat SMP Al Ma'soem dalam ajang LCC Matematika dan IPA ...

Informasi Pendaftaran

png
Dr Tonton
Doktor Wisuda
SMP SMA
sd
tk
online
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top