Halal Bi Halal Yayasan Al Masoem Bandung 1444H 2023 (2)

Pesantren Modern, Sekolah Pilihan Utama Orang Tua Masa Kini

Mengapa Orangtua lebih Memilih Pesantren Modern Dibandingkan Jenis Sekolah lainnya? Seperti yang kita ketahui, di Indonesia itu ada banyak jenis sekolah tapi yang terkenal secara struktur kurikulum dan pendidikan adalah sekolah formal, sekolah berasrama/Boarding School atau sering disebut juga sebagai pesantren modern dan Pesantren tradisional. Secara garis besar setiap lembaga pendidikan ini memiliki kelebihannya masing masing. Bahkan pilihan untuk masuk ke pesantren modern atau tradisional dan sekolah formal sekalipun tergantung pada preferensi dan tujuan individu. Tapi uniknya rata rata di era modern seperti sekarang, banyak sekali orang tua yang lebih memilih untuk menyekolahkan putra putrinya ke pesantren modern atau boarding school. Lantas apa landasan utama orang tua lebih mempercayakan putra putrinya ke boarding school dibandingkan kepada sekolah lainnya?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa seseorang mungkin memilih pesantren modern dibandingkan dengan jenis sekolah dan pesantren lainnya:

  1. Pendekatan Kontekstual: Pesantren modern biasanya mengadopsi pendekatan yang lebih kontekstual dalam mengajarkan agama dan ilmu pengetahuan. Mereka berusaha menjembatani pemahaman agama dengan konteks kehidupan modern, sehingga santri dapat mengaitkan dan menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari mereka.
  2. Gabungan Ilmu Agama dan Umum: Pesantren modern menawarkan kombinasi pembelajaran agama dan ilmu umum. Hal ini memungkinkan santri untuk mengembangkan pemahaman agama yang kuat sambil memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai bidang akademik.
  3. Pembelajaran Bahasa Arab: Pesantren modern seringkali memberikan penekanan pada pembelajaran bahasa Arab. Menguasai bahasa Arab memungkinkan santri untuk memahami sumber-sumber agama secara langsung, seperti Al-Qur’an dan hadis, serta memfasilitasi komunikasi dan pemahaman dalam konteks keagamaan.
  4. Penggunaan Teknologi dan Komputer: Pesantren modern memperkenalkan santri pada teknologi dan komputer. Hal ini membantu mereka mengikuti perkembangan teknologi dan memperoleh keterampilan yang relevan di era digital ini.
  5. Pembinaan Kepribadian Holistik: Pesantren modern tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga memberikan perhatian pada pembinaan kepribadian holistik santri. Mereka mendorong pengembangan akhlakul karimah, nilai-nilai etika, kepemimpinan, dan keterampilan sosial.
  6. Keterbukaan terhadap Perkembangan Dunia: Pesantren modern mengakui pentingnya pemahaman dan keterampilan yang relevan dengan perkembangan dunia saat ini. Mereka berusaha menghasilkan lulusan yang dapat berkontribusi secara positif dalam berbagai bidang kehidupan, baik dalam aspek keagamaan maupun sosial.
  7. Lingkungan yang Inklusif: Pesantren modern sering kali menciptakan lingkungan inklusif yang menerima beragam latar belakang budaya, etnis, dan sosial. Ini memungkinkan santri untuk belajar dan berinteraksi dengan sesama santri yang berasal dari berbagai latar belakang, sehingga memperluas wawasan dan toleransi mereka.

Al Ma’soem sekolah berasrama yang ada di Bandung

Al Masoem merupakan sekolah bersamara yang ada di Bandung, bahkan menjadi salah satu boarding school terbaik di Jawa Barat. Tepatnya di jalan raya Cipacing no.22 yang merupakan lokasi yang sangat strategis karena hanya 10 menit dari simpang susun CISUMDAWU. Pesantren modern Al Ma’soem merupakan lembaga pendidikan berbasis pesantren modern yang sudah berdiri sejak tahun 2000 an, untuk sekolah formalnya sendiri kami sudah berdiri dari tahun 1986, dimana kami memiliki jenjang pendidikan dari tingkat PG-Tk, SD, SMP dan SMA plus pesantren hingga universitas. Al Masoem berkembang dengan visi dan misi untuk menjadi menara api bagi masyarakat sekitar sehingga tidak aneh jika lembaga ini selalu mengadakan berbagai macam kegiatan sosial yang berguna bagi masyarakat sekitarnya. 

Al Masoem menjadi prioritas utama bagi para peserta didik di Jawa Barat dan di berbagai daerah lainnya karena kami terkenal dengan lembaga yang disiplin dan islami, artinya lulusan Al Masoem pasti menjadi pribadi yang berguna bagi agama keluarga dan bangsa. Di balik itu juga banyak sekali lulusan dari pesantren modern ini yang bisa menjadi apa yang mereka inginkan, hampir 53% nya juga alumni SMA pesantren modern ini diterima ke PTN. Ini merupakan angka yang cukup besar untuk sebuah pesantren modern atau boarding school dalam penyaluran lulusannya untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri hingga luar negeri. Ya meskipun begitu pilihan untuk mengambil sekolah formal, pesantren modern maupun pesantren tradisional tergantung dari kebutuhan orang tua dan peserta didik itu sendiri. Karena penting untuk diingat bahwa pesantren tradisional juga memiliki nilai dan manfaatnya sendiri. Pesantren tradisional seringkali mempertahankan tradisi dan warisan Islam yang kuat, memberikan penekanan pada pembelajaran agama yang mendalam, dan menciptakan suasana yang sangat kental dengan nilai-nilai Islam. Akhirnya, pilihan antara pesantren modern atau tradisional bergantung pada preferensi individu dan tujuan pendidikan yang diinginkan.

Intinya setiap sekolah juga memiliki kelebihannya masing masing, jika ingin murah ya ambil sekolah formal bahkan ke negeri juga kita sudah bisa masuk sekolah gratis dengan semua keterbatasan, begitu juga jika anda ingin fokus pada Al Quran dan Kitab pilihan utama adalah pesantren tradisional yang memang lebih memfokuskan pada hafalan dan kitab namun jika anda memiliki uang lebih dan mencari sekolah yang memiliki fasilitas asrama dan masa depan peserta didik yang lebih jelas dan lebih luas boarding school adalah pilihan terbaik bagi anda semua.