Pendidikan Karakter siswa TK

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Sekolah

Peran orang tua dalam pendidikan anak tetaplah penting. Walaupun anak sudah sekolah di sekolah yang bagus dan mahal, orang tua tetap punya peran strategis untuk mendorong anak mendapatkan hasil output pendidikan yang berkualitas.

Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

SMP Islam Terbaik Di Bandung

almasoem

Sebagus apapun sekolah yang Anda pilih untuk anak, Anda tetap punya tanggungjawab terhadap perkembangan pendidikan anak. Peran orang tua dalam pendidikan anak meliputi bagaimana orang tua juga mendukung pendidikan anak yang ada di sekolah.

Pendidikan di rumah seutuhnya menjadi tanggungjawab orang tua dan pendidikan di sekolah pun orang tua punya peran untuk mendukungnya agar lebih maksimal.

Apa saja peran orang tua terhadap pendidikan anak di sekolah?

“Kesalahan orang tua seringkali merasa anak-anaknya sudah cukup dengan masuk di sebuah sekolah yang mahal dan berakreditasi tinggi, padahal orang tua memiliki peran lain yang tak tergantikan oleh siapapun.”

1. Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah

Anak yang berprestasi di sekolah tidak semata-mata karena peran guru yang pintar. Dalam sebuah jurnal peran orang tua dalam pendidikan anak, penelitian dari Munirwan Umar (2015) menjelaskan tentang bagaimana orang tua memiliki peran signifikan dalam meningkatkan prestasi anak di sekolah.

Orang tua bisa membantu anak berprestasi di sekolah dengan cara membantu anak mengulang, belajar kembali, atau menjawab soal-soal pelajaran yang ada di sekolah. Orang tua menjadi guru di rumah bagi anak-anaknya setelah mendapat pelajaran di sekolah.

Alasan tersebut yang menjadi logika paling kuat kenapa orang tua perlu memiliki pendidikan yang baik. Bukan hanya untuk kebutuhan ekonomi mencari pekerjaan, tetapi juga dalam rangka mendidik anaknya agar lebih pintar dan berprestasi. 

Orang tua tidak boleh lepas tanggungjawab pada pendidikan anak di sekolah jika ingin memiliki anak yang berprestasi.

2. Implementasi Pendidikan Karakter Anak di Rumah

Tanggungjawab orang tua terhadap anak belum sepenuhnya selesai setelah memilihkan pendidikan formal sekolah yang berkualitas.

Orang tua tetap punya tanggung jawab. Tanggung jawab yang paling penting selain mendukung secara prestasi juga mendukung pendidikan karakter anak yang sudah ada di sekolah.

Saat ini sekolah-sekolah telah menerapkan kurikulum berbasis pembentukan karakter siswa. Semua itu bisa semakin efektif dan cepat terwujud jika orang tua memiliki peran dalam hal pembentukan karakter anak.

Implementasi dari pendidikan karakter yang paling dominan akan terwujud di rumah. Dalam rentang waktu 24 jam misalnya, anak akan lebih banyak waktunya di rumah, maka orang tua sangat memiliki peran strategis untuk mewujudkan anak-anak yang memiliki karakter terbaik berbasis keagamaan.

Orang tua harus berkolaborasi dengan pihak sekolah untuk membantu mewujudkan karakter anak di rumah dan sekolah. Sekolah Al Ma’soem merupakan sekolah yang sangat kolaboratif dalam menjalin kerjasama dengan pihak orang tua membantu mewujudkan karakter anak secara aplikatif.

3. Memantau dan Mendukung Pendidikan Anak di Rumah

Jadi, soal pendidikan di sekolah, peran orang tua bukan semata-mata membayar biaya pendidikan lalu selesailah tugasnya untuk anak. Hasil yang maksimal akan lebih terlihat jika orang tua terlibat langsung mendukung pendidikan anak di rumah sebagai kelanjutan dari pendidikan di sekolah.

4. Menyekolahkan di Sekolah Terbaik

Bagi orang tua yang ingin mendapatkan putra yang tidak hanya cerdas dalam hal intelektual, tai juga berakhlakul karimah bisa dengan menyekolahkan di tempat terbaik. Anda bisa menyekolahkan anak Anda di Al Ma’soem. Sekolah terbaik dengan kurikulum yang komprehensif. Tidak hanya mendorong anak berprestasi, tetapi juga mewujudkan karakter berbasis agama yang lebih teraplikasi dengan baik.

Jika orang tua menyadari dan melaksanakan peran ini, maka output dari pendidikan akan lebih terasa. Pilih sekolah yang bagus dan dukung secara langsung dari peran orang tua di rumah. Anak-anak akan tumbuh menjadi generasi Indonesia yang lebih berkompetensi.

Peran orang tua dalam pendidikan anak akan terus berlanjut pada semua jenjang pendidikan. Berikan contoh nyata sebelum berbicara, maka anak akan lebih melihat apa yang terlihat dari orang tuanya melalui tingkah laku.