Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Remaja

5 April 2021 | Dibaca : 41x | Oleh : Mohamad Ramdan
Siswa SMP Al Ma'soem yang Berprestasi

Almasoem.sch.id,- Dalam  menjalani kehidupan sehari-hari, kita sebagai manusia tentu tidak bisa lepas dengan sebuah masalah, tidak semua keinginan dan rencana yang sudah kita susun bisa berjalan dengan baik. Begitu juga saat menghadapi sebuah masalah, tidak semua persoalan dapat kita pikul sendiri sehingga kita membutuhkan orang lain untuk membantu memecahkan masalah kita, setidaknya sebagai pendengar yang baik. 

Di usia remaja sendiri tidak mudah untuk mencari sesorang yang bisa dipercaya sepenuhnya untuk berbagi cerita, khususnya orang tuanya sendiri. Usia remaja adalah usia pencarian jati diri / identitas dimana seorang remaja mengalami perubahan / transisi dari masa anak-anak ke dewasa yang meliputi perubahan fisik, emosional, nilai yang dianut dan lain-lain.

Peran orang tua dalam mendidik anak khususnya remaja masih sangat penting karena orang tua masih sangat bertanggung jawab terhadap perilaku anak-anaknya. Kenakalan remaja yang terjadi baik di sekolah maupun diluar sekolah bisa jadi disebabkan oleh pola asuh dan kebiasaan dirumahnya sehingga orang tua harus mengetahui metode yang tepat mengingat betapa pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak. 

Dilema pun sering terjadi ketika seorang anak remaja membutuhkan tempat berbagi cerita yang bisa dipercaya dan mengarahkannya ke arah yang positif. Di satu sisi remaja ingin mendapatkan sebuah “kebebasan” dengan teman sebayanya, namun di sisi lain mereka masih membutuhkan orang dewasa ketika masalahnya cukup kompleks. Di posisi orang tua pun demikian, orang tua tidak ingin anaknya terjerumus dalam hal-hal yang negatif namun orang tua sulit atau enggan memahami dunia remaja yang terjadi saat ini.

Orang tua yang bijak biasanya tidak akan terlalu mengekang kebebasan anak remajanya. Hal ini dikarenakan jika kebebasan emosional seorang remaja terlalu dikekang justru mereka akan menghadapi berbagai kesulitan ketika sudah beranjak dewasa dan tidak dapat membuat keputusan sendiri serta kurangnya rasa tanggung jawab atas pilihan hidupnya. Maka dari itulah remaja lebih memilih curhat ke teman sebayanya dibandingkan dengan orang tuanya sendiri. 

Pola asuh otoriter dan permisif bisa jadi salah satu penyebab utama remaja tidak dekat secara emosional dengan orang tuanya. Hal ini dikarenakan pola asuh tipe otoriter cenderung memaksakan kehendak dan menyalahkan anaknya ketika terdapat kesalahan dalam bertindak. Sedangkan pola asuh tipe permisif justru sebaliknya, pihak orang tua terlalu memanjakan anak, memberikan kebebasan yang berlebihan dan cenderung “cuek” terhadap kedisiplinan anak. Kedua contoh pola asuh ini memberikan sumbangsih sebagai faktor penyebab sulitnya seorang anak remaja curhat kepada orang tuanya.

Namun hal tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara. Dari sisi orang tua, komunikasi yang baik akan terjalin jika orang tua berusaha mengikuti “trend” perilaku anak remaja saat ini namun tetap memberikan nasihat agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif. Dengan begitu, orang tua tidak akan dianggap “jadul” atau “kuno” oleh anaknya. Selain itu diskusi hangat juga akan terjalin jika orang tua memberikan kesempatan anak remajanya bercerita apapun yang dia mau dan menanyakan pendapatnya terhadap suatu hal sambil berkegiatan bersama ataupun saat sedang rekreasi. Perilaku asertif sangat diperlukan orang tua dalam situasi seperti ini karena meskipun terkesantegas, namun tidak akan dianggap sebagai sebuah tekanan oleh pihak anak.

Dari sisi anak pun komunikasi yang baik dengan orang tua sebenaranya bisa terjalin. Sebelum memulai untuk bercerita / curhat, sebaiknya mempersiapkan dengan matang apa yang perlu diceritakan secara detail dan yang tidak. Meskipun komunikasi yang selama ini berjalan tidak begitu baik namun tetap harus mengumpulkan keberanian untuk memulai cerita karena orang tua adalah pihak pertama yang akan membantu anaknya ketika mendapatkan masalah.

Ketika mendapatkan jawaban yang tidak sesuai ekspektasi, maka bisa didisukusikan dengan cara yang sopan karena orang tua akan merasa dihargai kredibilitasnya sebagai orang dewasa. Waktu yang tepat pun menjadi factor penting terjalinnya komunikasi yang hangat. Momen terbaik untuk bercerita adalah saat hari libur dimana pikiran cenderung lebih tenang karena tidak banyak tekanan, baik dari pekerjaan orang tua maupun tekanan yang berhubungan dengan sekolah anak. 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

6 April 2015
M Iqbal Ridha,S.Si (Guru Matematika SMA Al Ma’soem). Orang – orang besar telah banyak bercerita atau diceritakan dalam berbagai media, dalam buku-buku biografi, majalah-majalah terkenal, atau dalam seminar-seminar. Contohnya dalam sebuah buku biografi, Albert Einstein pernah berkata, bahwa sama ...
Kriteria Akhlak
11 September 2020
Almasoem.sch.id,- Yayasan Al Ma’soem adalah kampus dengan segudang prestasi, hal ini tidaklah heran karena di Al Ma’soem jenis ...
27 Maret 2015
Oleh : Hendar Sodikin (Wakil Kepala SMP Bidang Administrasi) Setiap orang pasti memiliki keinginan atau impian untuk mencapai kesuksesan, namun tidak semua orang dapat mewujudkan keinginannya tersebut. Ada berbagai macam cara untuk meraih impiannya, namun tak lepas dari itu semua ada satu hal yang ...
24 Februari 2017
oleh Silvana Sauma Alhanda - VIII Super Aku berangkat bersama dengan teman-teman didampindi oleh Bu Sativa, Bu Siti, Pak Anang dan Pak Ridwan bagai domba-domba yang digembala oleh pemiliknya. Langkah kaki mulai menaiki tangga bus aku mulai mencari tempat dimana tubuhku harus diletakkan. Ku lihat ...
Lebih Baik Jujur Dengan Nilai Apa Adanya Dari Pada Nilai Bagus Hasil Mencontek
6 Desember 2019
Opini Ma'soem,- Saya bukan tenaga pengajar, seperti guru atau dosen. tapi mau bagaimana juga saya mantan siswa dan mantan seorang mahasiswa yang ...

Informasi Pendaftaran

png
SMP SMA
sd
tk
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top