Pentingnya Olahraga untuk Anak

6 April 2015 | Dibaca : 840x | Oleh :
Oleh : Erik Suryana S.Pd.   Olahraga sangat penting bagi tubuh kita, tidak terkecuali orang dewasa ataupun anak-anak. Namun untuk anak-anak terkadang orangtua tidak menyadari, betapa pentingnya olahraga bagi pertumbuhan anaknya. Pertumbuhan dan perkembangan pada anak adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh semua orang tua. Karena dengan mengetahui pertumbuhan dan perkembangan pada anak, kita juga akan mengetahui seberapa besar perkembangan fisik, mental, dan emosional yang terjadi pada anak kita. Untuk mengoftimalkan perkembangan fisik, mental dan emosional anak, olahraga merupakan salah satu penunjang untuk mengoftimalkannya. Olahraga pada anak banyak sekali manfaatnya selain membuat badan menjadi sehat, anak dapat mengembangkan kemampuan motoriknya. Namun olahraga Pada anak sebaiknya pilihlah olahraga yang tidak memakan banyak tenaga, buatlah anak merasa senang dengan olahraga yang dipilihnya, karena pada masa anak-anak merupakan masa dimana mereka sangat senang bermain, selalu aktif bergerak kesana kemari. Sebagai orangtua sebaiknya kita jangan terlalu memaksakan olahraga yang tidak sesuai dengan keinginan anak, karena akan mengakibatkan si anak malas berolahraga. Makanya kita sebagai orangtua harus pintar-pintar memilihkan olahraga apa yang cocok untuk anak kita. Jangan sampai anak kita berolahraga karena keterpaksaan, karena sesuatu yang dipaksakan tidak akan baik hasilnya. Kemungkinan beberapa anak malas untuk berolahraga karena tidak adanya motivasi dari orangtua, ataupun tidak adan teman yang dapat diajak olahraga ataupun tidak ada fasilitas yang memadai untuk melakukan aktifitas olahraga, kita sebagai orangtua harus dapat memberikan dorongan untuk anak kita agar anak kita mau melakukan olahraga sejak dini.
Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

image1by Siti Suwarni - A Report of the Pearson Workshop Pearson Indonesia conducted a teacher training session on Saturday, February 20th, 2016 in Golden Flower Hotel. The participants were English teachers from many schools in Bandung. Al Ma’soem Elementary and Junior High School English teachers attended the workshop, too. Mr. Julius C. Martinez was a speaker and had given an amazing subject about how to engage the English class. As multidimensional concept, classroom engagement in an English class should receive the utmost understanding as well as applications by the parties involved. Teachers as classroom designers should be the first to engage in the preparation and execution of a teacher session. How to engage our English class? Mr. Julius opened the session by asking the participants to write as much as they could the using of rubber bands. It’s really a good opening activity to make sure the participants’ involvement. Then, he explained or reminded all teachers that there are four questions the students/learners usually ask to determine their involvement in the English class. Those questions are; How do I feel? Am I interested? Is this important? Can I do that? Moreover, he emphasized that to get the engagement of the students, the teacher should be able to apply effective strategies. What strategies could the teacher use to make the students feel positive in class? Feeling positive is an important thing. If the students do not feel positive in class, it means they will not engage. There are some aspects of learners’ emotions that affect their engagement. They are students’ energy levels, teacher’s personality, and students’ perceptions of acceptance by teachers and peers. The strategies can be used:
  1. Use effective pacing.
The teacher should know and understand the background of the students. She/he can explain and speak clearly, not too fast or not too slow.
  1. Incorporate physical movements.
The teacher should have a good gesture or body language while explaining, so the students can get information and train their concentration.
  1. Demonstrate intensity and enthusiasm.
In this case, the teacher should move around the class or never sit while teaching.
  1. Use humor.
In fact, not everybody has a good sense of humor and feels hard to create a good humor, they can just use some funny videos, short film or pictures from various resources.
  1. Build positive teacher-student and peer relationship.
22 Februari 2016
by Siti Suwarni - A Report of the Pearson Workshop Pearson Indonesia conducted a teacher training session on Saturday, February 20th, 2016 in Golden Flower ...
Siswa SMA Al Ma'soem Juara III Nasional Kejuaraan Taekwondo
25 Januari 2017
Satu lagi, siswa SMA A Ma’soem yang kembali berhasil mengharumkan nama sekolah dalam kompetisi tingkat nasional. Torehan prestasi yang baik ini ditorehkan ...
Peserta Didik SMP - PSAM Al Ma'soem Borong Prestasi di ASC Invitation 2018
7 Mei 2018
Siswa SMP – PSAM Al Ma’soem berhasil memborong 17 medali di Kejuaraan Pencak Silat Al Ma’soem Silat Competition Invitation (ASC) 2018. Nomor ...
SEKOLAH UNGGULAN DI BANDUNG
2 April 2015
Oleh : Endang Rahmat, Drs. Tahun Pelajaran 2014/2015 akan segera berakhir dan berganti Tahun Pelajaran 2015/2016. Para orang tua saat ini sudah sibuk mencari ...
Fasilitas Olah Raga Atletic
24 Juni 2019
                Fasilitas olah raga merupakan sebuah program sebagai ...

Informasi Pendaftaran

Brocure SMP SMA
Brocure SMP SMA
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top