Pentingnya Adab Sebelum Ilmu Bagi Siswa/i dan Santri Boarding School

1 September 2021 | Dibaca : 144x | Oleh : Mohamad Ramdan
Pentingnya Adab Sebelum Ilmu Bagi Siswa/i dan Santri Boarding School

Pentingnya adab sebelum ilmu bagi dunia pendidikan bukan hanya sekedar ungkapan yang tidak bisa dimakai lebih dalam. Adab sebelum ilmu merupakan sebuah ungkapan yang dapat diartikan betapa pentingnya adab dibandingkan ilmu itu sendiri. Bahkan dalam kisahnya ketika Malik bin Anas akan belajar kepada Rabi'atur Ra'yi, yaitu nasehat sang Bunda. "Nak, camkan pesan ibu, pelajarilah olehmu adab Rabi'atur Ra'yi sebelum kau pelajari ilmunya." 

Bagi anda yang tidak tahu, Imam Malik bin Anas adalah pakar ilmu fikih dan hadits. Dia lahir di Madinah tahun 93 Hijriyah. Kesuksesannya menjadi pendiri mazhab Maliki berawal dari nasihat sang ibu untuk mengenyam pendidikan di Masjid Nabawi. Di sana, ia mulai menghapal Alquran dan hadits.Imam Malik bin Anas dikenal luas akan kecerdasannya. Suatu waktu ia pernah dibacakan 31 buah Hadis Rasulullah dan mampu mengulanginya dengan baik dan benar tanpa harus menuliskannya terlebih dahulu.

Adab Sebelum Ilmu Sebagai Pegangan Siswa/i dan Santri Tentang Betapa Pentingnya Menjadi Siswa/i dan Santri yang Beradab

Adab sebelum ilmu tidak hanya sebuah teori yang hanya dapat anda saksikan atau anda baca dalam sebuah buku atau flyer flyer di Al Masoem. Adab sebelum ilmu merupakan sebuah kurikulum yang dijadikan landasan ilmu ketika anda bersekolah atau berpesantren di Yayasan Al Masoem Bandung. 

Pentingnya mempelajari Adab sebelum ilmu juga sebagai landasan bagi siswa/i dan santri bahwa pendidikan yang akan didapatkan siswa/i atau santri selama di Al Masoem tidak hanya tentang pelajaran umum. Tapi kami lebih mengkedepankan pendidikan karakter, karena pentingnya adab sudah menjadi keharusan jika sebuah sekolah harus mengkedepankan adab terlebih dahulu, baru mempelajari ilmu.

Pendidikan karakter demi meningkatkan adab siswa/i dan santri pun selalu dilaksanakan setiap hari, bukan dalam bentuk mata pelajaran. Tapi lebih ke metode pembelajaran pencontohan dari guru dan walisantri serta dari staff staff yayasan. Pembelajaran adab dengan pencontohan lebih mudah diserap siswa/i dan santri dari pada hanya sebuah teori belaka. Karena pada dasarnya pendidikan karakter tidak hanya dijadikan landasan ilmu bagi siswa, tapi juga bagi staff dan karyawan Masoem Grup. Begitu juga Punishment dan Reward tidak hanya didapatkan siswa/i dan santri tapi juga bagi karyawan Masoem Grup.

Adab Sebelum Ilmu Dalam Kaca Mata Pendiri Al Masoem

Adab sebelum ilmu dikaca mata pendiri Al Masoem merupakan sebuah kewajiban. Maka dari itu Al Masoem memiliki moto yang unik yaitu Membentuk Generasi Cageur Bageur Pinter. Dapat diartikan makna Cageur Bageur Pinter adalah tidak kurang dan tidak lebih hampir sama seperti Adab sebelum ilmu.

Makna Cageur dalam bahasa Indonesia adalah Sehat, Sehat secara jasmani dan rohani. Disini disimpan dalam kata pertama dalam moto Al Masoem. Karena pada dasarnya sehat jasmani dan rohani adalah pemberian dari Allah SWT yang musti kita syukuri. Makna Cageur disini merupakan hal yang harus dimiliki pertama kali oleh siswa/i dan santri Al Masoem. Karena kalau seorang siswa/i atau santri tidak "Cageur" maka akan sulit untuk mencari ilmu. Namun meski begitu, siswa/i dan santri Al Masoem sudah dipastikan Cageur baik secara jasmani dan rohani.

Makna Bageur disini adalah kepada adab. Saking pentingnya adab bagi siswa/i dan santri Al Masoem sampai sampai pendiri Al Masoem meletakan posisi "bageur" pada posisi kedua dalam moto Al Masoem. Ini merupakan sebuah makna tentang pentingnya belajar adab dari pada belajar ilmu. Maka dari itu, harapan pendiri Al Masoem adalah menjadikan lulusan Al Masoem menjadi siswa/i dan santri yang beradab baik atau beraklakul kharimah.

Makna Pinter adalah lebih kepada ilmu yang didapatkan. Apakah ilmu yang didapatkan selama di Al Masoem bisa dikembangkan lagi? Pinter disini juga disimpan diposisi akhir dari moto Al Masoem. Karena lagi lagi Al Masoem paham betul tentang pentingnya adab dari pada ilmu. Meskipun kurikulum Al Masoem 60% adalah pelajaran mengenai adab, dan 40% adalah pelajaran umum. Tapi banyak sekali siswa/i dan santri Al Masoem yang bisa berprestasi. Karena pada dasarnya kurikulum yang dianut Al Masoem tetap berjalan dengan baik dengan didikan yang baik.

Mempelajari adab dengan sangat banyak tidak akan mengurangi nilai sebuah ilmu. Maka dari itu dengan mengkedepankan adab, ilmu akan tetap bisa diserap dengan mudah oleh siswa/i dan santri Al Masoem. Itu tidak akan pernah mengurangi kualitas dan kuantitas ilmu itu sendiri. 

Manfaat Mengkedepankan Adab Sebelum Ilmu Bagi Siswa/i dan Santri Al Masoem

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan siswa/i dan santri dengan mengkedepankan adab terlebih dahulu dari pada ilmu, salah satu manfaatnya adalah bisa menjadikan siswa yang tidak hanya berinterlektual tapi juga terpelajar tanpa ada istilah kurang ajar.

Disini dengan mendkedepankan adab maka diharapkan siswa dan santri bisa lebih menghormati teman sebayanya, selain itu juga dengan mengkedepankan adab rasa sopan santun terhadap guru bisa tercipta. Mengingat akhir akhir ini banyak sekali adab yang selalu di rasakan siswa siswa jaman dahulu terasa hilang pada generasi ini.

Dengan pendidikan karakter di sekolah juga, Adab siswa bisa tercipta dengan sangat baik, maka dari itu dengan sistem pembelajaran Hybird Learning diharapkan siswa siswi Al Masoem bisa kembali mengemban ilmu dengan pendidikan dan perbaikan karakter yang lebih baik lagi.

Dengan Pendidikan Karakter Diharapkan, Perbaikan Adab Siswa Bisa Lebih Maksimal

Mengingat generasi saat ini yang sudah mulai pudar tentang tata krama, sudah mulai acuh dengan norma kesopanan dan sudah tidak bisa ramah dengan teman sebaya membuat pendidikan karakter disekolah menjadi sangat penting untuk mengembalikan adab siswa yang sudah mulai rusak.

Al Masoem sendiri lebih mengkedepankan pendidikan karakter atau pendidikan adab tersebut. Maka dari itu, semaksimal mungkin kami mendidik siswa dengan sistem pembelajaran yang terbilang ramah terhadap anak.

Sebagai contoh untuk pendidikan karakter di SD Al Masoem kami mengugnakan sistem kurikulum kasih sayang. Dimana dengan kurikulum ini tidak ada hukuman fisik, tidak ada tindakan kekerasan, tidak ada omelan dan istilah guru galak di sekolah. SD Al Masoem merupakan sekolah ramah anak yang lebih mengkedepankan kasih sayang dari orang tua terhadap siswa/inya.

Berbeda dengan SD, SMP dan SMA menggunakan sistem poin pelanggaran, dimana jika ada siswa/i dan santri yang melanggar akan mendapatkan poin negatif. Gunanya adalah sebagai cara mendidik siswa tanpa menegur atau merendahkan siswa. Sistem poin pelanggaran ini juga cukup efektif menekan pendidikan karakter siswa secara baik, sehingga adab siswa bisa terjaga.

Adab sebelum ilmu memang sangat penting bagi siswa setiap sekolah. Gunanya adalah sebagai cara, agar menjadi siswa tidak hanya menuntut ilmu tapi juga harus berkarakter baik. Dengan sopan santun yang tinggi, kekurangan ilmu seseorang bisa di tutupi dengan mudah, berbeda dengan mereka yang memiliki ilmu yang tinggi tapi tidak berattitude baik, ilmu tidak bisa menutupi kekurangan adab. Maka dari itu istilah adab lebih baik meski sedikit dari pada ilmu meski banyak adalah hal yang memang harus dijadikan sebuah pegangan bagi setiap sekolah, agar siswa mengerti pentingnya menjadi manusia beradab sebelum menjadi manusia berilmu.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

7 Juni 2015
Oleh Indayani (Staff Pengajar SD) SD Al Ma’soem adalah sekolah Full Day. Waktu belajar dari mulai pukul 08.000 sampai dengan pukul 14.30 adalah saat dimana siswa menimba ilmu. Waktu yang lebih lama dari Sekolah Dasar pada umumnya, menjadi tidak terasa ketika model belajar yang dikembangkan ...
Al Masoem Pecinta Alam
17 Januari 2020
Jatinangor (almasoem.sch.id),- Almapala (Al Ma'soem Pecinta Alam) adalah sebuahekstrakurikuler yang diciptakan sebagai sarana pengembangan bakat dan ...
Reza Boyong 4 Juara di Lomba Otomotif tingkat Jawa Barat
14 Agustus 2018
Satu lagi siswa SMA Al Ma’soem yang bisa mengukirkan prestasi yang sangat baik dan patut dicontoh oleh siswa lainnya. Adalah Reza Rifani kelas XI IPS 1 ...
SMA AL Masoem
19 Desember 2020
Almasoem.sch.id,- Yayasan Al Masoem Bandung, atau Al Masoem atau Masoem ya banyak orang yang memanggil dengan berbagai sebutan ada yang Bilang kami di ...
TIM Sepak Bola SMP Al Ma'soem
6 Februari 2020
Jatinangor (almasoem.sch.id),- Al Ma'soem berhasil meraih juara II (dua) dalam ajang kompetisi Anniversary SSB Bora Purwakarta KU-15 yang diselenggarakan ...

Informasi Pendaftaran

podcast bu dewi
PCS 2022/2023
png
SMP SMA
sd
tk

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top