Pendidikan Sex disekolah? pentingkah?

28 Agustus 2019 | Dibaca : 262x | Oleh : EM
Pendidikan Sex disekolah? pentingkah?

Pendidikan sex seakan menjadi hal tabu jika harus di ajarkan kepada siswa. memang jika sedikit kita membuka mata, negara kita dengan budaya ketimuran memang sangat sulit untuk menyerap sesuatu yang lebih terbuka. padahal, pendidikan sex memang harus di ajarkan bagi siswa dan siswi sebagai bentuk pendekatan "batin" kepada siswa. banyak siswa dan anak remaja yang masih belum paham bahaya dan akibat dari sex bebas itu seperti apa. nah untuk membahasnya saya akan membagi menjadi dua pandangan.

1. Pandangan menurut Ilmu pengetahuan dan fakta dunia

Faktanya dari sumber yang saya dapatkan sebanyak 52% remaja di Kota Medan mengaku pernah berhubungan seks di luar nikah. dan juga berdasarkan hasil penelitian survei DKT Indonesia sebanyak 51% terdapat di Jabotabek, 54% di Surabaya dan juga 47% terdapat di Bandung yang remajanya pernah melakukan hubungan seks pra nikah. hal tersebut sangat mengagetkan. lalu mengapa itu bisa terjadi? salah satu alasannya adalah akibat tidak pahamnya remaja terhadap bahayanya sex bebas, ditambah dengan tayangan-tanyangan yang memang sudah dibatasi oleh pemerintah namun tetap bisa di bobol dan juga tayangan televisi yang kurang mendidik membuat remaja banyak yang "bangga" melakukan hal menjijikan tersebut.

Ingat tidak kisah dulu yang sempat viral ketika dua orang remaja SMP di daerah Jakarta yang melakukan hubungan terlarang dan direkam dihadapan teman temannya? remaja yang belum paham bahaya dan dosa seperti itu harus diminimalisir  penyakit masyarakat yang menyebar hingga ke kaula muda memang akan menjadi senjata perusak moral anak. mengingat banyak sekali kasus serupa yang sempat viral dan pasti banyak juga kasus serupa yang tidak viral namun semua terjadi.

Pendidikan sex terhadap anak harus mulai diajarkan, tidak hanya disekolah tetapi juga oleh orang tua. karena "madrasah" pertama yaitu orang tua. Sekolah juga mempengaruhi sebagai jembatan pembatas siswa dengan hal yang sangat tabu bagi mereka. seharusnya pendidikan sex bisa memberikan wawasan siswa sebagai bentuk "penolakan" siswa terhadap hal hal yang sangat dilarang oleh agama. Pelajaran Sex juga dapat membuka mata siswa agar mereka paham, alasan kenapa sekolah Islami seperti Al Ma'soem melarang siswanya untuk berpacaran dan berdua-duaan. karena Al Ma'soem Paham, pembatasan antar siswa harus dilakukan guna untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

2. Menurut Pandangan Agama

Semua agama mengajarkan hal yang baik bagi semua umatnya. tidak ada satu agamapun yang mengajarkan kesesatan bagi manusia. dalam hal pendidikan sex, islam sangat memperhatikan penyaluran hasrat seksual sebagai fitrah yang dimiliki oleh setiap umat manusia. Nah, oleh karena itu Islam mengajarkan pernikahan sebagai pintu masuk untuk menyalurkan hasrat tersebut. Artinya, jika seseorang belum menikah atau belum cukup umur untuk menikah mereka belum boleh untuk melakukan tindakan seks. Untuk mencegahnya, Islam mengingatkan remaja ataupun umat muslim yang belum menikah untuk tidak berduaan dengan lawan jenisnya. karena bisa menyebakan fitnah.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memberikan pendidikan seks sesuai dengan syari’at Islam. Kaum remaja harus mengetahui batasan yang harus diperhatikan dengan cara memahami ajaran Islam serta berpakaian sopan dan berjilbab.

Tujuannya selain untuk menaati perintah agama, tapi juga agar tidak mengundang fitnah dan terhindar dari perbuatan yang mengarah kepada zina. Selain itu remaja diberikan bimbingan tentang seks dan fungsinya beserta dengan pengetahuan tentang perkembangan biologisnya.

Dalam media.isnet.org mengatakan hal yang serupa bahwa pengetahuan tentang anatomi dan fisiologis harus disampaikan dengan cara yang sederhana dan sesuai. dukungan tenaga pendidik dan orang tua insya Allah dapat membuat remaja bisa lebih terbuka dengan apa yang masih tabu dalam kehidupan mereka.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Rihlah Dewan Santri PSAM
4 September 2015
Dalam Islam rihlah atau melakukan perjalanan/bepergian sangatlah disarankan, khususnya rihlah yang bertujuan untuk ibadah. Pengertian rihlah tidak hanya ...
#SaveOtak Hati-hati kebiasaan ini dapat merusak Otak Kita
17 September 2019
Jatinangor,- kebiasaan merupakan sebuah hal yang sudah seakan terbiasa dilakukan tidak peduli apakah itu berdampak baik atau tidak bagi tubuh. Selama ...
CBP Camp 2016 SMA Al Ma'soem
14 Maret 2016
Dalam rangka mempersiapkan siswa/siswi SMA Al Ma’soem kelas XI untuk sukses dalam studi akhir dan untuk memberikan motivasi tinggi dalam berprestasi yang ...
TIPS...  MENGINTIP SEKOLAH BERPRESTASI
8 April 2015
M.Iqbal Ridha, S.Si (Guru Integral  SMA Al Ma’soem). Para orang tua yang putra atau putri akan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, saat ...
Tim Futsal SD Al Ma'soem Juara III Futsal Nasional
15 November 2017
Tim Futsal SD Al Ma’soem kembali menorehkan prestasi dalam kejuaraan tingkat nasional, kali ini tim SD Al Ma’soem berhasil meraih Juara III dalam ...

Informasi Pendaftaran

pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+62811224337

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top