Pelajaran Khusus yang seharusnya diadakan disetiap sekolah minimal 2 minggu 1x

28 Agustus 2019 | Dibaca : 53x | Oleh : Bilal M. Ramdan
Pelajaran Khusus yang seharusnya diadakan disetiap sekolah minimal 2 minggu 1x

Berbicara tentang pelajaran pasti yang ada dalam benak anda semua adalah matematika, fisika, kimia, akuntansi dll. iya memang benar, mata pelajaran "normal" memang seperti itu. pasti tentang tuntutan untuk menghitung, menghapal dan menjabarkan. karena setiap sekolah meyakini bahwa pelajaran itu yang sangat penting bagi siswanya. Memang benar, semua itu penting, tetapi apakah harus selalu tentang perhitungan, menghapal dan menjabarkan? Ok untuk menghapal dan membaca menjadi ilmu "pertama": yang memang menjadi bekal kita untuk bisa belajar. Menghitung juga merupakan ilmu "dasar" yang harus dipahami oleh setiap orang. tetapi apakah harus sedalam itu mempelajarinya? seperti rumus karkulus, sebuah rumus rumit yang hingga saat ini penulis belum pernah tahu untuk apa fungsinya dalam kehidupan penulis sendiri.

hingga hari ini penulis menulis artikel ini penulis merasa pelajaran itu terlalu mubadzir untuk penulis sendiri. karena ilmu kalkulus tidak pernah terpakai dalam kehidupan penulis hingga saat ini. Namun penulis bangga dengan Yayasan Pendidikan Al Ma'soem yang "membagi" siswanya sesuai minat dan bakat siswanya. jadi semua pelajaran yang dipelajari tidak akan Mubadzir dan pasti "nerap" bagi siswa yang berminat pada pelajaran seperti kalkulus.

nah sebenarnya ada beberapa mata pelajaran yang khusus dan seharusnya ada dan dipelajari disetiap sekolah. karena penulis sendiri yakin mata pelajaran tersebut sangat penting bagi siswa diantaranya :

1. Pelajaran tentang berambu rambu lalulintas

ada yang sudah memiliki sim? hasil "orang dalam" atau test nih? berkali kali penulis mengikuti test sim akhirnya bisa mendapatkan ijin mengemudi dengan cara "perjuangan". mengapa penulis berkata "perjuangan"? karena pada dasarnya siswa disetiap sekolah di Indonesia belum memahami arti dari rambu rambu. sehingga sulit juga ketika harus mengikuti test tanpa ada "bekal" terlebih dahulu. pelajaran tentang berlalu lintas juga dapat membuat siswa lebih paham bahayanya menerobos lampu merah dan juga bahayanya menyalip di garis marka jalan yang tidak putus-putus. pelajaran seperti ini selain berguna bagi siswa juga dapat meminimalisir kecelakaan di jalan raya.

2. Pelajaran Tentang Mengantri

Mengantri merupakan hal yang sangat penting. selain bisa menghargai setiap orang yang sudah mengantri terlebih dahulu, norma kesopanan pun berlaku untuk hal ini. Pelajaran mengantri pernah diungkapkan oleh seorang Dosen asal Australia yang dimana dosen tersebut "menganjurkan" untuk mengadakan mata pelajaran "mengantri" agar semua orang bisa berlaku tertib dan disiplin.

3. Pelajaran tentang meminta maaf dan berterimakasih

apa hal yang paling sulit untuk diucapkan? iya, kata maaf ketika seseorang telah berbuat buruk terhadap orang lain. baik itu secara sengaja dan tidak sengaja. selainn itu juga ucapan terimakasih menjadi sesuatu yang "kagok" bagi setiap orang untuk diucapkan. padahal kata "terimakasih" sangat bagus jika diucapkan ketika sudah dibantu seseorang. kata terimakasih selain sebagai "penghargaan" atau apresiasi terhadap sikapnya terhadap kita adalah sebagai bentuk atau simbol bahwa seorang itu lebih berwibawa dari pada orang yang tidak mengucapkan terimakasih sama sekali.

4. Pelajaran dalam penggunaan media sosial.

nah di era modern ini penggunaan sosial media seperti hal yang sangat penting bagi semua orang. bagaimana tidak, hal pertama yang dicek oleh "hampir" setiap orang didunia ketika terbangun dari tidurnya adalah social media. social media selain sebagai tempat berkumpulnya ribuan orang bukan sebuah tempat untuk terlalu "mengekspresikan diri". seharusnya ada mata pelajaran tentang etika dalam bersosial media. sebagai contoh adalah tidak dibolehkannya membully Fisik seseorang disosial media karena hal tersebut bisa saja masuk ke dalam UU ITE dan memil;iki sanksi hukuman denda ataupun penjara.

Pelajaran Social Media juga sebagai bentuk "revolusi" pelajaran agar tidak terus elalu seperti itu. pengikut sertaan pendidikan dalam hal Social media bisa membatasi siswa untuk tidak berlebihan dalam bersosial media. selain bisa menjadi "pisau bermata dua" bagi penggunanya, social media juga dapat dijadikan sebagai salsah satu sumber tindak kejahatan dari oknum oknum yang tidak bertanggung jawab,

5. Pelajaran Sopan santun yang sederhana

Pernahkah anda memberikan tempat duduk anda ketika di BUS saat sedang ada manula yang berdiri? atau apa ucapan pertama anda ketika mengangkat telepon dari seseorang atau menelpon seseorang? atau apa yang akan anda lakukan ketika anda berada di Lift dan anda di bagian paling dekat dengan Tombol lift dan anda bersama orang lain yang tidak anda kenal sama sekali? adakah matapelajaran yang mengajarkan kepada anda "sikap" apa yang harus anda lakukan ketika dalam situasi seperti itu?

mata pelajaran di Indonseia pada dasarnya adalah Fokus pada UN. tidak kurang tidak lebihnya sama. hampir setiap sekolah melakukan hal tersebut, karena hampir semua sekolah berfikir ilmu pengetahuan lebih penting dan pelajaran etika akan menyusul dalam dunia masyarakat. padahal etika harus selalu diajarkan disetiap sekolah, agar siswa lebih paham dan lebih menghormati orang lain sebelum siswa itu melanjutkan kehidupannya di masyarakat. hal simpel seperti kata maaf, terimakasih, harus menjadi kebiasaan dalam kehidupan setiap orang. selian dapat membuat seorang menjadi lebih "sopan" kata kata sederhana yang selalu "tabu" diucapkan trsebut juga bisa membuat ssiwa kita menjadi siswa yang berbeda. meskipun di hadapan tuhan ktia itu sama, namun etika bisa membedakan mana mereka yang lebih berkahlak dan mana yang tidak.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

FASILITAS GEDUNG TAMAN KANAK-KANAK
2 Juli 2015
[gallery ids="1182,1181,1180,1179,1183,1178,1177,1176, 1175,1174,1173,993,992,991,990,989,988,987,986,985, 984,983,982,981,980,284,283" ...
3 Siswa SMA Al Ma'soem Raih Juara I Esport PUBG se-Bandung Raya
25 Februari 2019
Mobile Game Player Unknown Battle Ground (PUBG) yang saat ini tengah populer dikalangan para generasi milenial, kemudian untuk lebih mewadahi para peserta ...
Pertemuan Orang; Anak adalah Aset Keluarga
4 Oktober 2017
“Keberhasilan pendidikan seorang peserta didik merupakan kerjasama anatara pihak sekolah dengan pihak orang tua siswa. Peran serta orang tua dalam ...
SD Al Ma’soem Berhasil Meraih Juara III Manajemen Berbasis Sekolah
16 Desember 2015
Beberapa waktu lalu Sekolah SD Al Ma’soem berhasil menorehkan prestasi dalam Lomba Budaya Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar tingkat Jawa Barat 2015 yang ...
Talents Day SD Al Ma'soem; Kembangkan Bakat dan Potensi Siswa
10 Oktober 2016
SD Al Ma’soem – Para peserta didik SD Al Ma’soem kembali berkesempatan untuk menunjukan minat, bakat dan potensi yang mereka miliki melalui salah satu ...
san3
MEssa
pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top