Model Pembelajaran Al Masoem selama Pandemi dari Daring hingga ...

12 Januari 2021 | Dibaca : 27x | Oleh : EM
Model Pembelajaran Al Masoem selama Pandemi dari Daring hingga ...

Almasoem.sch.id,- Model Pembelajaran merupakan sebuah kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai. Artinya, model pembelajaran merupakan gambaran umum namun tetap mengerucut pada tujuan khusus. 

Nah di kondisi pandemi ini, kita di tuntut untuk memberikan pembelajaran yang kreative inovatif dan bisa di serap dengan mudah oleh siswa, namun tetap karena kondisi "zona" yang berbeda beda akhirnya dari semua metode pembelajaran kami hanya melaksanakan beberapa metode nya saja.

Sebenarnya ada berbagai macam model pembelajaran yang bisa dilaksanakan di setiap sekolah diantaranya sebagai berikut :

1. Project Based Learning

Singkatnya Project Based Learning merupakan sebuah metode pembelajaran dimana, setiap siswa di haruskan membuat sebuah kelompok kecil dimana mereka dapat bergotong royong atau berkelompok dalam belajar. Dengan menjalankan metode pembelajaran yang satu ini, tentunya juga harus memerhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

2. Daring Method

Nah kalau daring methode sepertinya saya tidak harus membahas begitu detail, karena Al Masoem juga menggunakan sistem pembelajaran daring, dimana pembelajaran tatap muka di hilangkan menjadi pembelajaran tatap maya.

dalam metode ini, biasanya sekolah menggunakan aplikasi khusus untuk melaksanakan pembelajaran sebagai salah satu contohnya adalah aplikasi zoom.

untuk melaksanakana kegiatan belajar daring ini juga, Al Masoem sampai mempersiapkan berbagai macam hal, dari pembuatan studio pembelajaran hingga memodifikasi kelas kelas kosong menjadi studio untuk pelajran daring.

3. Luring Method

Luring yang dimaksud pada model pembelajaran yang dilakukan di luar jaringan. Dalam artian, pembelajaran yang satu ini dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan zonasi dan protokol kesehatan yang berlaku. Metode ini sangat pas buat pelajar yang ada di wilayah zona kuning atau hijau terutama dengan protocol ketat new normal.

dengan sistem pembelajaran secara bergiliran, membuat siswa tidak harus berkermun dan tentunya juga harus tetap mengikuti protokol kesehatan

4. Home Visit Method

Seperti halnya metode yang lain, home visit merupakan salah satu opsi pada metode pembelajaran saat pandemi ini. Metode ini mirip seperti kegiatan belajar mengajar yang disampaikan saat home schooling. Jadi, pengajar mengadakan home visit di rumah pelajar dalam waktu tertentu.

Di Al Masoem sendiri Home Visit Method di laksankan oleh pengajar dan kepalamsekolah TK Munggang Al masoem, dimana setiap siswa akan di datangi setiap 2x dalam seminggu dimana di datangi nya juga tetap mengikuti protokol kesehatan.

 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Negara maju dan berkembang ditahun 2030
15 Juli 2019
                Negara yang maju adalah negara yang dapat memaksimalkan kinerja ...
Setetes Embun di Siang Hari
21 September 2015
Oleh: Siti Suwarni            “Penghasilan besar pengeluaran juga besar...jadi nya ya..sama...tetap tidak bisa menabung.” Pernah dengar atau ...
Di Al Ma'soem siswa dilarang Mencontek. Mencontek sama dengan 100 Point
15 Desember 2020
Almasoem.sch.id,- Mencontek merupakan hal terkecil dari sebuah korupsi. Jika kita memaknai KORUPSI merupakan penyelewengan yang di laksanakan oleh ...
Menjadi siswa Berprestasi, dan Banggakan Orang tua
2 April 2020
Almasoem.sch.id,- Menjadi Siswa yang Cageur Bageur Pinter dan Berakhlakul Kharimah mungkin impian semua orang tua pada anaknya, Namun AL Ma'soem tidak ...
FASILITAS GEDUNG PESANTREN
2 Juli 2015
...

Informasi Pendaftaran

sd
Fullday School atau Boarding School?!
Brocure SMP SMA
Brocure SMP SMA
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top