Mendengarkan, Salah Satu Kunci Keberhasilan Komunikasi

5 April 2015 | Dibaca : 568x | Oleh : admiral
Pusing….denger in ibu ngomong terus…ngerti in kita dong…” (Anak/siswa) “Duh ini anak, sudah diberitahu dan dinasehati berkali kali, masih juga gak dengar..seperti masuk kuping kanan keluar kuping kiri..mau nya apa sih?...” (Orang tua/guru)   Pernyataan di atas adalah contoh dari keluhan-keluhan yang mungkin pernah kita dengar sehari-hari. Ini adalah salah satu indikasi adanya masalah dalam komunikasi. Tidak adanya saling pengertian dan kurangnya keinginan untuk saling memahami menjadi salah satu penyebab timbulnya perselisihan. Hal ini sebenarnya bisa di minimalisir jika masing-masing pihak mampu untuk saling “mendengarkan” sehingga setiap permasalahan yang terjadi bisa dibicarakan dan dicari penyelesaian dengan baik.   Mendengarkan tentu berbeda dengan mendengar. Setiap orang yang normal tentu bisa mendengar, tapi hanya sedikit orang yang memiliki kemampuan mendengarkan dengan baik. Mendengar adalah aktifitas fisiologis yang melibatkan indra pendengar, sementara “mendengarkan” melibatkan mental, hati,  perhatian penuh, bahasa tubuh serta pertanyaan-pertanyaan yang bersifat menegaskan dan mengklarifikasi  informasi.   Secara umum, setiap orang ingin selalu didengarkan dan tidak ada yang mau diabaikan. Dalam keseharian, adanya kecendrungan seseorang terlalu fokus pada kepentingan dirinya sehingga sulit merasakan permasalahan dan perasaan orang lain. Karna itu, masalah antara anak dan orangtua, siswa dengan guru, maupun individu dengan individu lainnya sering terjadi karna adanya pihak yang merasa terabaikan. Hal ini bisa dihindari jika ada komunikasi yang baik.   Salah satu hal yang dibutuhkan untuk membangun komunikasi yang baik  adalah kemampuan “mendengarkan”. Kemampuan ini perlu dilatih terus menerus dan membutuhkan kesabaran dan teknik pengendalian diri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatian untuk bisa “mendengarkan” dengan baik.
  1. Fokuskan perhatian pada lawan bicara dan dengarkan baik-baik apa yang disampaikan.
  2. Jaga kontak mata namun tidak terus menerus menatap lawan bicara.
  3. Condongkan tubuh untuk menunjukkan bahwa perhatian dan ketertarikan dengan apa yang disampaikan.
  4. Berikan komentar sesekali yang menunjukkan perhatian.
  5. Tanyakan hal-hal yang kurang jelas namun bukan pertanyaan yang bertubi-tubi seakan akan menginterogasi lawan bicara.
  6. Berilah nasehat jika lawan bicara membutuhkan. Kadang seseorang mengungkapkan masalahnya bukan karna butuh nasehat tapi ingin agar ada yang mendengarkan masalahnya. Berdasar pengalaman, kadang seorang anak mampu memecahkan masalahnya sendiri sesaat setelah dia mencurahkan semua masalahnya dan didengarkan.
  7. Ketika dalam proses komunikasi timbul perselisihan karna beda pandangan dan pendapat, cobalah tenangkan diri, duduk bersama lalu masing-masing mendengarkan dan memahami.
Allah menciptakan dua telinga dan satu mulut, ini mengindikasikan bahwa kita diminta untuk banyak mendengar bukan berbicara. Dengan “mendengarkan” banyak hal yang bisa dipelajari dan informasi yang bisa didapatkan termasuk melatih kesabaran. Seorang teman pernah berkata, “Saat engkau merasa paling benar sendiri, itu berarti kau belum mendengarkan.” Dalam kehidupan sehari-hari, bisa dirasakan ada orang yang enak diajak bicara dan terasa nyaman jika berkomunikasi dengan orang tersebut, tapi ada juga yang  sebaliknya. Perasaan nyaman itu timbul salah satunya karna adanya perasaan “didengarkan”. Mendengarkan dan memberi perhatian penuh mungkin suatu hal yang kecil, tapi untuk orang lain bisa menjadi sesuatu yang berarti dan bernilai besar. Jika seorang anak lebih dekat dengan temannya, atau seorang siswa lebih terbuka pada gurunya daripada orangtuanya sendiri menjadi hal yang tidak aneh, bisa jadi teman-teman atau gurunya lebih bisa mendengarkan dan memahami si anak. Karna itu sebagai orang tua, marilah kita sama-sama berlatih untuk bisa mendengarkan dengan baik, sehingga kita bisa membangun komunikasi yang lebih sehat dan menyenangkan.
Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Beasiswa Kriteria Akhlak Bagi 19 Siswa SMA Al Ma'soem
16 Juli 2018
Pembukaan semester baru bagi para peserta didik SMA Al Ma’soem pada Senin, 16 Juli 2018 dimulai dengan kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi yang dihadiri ...
Hafiz Quran Gratis Mesantren di Al Ma’soem
25 September 2015
Pemberian penghargaan dalam bentuk beasiswa untuk setiap siswa-siswi berprestasi yang bersekolah di Yayasan Pendidikan Al Ma’soem baik untuk prestasi ...
Belum Genap Satu Semester Damar Siswa/Santri Kelas X sudah Hafal 6 Juz
10 Desember 2018
Dalam rangka untuk mencetak lulusan yang tidak hanya unggul dalam bidang akademis saja tapi juga berakhlakul karimah dan menjadi pribadi yang berkarakter ...
3 Siswa SMP Al Ma'soem Melaju ke O2SN tingkat Sumedang
2 Maret 2018
Jatinangor – 3 orang siswa SMP Al Ma’soem meraih prestasi yang baik dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018 Tingkat Subrayon I, Wilayah ...
Sekolah Favorit = Restoran Favorit ?
27 Maret 2015
Oleh: M. Iqbal Ridha, S. Si Sekolah favorit, bisa diibaratkan restoran favorit. Sebuah restoran menjadi favorit karena memiliki menu-menu favorit yang  ...
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAMB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top