Mencontek?? lebih baik Memilih Sebuah Kejujuran

6 Desember 2019 | Dibaca : 265x | Oleh : EM
Mencontek?? lebih baik Memilih Sebuah Kejujuran

Opini Ma'soem,- Saya bukan tenaga pengajar, seperti guru atau dosen. tapi mau bagaimana juga saya mantan siswa dan mantan seorang mahasiswa yang pernah merasakan pahit manisnya sekolah. Tindakan mencontek merupakan sebuah tindakan tidak terpuji yang masih saja dilakukan oleh siswa tertentu. Namun pernah tidak sebagai tenaga pengajar khususnya dan bagi orang tua juga berfikir, kenapa seorang siswa mencontek??

Al Ma'soem salah satu sekolah swasta yang mencantumkan dan memang anti akan mencontek, karena Di lembaga kita ketahuan mencontek sama saja dengan bunuh diri kembali ke orang tuanya. artinya dikeluarkan dari sekolah. Memang sangat tegas karena lembaga kita tidak ingin generasi milenial ini menjadi calon calon koruptor. kenapa?? Karena koruptor berawal dari hal hal kecil, salah satunya adalah mencontek, pencuri dan tindakan tercela lainnya. 

Nah berbicara tentang dunia percontekan pernah tidak anda terutama guru dan orang tua menanyakan pada siswa anda, mengapa siswa kita mencontek? saya sendiri pernah mengadakan sebuah analisis di sebuah sekolah negeri ketika beberapa tahun lalu, saat saya sedang mengerjakan tugas PKL sewaktu di bangku kuliah. Melalui Grup Whatsapp lembaga pendidikan tersebut yang terdiri dari 32 siswa SMP saya menanyakan hal tentang percontekan dan anehnya, 25 siswa menjawab jujur dan diantaranya ada yang menjawab seperti berikut :

  • soal yang ada dalam kertas soal ujian tidak sesuai dengan apa yang tidak saya hapal semalam
  • materi yang dibahas belum pernah dibahas sebelumnya oleh guru
  • soalnya terlalu sulit dan saya belum paham sama pelajaran tersebut
  • ada teman yang mencontek kemudian dia jadi juara umum dikelas
  • saya tidak mencontek nilai saya merah teman saya mencontek nilanya bagus bagus
  • saya malu sama teman teman saya karena kalau nilai saya jelek saya takut di bully bodoh
  • saya takut sama ayah karena kalau nilai ujian saya jelek ayah suka main tangan 
  • orang tua saya suka menyita hape saya kalau nilai saya jelek
  • "Kalau nilai ujian tinggi, dipuji terus oleh guru dan teman"
  • "Kepepet, ada kesempatan, dan situasi mendukung"
  • "Tidak yakin dengan jawaban sendiri"

dari semua alasan itu saya mendapatkan beberapa point diantaranya adalah

1. alasan siswa mencontek karena adanya kesempatan, karena itu hal yang lumrah terjadi. Segala tindak kejahatan bisa terjadi jika adanya kesempatan itu sendiri. Dan tidak bisa di pungkiri tindakan kreative siswa kadang juga berhasil mengelabui guru.

2.. Mereka beralasan mencontek karena soal yang ada dalam ujian tidak pernah dipelajari sebelumnya. dan ada satu point juga dimana siswa berkata bahwa siswa tersebut tidak mengerti akan pelajaran dari salah satu guru. Entah itu asalan belaka atau memang kenyataanya?? jika memang itu kenyataanya, untuk guru dan tenaga pengajar lainnya mungkin ini bisa dijadikan sebuah kiritik positif, serta agar guru dan tenaga pengajar lainya juga lebih memahami siswa yang belum mengerti tentang pelajaran yang di bahasnya. Disini saya sebagai seorang penulis sendiri mengapresiasikan guru yang mau mengulang ngulang membahas apa yang tidak dimengerti siswa, jangan sampai lelah dan menyerah, karena kapasitas penyerapan ilmu setiap siswa itu berbeda.

3. Jika nilai bagus dapat apresiasi dari guru, seakan nilai bagus meskipun hasil contekan tetap diapresiasi sedangkan nilai yang jelek malah terhina dan terpojokan padahal itu adalah hasil dari sebuah kejujuran. Memang miris, jika sebuah kejujuran dipandang salah maka percontekan sampai kapan juga tidak akan pernah usai. Meskipun resiko Pencontek di Al Ma'soem adalah dikembalikan kepada orang tuanya.

4. Orang tua tolong pahamilah kejujuran anak, saya sebagai penulis lebih menghargai anak saya dengan nilai jelek dari sebuah kejujuran dari pada besar dari hasil contekan. Karena nilai sebuah kejujuran itu sulit dan banyak tekanan, lalu adakah apresiasi dari orang tua kepada anak?? jangan cap anak bodoh karena jelek pada satu pelajaran, percayalah banyak guru dan dosen juga yang hanya paham beberapa pelajaran tidak semuanya !!

Kejujuran merupakan sebuah hal yang selalu di cari baik itu di dunia permasyarakatan dan dunia pendidikan. Seperti di Al Ma'soem sendiri kami mnghadirkan beberapa sebuah "tindakan" untuk belajar jujur. Salah satu bentuknya adalah dengan mengadakan kantin kejujuran disetiap sudut baik itu unutk SMP dan SMA. Kantin kejujuran adalah bentuk apresiasi lembaga ini kepada mereka yang berlaku jujur dengan berbagai kesempatan yang ada. 

Akhir kata dari saya, tolong junjung tinggi kejujuran meskipun itu pahit dan melukai. Karena kejujuran adalah hal yang sulit dan hanya orang orang hebat saja yang bisa melakukanya. 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Visual Basic for Application
29 November 2015
Visual Basic for Application disingkat VBA adalah bahasa pemrogaman yang dikembangkan oleh Microsoft. Tutorial maupun forum diskusi mengenai VBA sangat ...
Penyelenggaraan Kegiatan Sosial dalam Menyambut Milad PT Ma’soem dan Haul keluarga Ma’soem.
30 Juli 2015
Dalam rangka milad PT Ma’soem ke-42, Haul ke-14 H. Ma’soem, Haul ke-8 Hj. Siti Aisyah, dan Haul pertama untuk H. Nanang Iskandar Ma’soem berbagai macam ...
[REPOST] Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan Mental
7 Oktober 2019
Olahraga adalah aktivitas seseorang untuk melatih tubuh entah itu jasmani atau rohani di mana orang yang melakukan olah raga secara teratur akan mendapatkan ...
Juara II Renang Pelajar Tingkat Jawa Barat
26 Januari 2018
Salah satu siswa SMP Al Ma’soem kembali menunjukan kemampuan yang dimiliki dengan meraih medali dalam Kejuaraan Renang Antar Pelajar Tingkat Jawa Barat ...
Peringatan Isra Mi'raj 1439H di Al Ma'soem
20 April 2018
Yayasan Al Ma’soem Bandung menyelenggarakan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439H pada Jum’at, 20 April 2018. Acara kegiatan ...

Informasi Pendaftaran

sd
Fullday School atau Boarding School?!
Brocure SMP SMA
Brocure SMP SMA
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top