Membentuk Generasi Cageur Bageur Dan Pinter Serta Berakhlakul Kharimah

5 Juni 2020 | Dibaca : 108x | Oleh : EM
Membentuk Generasi Cageur Bageur Dan Pinter Serta Berakhlakul Kharimah

Ilustrasi : Perpustakaan Referensi, Merupakan sebuah Media bagi SIswa Santri Maupun Mahasiswa YAB guna menunjang Minat dan Bakat siswa

 

Suatu keadaan yang tenang, aman, tentram, harmonis dan humanis menjadi harapan semua orang baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, suku bangsa, negara bahkan semua manusia yang hidup di dunia ini. Berbagai cara ditempuh berlandaskan wawasan, latar belakang lingkungan sekitar dengan kearifan lokal masing-masing.

Sehingga akan terpancar dalam kehidupan masyarakat terdiri dari individu-individu yang tingkat kesehatannya tinggi, tingkat kriminalitas rendah, bermunculan insan-insan kreatif, inovatif dan dinamis mengikuti tuntutan zaman yang semakin hari semakin berkembang.

Harapan terhadap kondisi yang indah seperti di atas tidak jarang disampaikan dari suatu generasi ke generasai berikutnya oleh orang tua saat mengharapkan anak cucunya sukses dengan ucapan “ semoga kalian hidup di negeri orang bisa berbuat baik kepada orang lain sehingga kamu juga diperlakukan baik oleh orang lain”, atau dengan nasihat “ agar kelak kamu jadi orang yang tambah pintar dan banyak ilmu”. Dalam budaya orang sunda harapan itu diungkapkan dengan istilah semoga menjadi orang yang Cageur, Bageur, Pinter.

  • Arti Cageur Bageur Pinter.

Menurut Wikipedia Kebudayaan Sunda termasuk salah satu kebudayaan tertua di Nusantara. Kebudayaan Sunda yang ideal kemudian sering kali dikaitkan sebagai kebudayaan masa Kerajaan Sunda. Ada beberapa ajaran dalam budaya Sunda tentang jalan menuju keutamaan hidup. Etos dan watak Sunda itu adalah cageur, bageur, singer dan pinter, yang dapat diartikan "sembuh" (waras), baik, sehat (kuat), dan cerdas.

Kebudayaan Sunda juga merupakan salah satu kebudayaan yang menjadi sumber kekayaan bagi bangsa Indonesia yang dalam perkembangannya perlu di lestarikan. Sistem kepercayaan spiritual tradisional Sunda adalah Sunda Wiwitan yang mengajarkan keselarasan hidup dengan alam. Kini, hampir sebagian besar masyarakat Sunda beragama Islam, namun ada beberapa yang tidak beragama Islam, walaupun berbeda namun pada dasarnya seluruh kehidupan di tujukan untuk kebaikan di alam semesta. Mengacu sumber di atas, “Cageur” diartikan sembuh (waras), “ Bageur” artinya baik, dan “ pinter” artinya cerdas. Cageur lebih menitikberatkan hal yang berkaitan dengan indikator kesehatan secara fisik.

 Bageur berkaitan dengan perilaku yang terpuji dalam I’tikad, ucapan dan perbuatan atau bertindak dengan baik dalam Tekad, ucap dan lampah paripolah. Sedangkan Pinter lebih mengedepankan kemapuan aspek pengetahuan dan wawasan luas yang dengan ilmu tersebut mencerminkan orang yang rendah hati dan bukan rendah diri atau minder.

  • Relevansi Cageur Bageur Pinter dengan ajaran Agama Islam

Merujuk beberapa ayat atau Hadits tuntutan agar tercipta kondisi seseorang atau kelompok manusia yang cageur ( sehat ) seperti pada hadis “ pergunakan waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu…(HR Bukhari), Bageur ( bagus akhlaqnya ) digambarkan dalam hadits “mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling baik akhlaqnya”( HR.Bukhari dan Muslim). Pinter ( cerdas berilmu ) “…Allah akan meninggikan orang yang beriman dan berilmu pengetahaun dengan beberapa derajat/keunggulan. (Al Mujadilah : 11).“ Barang siapa menghendaki ( kesuksesan ) kehidupan dunia maka hanya dengan ilmu, dan barang siapa menghendaki  (kesuksesan) kehidupan akhirat maka hanya dengan ilmu dan barang siapa menghendaki (kesuiksesan) keduanya ( dunia akhirat ) maka hanya dengan ilmu “     ( HR.Turmudzi ).

  • Aplikasi Cageur Bageur Pinter di lembaga pendidikan Al ma’soem

Sebuah lembaga pendidikan di tatar sunda Yayasan Pendidikan Al Ma’soem memiliki motto : Cageur, Bageur, Pinter . Dengan motto ini berharap bahwa Lembaga memaksimalkan perannya untuk membentuk suatu generasi yang cageur, bageur dan pinter. Upaya menuju motto di atas dijabarkan mulai dari hal yang bersifat konseptual hingga teknis, aplikatif dan operasional.

Konseptual hingga teknis tercantum dalam visi, misi dan strategi yayasan. Sedangkan yang aplikatif dan operasional penerapan yang konsisten tata tertib sekolah agar terbentuk karakter disiplin serta terbina akhlaq mulia. Sebuah perjalanan panjang mulai input ( siswa masuk dengan beragam latar belakang), diproses melalui pengajaran, hukuman dan ganjaran (reward and punishment), pembiasaan, pemberian contoh dan lain sebagainya berupa tindakan edukatif.

Selanjutnya bisa dihitung di bagian akhir secara akumulatif baik yang bermuara ke pencapaian cageur, bageur maupun pinter. Siswa yang lulus, secara umum telah lolos seleksi alami baik akademis maupun non akademis. Namun untuk sejumlah siswa akan dikelompokkan berdasarkan suatu kriteria peraih penghargaan kategori Cageur, bageur , Pinter dan Utama saat wisuda purna siswa.

Semua pihak yang terkait dengan usaha ini akan mengawal proses pencapaiannya wali kelas misalnya akan mengumpulkan data perjalanan siswa selama 3 tahun mulai data akademis berupa perolehan nilai raport semester 1 hingga 5, data kehadiran, data pelanggaran, prestasi non akademik, data penerimaan di PTN atau PTS ternama. Mengacu ke data tersebut maka akan mudah bertindak objektif untuk menghitung dan mengukur untuk tiap-tiap penerima penghargaan sesuai kriteria.   Kriteria Cageur akan mengacu pada :

  • Ketidahadiran 0 % selama 3 tahun.
  • Olahragawan atau olahragawai
  • Prestasi akademis masih di 16 besar.
  • Memiliki prestasi Non akademis
  • Kriteria Bageur akan mengacu pada :
  • Pelanggaran 0 % selama 3 tahun
  • Bersikap Tanggung Jawab
  • Prestasi akademis masih di 16 besar.
  • Memiliki prestasi Non akademis
  • Kriteria Pinter akan mengacu pada :
  • Prestasi akademis masih di 6 besar
  • Memiliki prestasi Non akademis
  • Diterima di PTN atau PTS pavorit

Kriteria Utama ( berhak menerima penghargaan Cageur, Bageur dan Pinter ) akan mengacu pada :

  • Prestasi akademis berada di 3 besar
  • Ketidahadiran 0 % selama 3 tahun.
  • Pelanggaran 0 % selama 3 tahun
  • Memiliki prestasi Non akademis
  • Diterima di PTN atau PTS pavorit

Usaha pembentukan karakter Cageur, Bageur dan Pinter yang mengakar pada kearifan lokal, diperkuat dengan landasan nilai-nilai Islam diharapkan Lembaga Pendidikan Al Ma’soem bisa terus bermakna bagi orang banyak. Aamiin

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Info Psikotest
23 Desember 2019
Berikut kami lampirkan daftar calon siswa/santri yang dinyatakan diterima di SMP-SMA Al Ma'soem tahun pelajaran 2020/2021 dengan kriteria seleksi sebagai ...
Daftar Online Di Web Al Ma'soem?? BISA.. Asalkan ...
4 Desember 2019
Opini,- Pendaftaran Online merupakan sebuah Opsi bagi calon siswa untuk mendaftar sekolah dengan sistemn berbasis komputerisasi, artinya siswa dan orang ...
Belajar di Al Ma’soem tak terbatas dinding !
30 Maret 2015
Oleh : Hendar Sodikin ( Wakil Kepala SMP Bidang Administrasi) Memberikan pendidikan yang baik dan berkesinambungan adalah harapan setiap orang tua, lingkungan ...
Raih Prestasi di FLS2N Tingkat Kabupaten
14 April 2016
Kejuaraan FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) tingkat Kabupaten Sumedang baru saja selesai diselenggarakan beberapa waktu yang lalu (31 Maret ...
2 Siswa SMP Al Ma'soem Berprestasi di FLS2N Kab. Sumedang
20 Maret 2019
SMP Al Ma’soem Bandung memang tidak pernah sepi dari prestasi para siswanya, dua orang peserta didik berhasil mengharumkan nama sekolah dengan meraih ...

Informasi Pendaftaran

Selamat Hari Santri Nasional 2020
Brocure SMP SMA
Brocure SMP SMA
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top