Pendidikan Karakter siswa TK

Membangun Hubungan Akrab Antara Anak dan Orang Tua

Seorang anak dengan berbagai aktivitas di sekolah pasti akan merasakan banyak sekali pengalaman baru yang diterima. Sebagai orang tua, mereka akan bangga bila sekolah dapat mengeluarkan potensi tumbuh kembang anak  melihat perkembangan sang buah hati tersebut, terlebih karena hubungan emosional yang erat sejak Ia lahir. Namun terkadang kesibukan di sekolah membuat hubungan antara anak dan orang tua menjadi renggang dan kurang akrab. Maka dari itu, mari membangun hubungan akrab antara anak dan orang tua melalui beberapa tips berikut.

Membangun Hubungan Akrab Antara Anak dan Orang Tua

Hubungan emosional antara anak dan orang tua adalah salah satu faktor penting dalam tumbuh kembang anak. Sang anak bisa saja melakukan sembarang kegiatan yang menunjang perkembangan mereka, menghabiskan waktu bersama teman dan lain sebagainya. Namun hubungan dengan orang tua tidak bisa diabaikan begitu saja.

Orang tua memang mungkin tidak bisa sering membersamai anak ditengah kesibukan pekerjaan mereka. Satu yang pasti, kesempatan untuk saling berhubungan antar anak dan orang tua harus perlu dijaga bahkan diciptakan. Bagaimana caranya? Disini kalian bisa ikuti beberapa tips berikut, selamat membaca!

Menerima Emosi Anak

Anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan di sekolah pasti akan mengenal banyak emosi baru. Misalnya saja sang anak merasa senang, kecewa, marah dan sedih. Peran orang tua ketika berada di situasi tersebut adalah dengan menerima dan memvalidasi emosi anak dengan penuh kasih sayang.

Maksudnya, berikan anak tersebut waktu untuk meluapkan emosinya terlebih dahulu. Disini posisi anak belum bisa terbiasa dengan situasi baru sehingga bentuk reaksi yang baru bisa dilakukan adalah dengan bertindak secara ekspresif. Orang tua disini kemudian berperan untuk menenangkan anak dengan cara menemaninya dikala emosi terebut meluap. Ini bisa menjadi sinyal bagi anak bahwa orang tua akan selalu menerima apa adanya dan menjadi teman ngobrol yang baik.

Tidak Menghakimi Cerita Anak

Dikala sang anak mengalami masalah di sekolah, terkadang Ia merasa ragu untuk berbagi cerita kepada orang tua. Bisa saja alasannya seperti akan dimarahi atau dihakimi, dan ini merupakan hal yang besar bagi mereka. Sebagai orang tua, disinilah diuji tingkat kebijaksanaan yang dimiliki ketika mendengarkan cerita anak.

Buang jauh-jauh image sosok yang galak dan jadilah seperti teman yang siap mendengarkan dengan baik. Barulah nanti ketika sang anak selesai bercerita, ajak untuk berdiskusi bersama maupun memberikan bantuan yang diperlukan. Ini bisa menjadi sinyal bagi anak bahwa orang tua bersikap suportif sehingga anak menjadi lebih percaya diri lagi.

Meluangkan Waktu Bersama

Kesempatan untuk bersama adalah kondisi yang diciptakan alih-alih saling malu-malu menunggu waktu yang luang untuk sekedar bercakap. Bagi anak, mungkin perasaan untuk bersama bersama orang tua akan sedikit terkaburkan ditengah kesibukan sekolah. Disinilah peran orang tua untuk lebih proaktif dengan mengajak untuk berkumpul bersama antara anak dan orang tua.

Ini penting untuk dilakukan agar sang buah hati tidak merasa sendirian dan tetap merasa diperhatikan. Sang anak akan tetap memiliki kenangan yang baik bersama orang tua, dan ini cukup penting bagi perkembangan mental mereka nanti ketika dewasan nanti. Orang tua bisa meluangkan waktunya dengan cara menemani belajar atau menonton aktivitas yang dilakukan anak baik di rumah atau sekolah. Intinya, ciptakan kondisi untuk menemani anak.

Memberikan Sentuhan Fisik Setiap Waktu

Dalam sebuah artikel dari Farmaku, ternyata sentuhan fisik adalah kunci dari kedekatan hubungan anak dan orang tua. Sentuhan fisik ini dapat berbentuk seperti mengelus kepala, menepuk punggung, memeluk hingga mencium adalah hal yang diperlukan bagi anak.

Aktivitas ini bisa dilakukan secara rutin sedari dini untuk meningkatkan kedekatan secara emosional. Misalnya saja saat sebelum berangkat sekolah ataupun sebelum tidur dengan mengecup pipi sang anak.

Itulah beberapa tips untuk membangun hubungan akrab antara anak dan orang tua yang bisa dilakukan. Membangun hubungan akrab antara anak dan orang tua merupakan kunci penting bagi tumbuh kembang anak. Hal ini tidak sekedar dilakukan ketika ada waktu luang saja, tetapi ini adalah situasi yang perlu diciptakan dan dilakukan setiap waktu.

 

 

Penulis: Gumilar Ganda