Masuk SMA Al Ma’soem Melalui Jalur Prestasi? Ngga Ribet Kok!

26 April 2021 | Dibaca : 177x | Oleh : Bambang Irawan
Siswa SMA Berprestasi

Masuk sekolah SMA negeri yang sudah terkenal bagus dan banyak memasukan lulusannya ke Perguruan Tinggi Negeri mungkin jadi cita-cita para siswa/siswi SMP kelas IX saat ini. Tidak sedikit siswa/siswi bahkan orang tua merasa bingung saat harus memutuskan untuk masuk ke sekolah mana, apalagi jika masih harus mempertimbangkan sistem zonasi yang berbeda-beda di setiap daerah.

Makanya banyak orang tua yang memilih sekolah SMA swasta sebagai “alternatif” yang lebih baik bagi putra/putri mereka untuk melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya. Karena tidak jarang sekolah-sekolah SMA swasta zaman now, memiliki sistem pendidikan dan fasilitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah SMA negeri.

Kemudian baru muncul problematika selanjutnya bagi para orang tua siswa, yaitu mengenai tingginya biaya pendidikan di SMA swasta. Dengan kualitas dan fasilitas yang ditawarkan oleh SMA swasta unggulan biasanya berbanding lurus dengan mahalnya biaya pendidikan di sekolah tersebut. Lantas bagaimana nasib siswa/siswi berprestasi yang kurang mampu tapi ingin melanjutkan pendidikannya di SMA swasta yang berkualitas? Jawabannya yaitu masuk melalui jalur prestasi.

SMA Al Ma’soem Bandung terkenal sebagai salah satu SMA swasta terbaik di Jawa Barat dan sekitarnya karena memiliki sistem pendidikan yang berkualitas dan dukungan fasilitas yang sangat memadai. Belum lagi setiap tahunnya, setidaknya, sebanyak 52% lulusan SMA Al Ma’soem masuk Perguruan Tinggi Negeri. Hal-hal tersebut diatas yang meyakinkan para orang tua siswa berbondong-bondong untuk memasukan putra/putri mereka agar bersekolah di SMA Al Ma’soem.

Setiap tahun SMA Al Ma’soem menerima puluhan siswa/siswi melalui jalur prestasi baik melalui prestasi akademis, non-akademis bahkan hafalan tahfidz. Sudah menjadi kebijakan dari Yayasan Al Ma’soem Bandung untuk bisa mengembangkan setiap minat, bakat dan potensi generasi muda bangsa ini untuk menjadi lebih baik. Dan penerimaan siswa melalui jalur prestasi adalah salah satu bentuk perwujudan lembaga akan hal tersebut.

Zahra Putri Utami mahasiswa Institute Pertanian Bogor, Program Studi Kelautan dan juga salah seorang alumnus dari SMA Al Ma’soem yang berhasil masuk melalui jalur prestasi share ceritanya saat masuk ke SMA Al Ma’soem. Zahra mendapatkan beasiswa jalur prestasi non-akademis bidang olahraga renang. Menurutnya saat mengajukan masuk sekolah ke SMA Al Ma’soem tidak sulit, bahkan dengan prestasi yang dimilikinya Zahra tidak hanya mendapat beasiswa gratis masuk saja, tapi juga mendapatkan uang pembinaan dari sekolah.

“Alhamdulillah dulu masuk SMA Al Ma’soem lewat jalur prestasi di bidang olahraga renang dan dapat beasiswa full 100%. Untuk prosesnya sendiri gampang kok, engga ribet, bahkan waktu itu awalnya saya hanya mengumpulkan sertifikat kejuaraan-kejuaraan yang sudah saya ikuti dan juarai ditambah fotocopy raport SMP.

“Kemudian ikut psikotes dan wawancara. Nah disini ngga usah terlalu khawatir karena kita tinggal mengerjakan aja dan menjawab pertanyaan dari konselor. Dan jangan khawatir juga, konselor di Al Ma’soem keren-keren dan ramah. Baru ikut tes baca Al Qur’an dan tes praktik.

“Tes baca Al Qur’an gampang kok, saya juga tidak terlalu lancar saat di tes. Yang penting kita tidak terlalu grogi supaya bacaan jelas dan sesuai tajwid. Kalau sudah seperti itu insya Allah lancar. Dan untuk tes praktik, karena waktu itu saya ikut japres olahraga renang, jadi ya di tesnya di kolam renang Al Ma’soem. Alhamdulillah sudah dipisahkan Ikhwan dan akhwat-nya jadi bisa all out saat tes.

“Intinya kalau mau masuk SMA Al Ma’soem melalui jalur prestasi ngga usah takut dan grogi, karena secara keseluruhan prosesnya sangat gampang dan kalau saya bisa bilang menyenangkan. Bahkan setelah masuk di SMA Al Ma'soem, saya jaga terus prestasi renang di berbagai kejuaraan dengan mewakili sekolah, ditambah lagi beasiswanya. Jadi saat sekolah dulu selain gratis SPP saya malah dapet uang saku juga dari sekolah karena bisa terus berprestasi.”

Bagi siswa/siswa SMP Kelas IX dimanapun yang berencana untuk ikut tes masuk melalui jalur prestasi di SMA Al MA’soem, berikut ini adalah Cara Masuk SMA Al Ma'soem Melalui Jalur Prestasi 2021:

1. Mengumpulkan Berkas Administratif

Pengumpulan fotocopy sertifikat-sertifikat kejuaraan yang diikuti dan dijuarai oleh siswa yang bersangkutan dan diselenggarakan oleh pihak resmi yang diakui oleh KONI, dinas terkait atau kementrian terkait. Kemudian mengumpulkan fotocopy raport SMP semester 1 sampai dengan semester 5 yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah.

2. Psikotes dan Wawancara

Mengikuti psikotes yang diberikan dan diawasi langsung oleh pihak Konselor Yayasan Al Ma’soem Bandung (bisa melalui online atau offline) untuk mengukur potensi inteligensi, bakat, minat karir dan kepribadian. Selanjutnya mengikuti wawancara khusus dengan konselor untuk mengukur motivasi berprestasi dan profil diri masing-masing siswa.

3. Tes Baca Al Qur’an

Tes selanjutnya adalah mengikuti tes baca Al Qur’an. Sebetulnya seluruh siswa Al Ma’soem sebelum masuk SMP dan SMA akan mengikuti tes baca Al Qur’an, dan jangan takut salah atau tidak lancar, karena tes ini dilakukan untuk pengelompokan siswa berdasarkan tingkat kemampuan masing-masing dalam membaca saja. Hal ini dilakukan agar penyampaian materi latihan baca Qur’an di sekolah bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

4. Tes Praktik

Tes yang terakhir adalah mengikuti tes paraktik dengan diawasi oleh tenaga professional dibidangnya yang berasal dari intern Al Ma’soem. Disini siswa akan di tes menurut bidang mereka masing-masing, dan akan diberikan penilaian akhir yang berkaitan dengan kemampuan masing-masing siswa.

Nah, gampang bukan? Masuk SMA Al Ma’soem melalui jalur prestasi tidaklah rumit dan memakan waktu yang lama. Biasanya keseluruhan tes bisa dilakukan, paling lama, dalam waktu 1 minggu. Jadi siswa yang bersangkutan masih memiliki waktu untuk mempersiapkan setiap keperluan yang ada. Jadi tugggu apa lagi, dan jangan tunda-tunda lagi, segera daftarkan diri kamu dan ikut bergabung dalam keluarga besar Al Ma’soem.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

30 Maret 2015
Oleh: Ir. Tonton Taufik, MBA Hukum Ekonomi Syariah – Menapaki zaman yang kian maju ini memberikan permasalahan yang semakin kompleks bagi manusia. Sehingga beragam profesi pun hadir mewarnai kancah kehidupan kita. Sebagaimana sebuah cabang dari ilmu islam, yaitu hukum ekonomi syariah yang akan ...
9 Februari 2016
Pada tanggal 6-7 Februari 2016 lalu Tim Futsal SD Al Ma’soem kembali menorehkan prestasi dalam kejuaraan tingkat Bandung Raya yang digelar oleh Eightpro Bandung. Kejuaraan yang bertajub Panthers Futsal Competition 2016 ini diikuti oleh berbagai Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama ...
Active Recall Metode Pembelajaran yang Efektif
22 Februari 2021
Penulis : Kamaludin Ramdan Ramayuda, S.Psi (Konselor Pesantren Siswa Al Masoem) Almasoem.sch.id,- Belajar sudah menjadi suatu keharusan didalam norma ...
Bahasa Sunda Merupakan Bahasa Dengan Kosa Kata Terbanyak di Dunia
30 September 2019
Jatinangor,- Bahasa sunda seakan sudah dilupakan begitu saja oleh masyarakat khususnya bagi masyarakat Jawa Barat. Padahal Bahasa sunda merupakan salahs ...
16 Maret 2015
Oleh: Ir. Tonton Taufik, MBA Masa sekolah - Bel sekolah berbunyi setiap pagi di SMA Al Ma’soem, berlari ke kelas, kejar teman yang ngumpetin buku pelajaran, nyolong-nyolong waktu ke kantin dari guru kelas atau saat jam kosong, nge-gosip bersama temen, perbaiki nilai yang buruk saat ujian, ...

Informasi Pendaftaran

png
SMP SMA
sd
tk
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top