Kurban Sebagai Proses Pembelajaran Siswa

24 Agustus 2018 | Dibaca : 656x | Oleh : Bambang Irawan
Kurban Sebagai Proses Pembelajaran Siswa

Para peserta didik SMA Al Ma’soem yang tergabung dalam organisasi kesiswaan; OSIS dan MPK, hari ini Jum’at (24/8) melangsungkan kegiatan kurban dengan memotong dua ekor domba yang nantinya akan didistribusikan langsung kepada para petugas pelaksana dan keamanan Yayasan Al Ma’soem Bandung.

 Kepala Sekolah SMA Al Ma’soem Ir. Deni Purwadi, M. Pd., disela-sela berlangsungnya kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya untuk ibadah semata tapi juga sebagai media pembelajaran bagi para peserta didiknya. “Ibadah kurban bukan hanya sebagai ritual semata, ibadah kurban mengandung banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil terutama bagi para peserta didik.

“Ibadah kurban ini sebagai proses pembelajaran bagi para peserta didik. Mereka bisa belajar untuk menumbuhkan jiwa yang ikhlas dalam berkurban, sebagaimana  dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail. Juga untuk memupuk kepedulian mereka dalam berbagi kepada yang membutuhkan.

“Jadi mereka bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk praktik secara langsung mengenai tata cara penyembelihan dan pengolahan daging kurban dengan baik dan benar. Jadi mereka langsung praktik dengan dibimbing oleh guru-guru yang mendampingi,” ungkap Deni.

Kosim Saputra, S. Ag., salah satu guru pembimbing dalam pelaksanaan kurban menyampaikan bahwa antusiasme para peserta didik dalam menyambut kegiatan ini sangat besar. “Alhamdulillah, antusiasme yang ditunjukan para peserta didik yang ikut dalam kegiatan ini sangat besar, dan mereka juga tidak sungkan dalam mengolah daging kurban yang akan didistribusikan. Salah satu siswa bahkan ikut menyembelih salah satu hewan yang dikurbankan.

“Alhamdulillah seluruh proses berjalan dengan lancar, kemudian pendistribusian daging kurban juga berjalan dengan baik dan Insya Allah tepat sasaran. Semoga kurban ini barokah dan mendapatkan keridhaan Allah S.W.T,” ungkap Kosim selepas kegiatan.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Siswa SMA Al Ma'soem Ikuti Seminar Bela Negara dari Sekoad TNI AD
30 Agustus 2018
Kamis, 30 Agustus 2018 SMA Al Ma’soem Bandung bekerjasama dengan TNI AD mengadakan seminar Bela Negara mengenai Proxy War yang tengah berkembang di ...
Pertemuan Orang Tua Siswa Al Ma’soem
25 Agustus 2015
Seiring dengan perkembangan pendidikan yang kian pesat saat ini sekolah tak lagi menjadi satu-satunya pihak yang bertanggung jawab penuh atas kualitas ...
Meminimalisasi Sampah, Dimulai dari Lingkungan Terkecil
13 April 2015
Oleh : Rony Hermansyah, Drs GTY SMP Al Ma’soem Persoalan sampah adalah persoalan klasik yang tidak ada habisnya karena hingga kini masih sulit dicari ...
Berhasil menjadi Runner Up Di ELIMINASI DAN KUALIFIKASI STANDAR BOW serta LOMBA NASYID
30 Juli 2019
                Al Ma’soem Sekolah Pencetak generasi Juara. Selain sering ...
258 Siswa SD Ikuti Olimpiade Sains Kuark 2018 di Al Ma'soem
26 Februari 2018
258 orang siswa sekolah dasar kelas 1 hingga kelas 6 dari enam SD wilayah Bandung dan sekitarnya mengikuti Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2018 pada Sabtu (24/2) ...
klik unutk pendaftaran
pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top