Kurban Sebagai Proses Pembelajaran Siswa

24 Agustus 2018 | Dibaca : 570x | Oleh : Bambang Irawan
Kurban Sebagai Proses Pembelajaran Siswa

Para peserta didik SMA Al Ma’soem yang tergabung dalam organisasi kesiswaan; OSIS dan MPK, hari ini Jum’at (24/8) melangsungkan kegiatan kurban dengan memotong dua ekor domba yang nantinya akan didistribusikan langsung kepada para petugas pelaksana dan keamanan Yayasan Al Ma’soem Bandung.

 Kepala Sekolah SMA Al Ma’soem Ir. Deni Purwadi, M. Pd., disela-sela berlangsungnya kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya untuk ibadah semata tapi juga sebagai media pembelajaran bagi para peserta didiknya. “Ibadah kurban bukan hanya sebagai ritual semata, ibadah kurban mengandung banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil terutama bagi para peserta didik.

“Ibadah kurban ini sebagai proses pembelajaran bagi para peserta didik. Mereka bisa belajar untuk menumbuhkan jiwa yang ikhlas dalam berkurban, sebagaimana  dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail. Juga untuk memupuk kepedulian mereka dalam berbagi kepada yang membutuhkan.

“Jadi mereka bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk praktik secara langsung mengenai tata cara penyembelihan dan pengolahan daging kurban dengan baik dan benar. Jadi mereka langsung praktik dengan dibimbing oleh guru-guru yang mendampingi,” ungkap Deni.

Kosim Saputra, S. Ag., salah satu guru pembimbing dalam pelaksanaan kurban menyampaikan bahwa antusiasme para peserta didik dalam menyambut kegiatan ini sangat besar. “Alhamdulillah, antusiasme yang ditunjukan para peserta didik yang ikut dalam kegiatan ini sangat besar, dan mereka juga tidak sungkan dalam mengolah daging kurban yang akan didistribusikan. Salah satu siswa bahkan ikut menyembelih salah satu hewan yang dikurbankan.

“Alhamdulillah seluruh proses berjalan dengan lancar, kemudian pendistribusian daging kurban juga berjalan dengan baik dan Insya Allah tepat sasaran. Semoga kurban ini barokah dan mendapatkan keridhaan Allah S.W.T,” ungkap Kosim selepas kegiatan.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Siswa SMA Al Ma'soem Raih Juara I Taekwondo Walikota Cup XVII
11 Februari 2019
Siswa SMA Al Ma’soem kembali berhasil meraih prestasi dalam kejuaraan taekwondo se-Bandung Raya – Taekwondo Walikota Bandung Cup XVII 2019. ...
Ma’soem Group Gelar Muhasabah 1437H
15 Oktober 2015
Malam pergantian Tahun Baru umat Islam 1437 Hijriyah Ma’soem Group menggelar acara muhasabah di Dome Yayasan Pendidikan Al Ma’soem Jatinangor pada Selasa ...
seorang siswa tergeletak ditengah lapangan dome
15 Juli 2019
                Seorang siswa tergeletak di tengah lapangan dome. Bukan karena ...
PASKIBRA SMA Al Ma’soem Kembali Raih Prestasi
15 November 2018
Tim Paskibra SMA Al Ma’soem kembali menorehkan prestasi yang membanggakan dengan meraih peringkat ketiga (3rd Place) kategori OB (Orientasi Basis) pada ...
Toreh Prestasi dalam Taekwondo Open 2016
30 November 2016
Jatinangor, Yayasan Al Ma’soem Bandung – 5 orang siswa SMA Al Ma’soem berhasil menorehkan prestasi yang impresif dalam kejuaraan taekwondo tingkat Jawa ...
MEssa
eas
pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top