Konselor di Yayasan Al Ma'soem Bandung, Manfaatnya bagi siswa apa??

28 Februari 2020 | Dibaca : 144x | Oleh : EM
Konselor di Yayasan Al Ma'soem Bandung, Manfaatnya bagi siswa apa??

Konselor sering kali di sangkut pautkan dengan BK namun apakah itu sama?? Sebenarnya konselor dan BK itu bisa saja sama namun di Yayasan Al Ma'soem bandung jelas sangat berbeda. BK atau badan Kesiswaan merupakan Guru yang ditugaskan unutk menertibkan siswa yang terlalu aktif dan terlalu fashionable sedangkan Konselor lebih ke pihak atau guru yang bisa membimbing siswa jikalau memiliki masalah dengan teman, guru atau pelajaran pelajaran tertentu. Tugas utama konselor adalah sebagai pihak "penegah" dalam keseharian siswa. nah selain itu ada beberapa fungsi atau manfaat konselor di Al Ma'soem diantaranya adalah :

Fungsi pencegahan berarti mencegah timbulnya permasalahan yang akan terjadi pada siswa sehingga mereka tidak mempunyai masalah yang bisa menghambat diri mereka.

Fungsi pemahaman berarti konselor mampu memahami apa yang ingin dilakukan oleh siswa, memahami potensi mereka dan membantu mengembangkanya.

 Fungsi pengentasan berarti seorang Konselor mampu menjadi seorang "dokter" bagi siswanya yang bisa menyembuhkan penyakit dalam diri peserta didik.

Selanjutnya yakni fungsi pemeliharaan, Hal ini dapat dilakukan melalui pengaturan, kegiatan dan program. 

Fungsi yang kelima yakni fungsi penyaluran, siswa memperoleh kesempatan untuk mengembangkan potensinya sesuai dengan bakat dan minat mereka.

Fungsi penyesuaian, berarti penyesuaian siswa dengan lingkungan sekitarnya.

Fungsi pengembangan, ini sama seperti dengan fungsi penyaluran, bedanya fungsi pengembangan ini lebih terarah pada suatu tujuan tertentu. 

Fungsi perbaikan berarti membantu siswa menyelesaikan masalah dan yang terakhir yakni Fungsi advokasi, layanan BK yang membantu peserta didik untuk memperoleh kembali hak-hak dirinya yang tidak diperhatikan dan atau mendapatkan perlakuan yang salah sesuai dengan tuntutan karakter, cerdas dan terpuji.

Nah sudah tahu kan sekarang fungsi seorang konselor itu apa?? nah jadi jangan ragu lagi, kami Menyediakan Konselor di setiap divisi baik SD sampai SMA dimana mereka akan membantu siswa dalam hal apapun. 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Tim Mini Soccer SMP Al Ma’soem Siap Menyambut MESSA 2018
1 November 2018
Jatinangor – peserta didik SMP Al Ma’soem yang tergabung dalam Ekstrakurikuler Mini Soccer sedang giat-giatnya mempersiapkan tim mereka untuk ...
Pembekalan Siswa Kelas IX Jelang UNBK 2018
6 April 2018
Para peserta didik kelas IX SMP Al Ma’soem Bandung endapatkan pebekalan khusus dari Ketua Yayasan Al Ma’soem Bandung, Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi ...
Hari ini Seluruh Siswa SMP Al Ma'soem Kelas IX Hadapi UNBK 2018
23 April 2018
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) diselenggarakan hari ini Senin (23/4) di SMP Al Ma’soem Bandung, sekitar 237 orang peserta didik SMP Al ...
Dai Amerika Tausiyah di Al Ma’soem
18 Juni 2013
Peringatan isra mi’raj Nabi Muhammad SAW dilaksanakan di Dome Kampus Al Ma’soem Jum’at 15 Juni 2013 dihadiri ribuan orang terdiri dari  siswa SD, SMP, ...
Hymne Al Ma’soem
8 Januari 2015
Gubahan : Darwis, S.Pd., M.Pd. (Dosen AMIK) yang sekarang menjadi Universitas Ma'soem Di Bandung Timur Al Ma’soem berdiri Gemakan syiar ...

Informasi Pendaftaran

pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+62811224337

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top