Jangan batasi potensi seorang anak (didik) agar menjadi "seperti anda"

22 Februari 2021 | Dibaca : 37x | Oleh : Mohamad Ramdan
Jangan batasi potensi seorang anak (didik) agar menjadi "seperti anda"

Foto : Siswa SMP Al Masoem yang berprestasi di bidang robotic dalam kompetisi di Malaysia

(Foto di ambil sebelum pademi)

 

Almasoem.sch.id,- Jangan batasi potensi seorang anak karena anda ingin menjadikan mereka "seperti anda" bukankah setiap anak memiliki karakter dan masa depan yang berbeda beda?? pola didik orang tua yang di anggap benar dalam sudut pandang orang tua terkadang adalah kesalahan yang membatasi potensi seorang anak, pendidikan yang salah juga dapat menghancurkan bakat seorang siswa dan lingkungan yang tidak tepat juga dapat mempengaruhi karakter dan masa depan seseorang, lantas harus seperti apa kita memperlakukan anak (didik??)

Pola asuh atau pola didik orang tua kebanyakan adalah menjadikan anak "seperti mereka" dalam artian anak harus seperti bapak ibunya yang sarjana atau anak harus seperrti bapak ibunya yang seorang dokter dan lain sebagainya. apakah itu hal yang bagus??

Dari sudut pandang orang tua mungkin itu bagus lantas bagaimana kalau ternyata masa depan anak berbeda dengan keinginan orang tua?? tidak ada yang tahu masa depan seseorang akan seperti apa, namun bagaimana jikalau potensi anak ternyata lebih tinggi dari pada ekstpektasi dan keinginan orang tua??

saya selalu memiliki prinsip yang sama seperti yang Al Masoem lakukan, seperti :

  • Jikalau seseorang anak bisa terbang tinggi, maka kami akan memberikannya bahan bakar yang lebih banyak agar anak bisa terbang menuju tak terbatas hingga melampauinya
  • Jikalalau seseorang anak bisa menyelam begitu dalam, maka kami akan memberikannya tabung oksigen yang lebih banyak agar bisa sampai ke dasar palung mariana
  • jikalau seseorang anak bisa lari begitu cepat, maka kami akan memberikannya sepatu yang bisa membuat kakinya nyaman
  • jikalau seseorang anak tidak paham dengan apa potensi dirinya, maka akan kami berikan beberapa pilihan yang dapat di pilih oleh anak itu sesuai dengan minat dan bakatnya.

kami tidak memberikan seorang yang kelaparan makanan, tapi kami memberikan mereka kail dan umpan agar mereka dapat memancing ikan untuk mereka hidup

apakah itu salah?? jelas tidak.. di mata saya itu tidak salah begitu juga pola didik orang tua atau sekolah lain yang dimana setiap anak lulus dengan karakter yang sama yang dimana di cetak sama dengan cetakan yang sama menurut saya itu tidak salah, hanya saja jikalau ada pilihan yang lebih baik lagi untuk masa depan seseorang anak kenapa tidak kita memilih yang terbaik saja??

pa kan sekolah yang seperti itu mahal?? tidak juga tergantung dari sudut pandang mana kita melihat, jikalau kita melihat ke masa depan anak maka sekolah seperti itu murah jikalau kita melihat ke "asal lulus" jelas itu sangat mahal. lagian di Al Masoem ada beberapa diskon yang bisa di ajukan di awal sebelum pendaftaran bahkan sampai diskon 100%. selebihnya bisa di akumulasikan ke bulanan, apakah itu masih termasuk mahal??

Al Masoem mendidik siswa secara maksimal, tidak hanya dari pelajaran tapi juga dari ilmu keislaman seperti adanya kelas tahsin, tahfidz dan kitab kuning dan itu tidak hanya di pondok saja di sekolah formal juga kami mengadakan pelajaran yang dimana pelajaran agama waktunya jauh lebih lama dari pada mata pelajaran lain.

Tidak hanya itu saja, pendidikan karakter yang tinggi membuat lulusan Al Masoem tidak hanya pintar akan tetapi juga berakhlakul kharimah.

Al Masoem memfasilitasi berbagai macam potensi dalam diri siswa, kami tidak pernah ingin merubah seorang anak menjadi satu tipe, tidak. karena kami paham karakter sesesorang siswa itu berbeda beda maka kami didik mereka dengan karakter mereka masing masing dan kami berikan fasiltas dimana mereka dapat mengembangkan potensi dirinya masing masing dan tentunya di sekolah setiap anak yang mengikuti kegiatan selalu di dampingi seorang penanggung jawab yang kita sebut dengan guru pembimbing (sensei) dan itulah kelebihan sekolah dari pada otodidak sendiri.

selain itu bentuk apresiasi sekolah terhadap siswa juga tidak di ragukan lagi, bukankah setiap prestasi memang harus di junjung tinggi demi memotivasi siswa yang lainnya??

Itulah yang kami laksanakan di Al Masoem, kami selalu menjadikan siswa yang teladan yang berprestasi sebagai contoh agar memotivasi siswa didik yang lain, namun untuk siswa yang melakukan pelanggaran tidak pernah kami publish, bukankah kesalahan seseorang Tuhan tutupi mengapa kita sebagai menusia harus mengumbarnya??

bagi kami pola didik Al Masoem sudah di rancang sedemikian rupa dan ternyata Alhamdulilah banyak lulusan Al Masoem yang berhasil dan sukses baik itu masuk ke PTN favorit yang setiap tahun naik dan juga ada beberapa yang sekolah ke luar negeri seperti Kairo, Jepang dan Korea.

pesan dari saya, jangan membatasi potensi seseorang.. biarkan dia terbang tinggi menuju tak terbatas hingga melampauinya. jangan takut mereka jatuh, karena jatuh dan kegagalan adalah langkah awal mereka untuk kembali melangkah. orang tua dan sekolah hanya sebuah tempat naungan seseorang anak (didik) maka dari itu kerjasama antara sekolah dan orang tua merupakan harapan kami. jadi maukah anda bekerja sama dengan Al Masoem untuk menjunjung putra putri anda hingga menggapai apa yang mereka impikan??

Untuk mendaftar ke Al Masoem Daftar Di sini

bingung bagaimana cara mendaftar Ke Al Masoem?? Klik Di sini

Informasi lebih lanjut Hubungi saja :

  • 0811224337 (Ayi Miraz)
  • 081122700227 (Humas/Kantor)
  • 08112194421 ( Sri Hanipah )
Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Pembukaan Pelajaran (Daring) di PSAM. Dir PSAM : Kami sudah melakukan lokalatih
21 Juli 2020
Almasoem.sch.id,- Pembukaan (pelajaran) Pesantren Daring AL Ma'soem dibuka pada kemarin (20/07) sore melalu Aplikasi Zoom. Pembukaan pelajaran secara ...
Sistem Pelanggaran di Al Masoem, sekolah yang Tegas namun tidak keras
24 Desember 2020
Almasoem.sch.id,- Dimana ada peraturan pasti disana akan ada pelanggaran. entah mengapa namun semua itu seperti sesuatu yang saling berkaitan sama seperti ...
Akredetasi sekolah? apakah itu?
15 Agustus 2019
  Akreditasi atau pentauliahan adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan swasta. ...
10 Siswa/Santri SMA - PSAM Al Ma'soem Lulus DIKLAT ALMAPALA
14 Februari 2019
Sekitar 11 orang peserta didik kelas X yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler Al Ma’soem Pecinta Alam SMA Al Ma’soem (ALMAPALA) rampung ...
Guru Penentu Keberhasilan dalam Pendidikan, Guru Harus Jaga Kepercayaan
18 Februari 2021
Foto : siswa smp Al Masoem yang berprestasi, peran guru sangat penting dalam menunjang prestasi siswa namun fasilitas juga sangat penting demi mewadahi siswa ...

Informasi Pendaftaran

png
Dr Tonton
Doktor Wisuda
SMP SMA
sd
tk
online
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top