I’tikaf Al Ma’soem; Tanamkan Kejujuran dalam Keseharian

15 Februari 2018 | Dibaca : 562x | Oleh : Bambang Irawan
I’tikaf Al Ma’soem; Tanamkan Kejujuran dalam Keseharian

“Rosululloh SAW bersabda; Wajib atasmu berlaku jujur, karena seungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan, dan jauhkanlah dirimu dari dusta, karena sesungguhnya dusta itu membawa kedurhakaan (HR. Bukhori, Muslim, Abu Dawud dan Tarmidzi). Kejujuran adalah pangkal dari kemuliaan, semoga kita semua termasuk orang yang mulia dan selamat karena kejujuran.

“Kejujuran adalah pondasi akhlak Rosululloh SAW. Sejak masih belia, beliau dikenal oleh masyarakat disekitarnya bukan karena rupa, kekayaan, kepintaran atau kekuatannya, melainkan karena kejujurannya. Sehingga masyarakat memberikan gelar kepada beliau sebagai Al Amiin (orang yang jujur dan terpercaya). Setiap perkataan terjamin kebenarannya, setiap tindakan jauh dari keburukan, setiap janji dipenuhi dan amanah ditunaikan dengan baik.

“Ketika Rosululloh SAW muda berbisnis, maka bisnisnya jauh dari kecurangan. Sehingga banyak para pemilik modal yang bersuka cita menanamkan modalnya kepada beliau. Demikian juga para pembeli, senang berbelanja kepada beliau karena kejujurannya.”

Diatas merupakan kutipan tausiyah dari Ust. H. Dudi Muttaqien saat acara kegiatan I’tikaf Rutin Al Ma’soem yang dilangsungkan di Masjid Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM) pada Kamis (15/2) kemarin. Kegiatan dihadiri oleh karyawan dan pengeleola PT. Al Masoem Group, para orang tua santri PSAM juga DKM dan beberapa tokoh masyarakat sekitar.

Kegiatan rutin I'tikaf di Masjid PSAM sudah berlangsung sebanyak 4 kali, dan alhamdulillah peserta yang turut ikut dalam kegiatan tersebut selalu meningkat. Karena selain untuk memperdalam ketaatan kepada Allah SWT, tujuan diadakannya kegiatan i’tikaf ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus untuk memperkenalkan lebih jauh lagi mengenai mengenai Pesantren Siswa Al Ma’soem..

“Alhamdulillah, kegiatan i’tikaf Al Ma’soem dapat kembali dilaksanakan, karena selain sebagai sarana bagi kita untuk mempertebal keimanan kita kepada Allah SWT, kegiatan ini dapat kita manfaatkan juga untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Semoga para peserta yang hadir dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai majelis ilmu sehingga mendapatkan keutamaan sebagai orang yang memakmurkan masjid. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi komunitas kita agar menjadi lebih baik.

"Tema yang diangkat adalah mengenai kejujuran, dan semoga dengan mencontoh teladan nabi Muhammad SAW, kita dapat menerapkannya dalam keseharian kita, baik dalam lingkungan pekerjaan maupun keluaraga," ungkap Ketua Yayasan Al Ma’soem Bandung, Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi, MS dalam sambutan saat membuka kegiatan i’tikaf di Masjid PSAM. 

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan meliputi kegiatan shalat berjamaah, dzikir dan tadarus bersama, tausiyah, mudzakarah, muhasabah, serta kuliah subuh. 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Metode KWL, Sebuah Bentuk Penyegaran
4 Desember 2015
Oleh: Siti Suwarni Beberapa minggu yang lalu, UKG menjadi kata yang sangat populer di kalangan guru-guru. Terpaksa atau tidak, suka atau tidak, semua guru ...
Siswa/siswi SMP Al M’soem Juara OS2N Kategori Renang & Bulutangkis Wilayah I
3 Maret 2017
Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2017 telah mulai bergulir, para peserta didik bersaing untuk menjadi yang terbaik mewakili daerah mereka ...
Siswa Al Ma’soem sambut Ramadhan dengan Sanlat dan Karantina Tahfidz
6 Juni 2017
Jatinangor – Yayasan Al Ma’soem Bandung kembali menyelenggarakan kegiatan rutin Ramadhan in Campus – RIC (Pesantren Kilat) dan Karantina ...
Aher Resmikan Gedung Baru SMA Al Ma'soem
31 Mei 2017
Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si., meresmikan gedung baru SMA Al Ma’som Bandung, di Jalan Cipacing no. 22, Kabupaten Sumedang. Aher ...
Kegiatan Pesantren Kilat: Muhadatsah
9 Juli 2015
Dalam usahanya untuk membentuk karakter siswa SMP dan SMA Al Ma’soem yang berwawasan luas dan berintelektual tinggi, kegiatan pesantren kilat tahun ini ...
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAMB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 0811224337
E-mail: info@masoem.com

 

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top