INKUBATOR BISNIS AMIK AL MA’SOEM

4 Mei 2015 | Dibaca : 1320x | Oleh : admiral
Oleh: Encep Supriatna, S.Kom, MM Apa istimewanya AMIK Al Ma’soem dibanding PTS lain di Jawa Barat ini ? AMIK Al Ma’soem adalah perguruan tinggi yang didirikan oleh pengusaha besar di Bandung Timur dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki jaringan bisnis terbesar di Jawa Barat, sehingga memiliki beberapa keuntungan, diantaranya :
  1. Memiliki captive market dalam memasarkan tenaga kerja. Hal ini didukung dengan pernyataan dari semua perusahaan yang berada di bawah naungan Ma’soem Group, dimana “semua perusahaan di bawah Ma’soem Group tidak akan menerima karyawan selain dari lulusan dari AMIK Al Ma’soem”, kecuali untuk posisi yang membutuhkan kualifikasi yang tidak dihasilkan oleh AMIK Al Ma’soem, misalnya untuk tenaga apoteker. Sementara ini AMIK Al Ma’soem baru bisa menghasilkan tenaga ahli di bidang Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi dan Perbankan Syariah.
Jadi bagi mahasiswa yang memiliki orientasi bekerja setelah lulus, mereka tidak khawatir lagi akan sulitnya mencari pekerjaan setelah lulus dari AMIK Al Ma’soem. Fenomena yang terjadi saat ini malah Ma’soem Group kesulitan mendapatkan calon tenaga kerja dari AMIK Al Ma’soem, hal ini terjadi karena daya serap lulusan AMIK Al Ma’soem dari perusahaan-perusahaan di luar Ma’soem  Group juga sangat tinggi. Bahkan beberapa mahasiswa yang memiliki prestasi akademik sudah direkrut oleh perusahaan-perusahaan di luar Ma’soem Group sebelum mereka diwisuda. Personalia dari Perusahaan Nuansa Aluminium dalam sambutannya pada acara Wisuda AMIK Al Ma’soem tahun 2011 menyampaikan pernyataan sebegai berikut : “Kami lebih suka memilih lulusan dari AMIK Al Ma’soem, karena selain memiliki kualified/kecakapan yang bagus juga dapat dipercaya. Apalagi untuk posisi yang sangat rawan dari penyelewengan seperti bagian keuangan. Setelah kami mempercayakan posisi itu kepada karyawan lulusan dari AMIK Al Ma’soem, sampai saat ini kami belum pernah menemukan penyelewengan apapun. Itulah kenapa kalau perusahaan kami membutuhkan tenaga kerja baru, kami selalu memintanya ke AMIK Al Ma’soem. Harapan kami sebagai pengguna tenaga kerja semoga AMIK Al Ma’soem selalu mejaga kualitas lulusannya”. Anda penasaran kenapa lulusan dari AMIK Al  Ma’soem dapat dipercaya ? Karena :
  1. Memberikan bobot sks lebih pada matakuliah pendidikan Al Islam, seperti Aqidah dan Ahlaq, Etika Islam, Ekonomi Islam, manajemen infaq, shodaqoh dan zakat.
  2. Melakukan pembinaan aqidah dan ahlaq melalui Kajian Jumat Pagi (KJP)
Agar lulusan AMIK Al Ma’soem bisa bersaing secara global, kami pun membekali mereka dengan matakuliah English For Computer, English For Accounting, English For Bisnis, English Conversation dan TOEIC. Menambah sks untuk beberapa matakuliah memang akan berdampak pada biaya operasional, tapi demi kualitas no problem. AMIK Al Ma’soem selalu berkomitmen untuk membentuk sumber daya manusia yang Cageur, Bageur, dan Pinter.
  1. AMIK Al Ma’soem memiliki kurikulum, sarana dan prasarana yang memadai untuk mendidik dan mengembangkan jiwa wirausaha para mahasiswanya, diantaranya:
  2. Dukungan matakuliah kewirausahaan, pengantar bisnis, etika bisnis, e-business, dan matakuliah lain yang berorientasi pada bisnis, web mobile, aplication mobile, 3-D animasi, Digital Cinema, dll)
  3. Lab wirausaha, baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Kewajiban magang setiap semester genap di unit-unit usaha ma’soem group yang memiliki aneka ragam kegiatan bisnis, dali mulai pendidikan, perbankan, kesehatan, air minum, migas, olie, bbm, perhotelan, transportasi dan sarana oleh raga. Yang tersebar di wilayah Cianjur, Bandung, Sumedang, Tomo, Jatiwangi, Cirebon, Garut dan Tasikmalaya. Untuk semester akhir magang bisa dilakukan di perusahaan-perusahaan Ma’soem Group atau perusahaan-perusahaan dan instansi lain di luar ma’soem group.
  4. Inkubator bisnis
AMIK Al Ma’soem memiliki unit usaha yang dikelola bersama-sama dengan mahasiswa yang bernama Aplikasi Komputer dan Sistem Informasi (AKSI) Al Ma’soem. Unit usaha ini dibentuk untuk mewadahi mahasiswa yang memiliki jiwa/keinginan untuk berwirausaha untuk ditempa dan dibina agar menjadi wirausahawan/wirausahawati yang cageur, bageur dan pinter. Kegiatan yang dikelolanya meliputi ; Software depelopement, Jasa pengetikan, Desain, Percetakan, Periklanan, Movie Maker,  Warnet, Perdagangan dan Jasa Service Komputer. Unit ini berperan efektif dalam mendidik mahasiswa menjadi mahasiswa yang mandiri yaitu mahasiwa yang cageur, bageur dan pinter.  
Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Merpati Putih Al Ma’soem Raih Juara Umum di ASC 2018
6 Mei 2018
Kontingen Pencak Silat Yayasan Al Ma’soem Bandung sukses meraih juara umum dalam Kejuaraan Pencak Al Ma’soem Silat Competition Invitation (ASC) ...
Siswa Al Masoem Bantu Korban Bencana
25 Februari 2014
CIPACING – Para siswa SMP/SMA Al Masoem memberikan bantuan korban banjir di dua lokasi, Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang dan Kecamatan Pamanukan ...
"SkullBreaker Challenge" permainan "pelumpuhan Permanen" terhadap Korbannya
16 Februari 2020
Foto :https://whatwomanneeds.com Jatinangor,- Challange atau permainan merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh anak anak, baik itu untuk jahil saja ataupun ...
Peserta Didik Al Ma'soem Antusias Hadapi UTS
25 September 2018
Selama satu pekan kedepan kedepan SD, SMP dan SMA Al Ma’soem, peserta didik akan menghadapi Ujian Tengah Semester tahun pelajaran 2017/2018. Menurut ...
Berbagi Bersama dalam Milad Al Ma’soem 2016
18 Juli 2016
Jatinangor (17/7) – Berbagi dengan sesama menjadi tema yang menghiasi rangkaian kegiatan yang digelar PT. Ma’soem Group melalui milad ke-43 yang digelar ...

Informasi Pendaftaran

Selamat Hari Santri Nasional 2020
Brocure SMP SMA
Brocure SMP SMA
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top