Hari ini Seluruh Siswa SMP Al Ma'soem Kelas IX Hadapi UNBK 2018

23 April 2018 | Dibaca : 577x | Oleh : Bambang Irawan
Hari ini Seluruh Siswa SMP Al Ma'soem Kelas IX Hadapi UNBK 2018

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) diselenggarakan hari ini Senin (23/4) di SMP Al Ma’soem Bandung, sekitar 237 orang peserta didik SMP Al Ma’soem mengikuti kegiatan yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia ini. UNBK akan berlangsung dari Senin 23, April 2018 hingga Kamis 26 April 2018 nanti.

Asisten Kepsek Bidang Kurikulum, Dadang Suprianto, S. Pt., Senin (23/4) menyampaikan, bahwa hari pertama berlangsung UNBK tidak ada kendala yang dialami dalam pelaksanaannya. Hal tersebut dikarenakan sebelum pelaksanaan UNBK, para peserta didik SMP Al Ma’soem sudah dipersiapakan dengan tryout, dan dari jauh-jauh hari pihak SMP Al Ma’soem sudah melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan UNBK 2018 ini.

“Alhamdulillah sejauh ini pelaksanaan UNBK berjalan dengan lancar. Dalam sesi ujian yang dibagi menjadi tiga bagian (sesi pagi, siang dan sore), para peserta didik terlihat tidak ada kendala dalam pengerjaannya. Tiga mata pelajaran diteskan dalam UNBK 2018; Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Sebagian soal di Ujian Nasional (UN) SMP 2018 memakai standar High Order Thinking Skills (HOTS).Menurut dia, porsi soal yang memerlukan jawaban dengan daya nalar tingkat tinggi tersebut mencapai 10 hingga 15 persen dari total jumlah soal yang diujikan. Meskipun demikian, para siswa SMP Al Ma’soem peserta UNBK 2018 diharapkan untuk tidak perlu khawatir dan risau dengan keberadaan soal-soal dengan standar HOTS tersebut.

"Soal HOTS tetap ada dan tingkat kesulitannya disesuaikan dengan kemampuan siswa SMP, tapi dengan persiapan yang matang dari para peserta didik, mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan, serta hasil yang didapat sesuai dengan yang diharapkan, amin,” kata Dadang.

Salah seorang peserta didik SMP Al Ma’soem kelas IX, Fauzan Fajar mengaku menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan santai, karena mereka mengaku sudah terbiasa dengan sistem yang dijalankan serta persiapan mereka menghadapi ujian sudah baik.

“Kami sudah terbiasa ujian dengan menggunakan komputer, dalam beberapa kali persiapan UN kemarin (tryout) kami sudah menggunakan komputer dalam pengerjaannya. Jadi jika sekarang UNBK menggunakan sistem komputer kami sudah terbiasa jadi biasa saja bagi kami. Kemudian insya Alloh persiapan belajar yang kami lakukan dalam menghadapi UNBK sudah cukup,” ungkap Fajar.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

AMIK - STIBANKS Al Ma'soem Launching AVCash & Minibank
13 Oktober 2017
Perkembangan teknologi E-commerce saat ini sudah sangat pesat dan dan bervariatif, dan tak jarang inovasi yang kemudian muncul dan memberikan terobosan baru ...
Why the Students Get a Bad Score: A Psychology View
16 November 2015
(written by Siti Suwarni) “Ma’am, I had studied hard before the test and I am sure I can, but I still get the bad score.” This is a usual griping ...
1 Januari 1970
...
I’tikaf Al Ma’soem; Tanamkan Kejujuran dalam Keseharian
15 Februari 2018
“Rosululloh SAW bersabda; Wajib atasmu berlaku jujur, karena seungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan, dan jauhkanlah dirimu dari dusta, karena ...
Forum Sosialisasi dan Diseminasi SMA Al Ma’soem
8 September 2015
Senin 7 September 2015 SMA Al Ma’soem menyelenggarakan forum sosialisasi dan diseminasi yang diikuti oleh seluruh civitas SMA Al Ma’soem dan dihadiri oleh ...
Meredeka tau mati
pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top