hal hal yang tidak boleh ditinggalkan ketika di Bangku SMA

31 Agustus 2019 | Dibaca : 59x | Oleh : Bilal M. Ramdan
hal hal yang tidak boleh ditinggalkan ketika di Bangku SMA

Masa SMA adalah masa yang indah. masa dimana putih abu abu mungkin begitu kata setiap orang. ya memang masa SMA adalah masa remaja masa dimana pendewasaan sedang dicari. masa dimana banyak sekali cinta Monyet yang menyerang, (untung hanya cinta monyet, cacar monyet mati kita). masa SMA adalah Masa emas dimana masa depan mulai di ukir untuk menjadi apa seperti apa nanti di jejang ilmu berikutnya. nah berbicara tentang masa SMA, sebenarnya banyak sekali hal yang harus di perjuangkan dengan sungguh sungguh dan jangan sampai menjadi penyesalan di masa depan, hal apa sajakah itu berikut ulasannya :

1. Belajar dengan sungguh sungguh

Belajar adalah sesuatu yang tidak mengasikan buat semua orang. memang tidak semua orang menyukai belajar tetapi belajar adalah sesuatu yang harus. tanpa belajar lalu buat apa kita sekolah? tidak akan ada ilmu yang diserap tanpa belajar. nah berbicara tentang belajar, di masa SMA belajar merupakan prioritas pertama yang harus dilakukan setiap siswa. belajar yang baik adalah belajar yang bersungguh sungguh. bukan belajar keras/ belajar dengan maksimal. itu berbeda. belajar dengan bersungguh sungguh lebih ke belajar dengan giat dan juga ada batasan diri untuk mengakhirinya. 

setiap orang memiliki cara belajarnya sendiri sendiri. cari tahu cara belajarmu yang membuat kamu lebih paham dari pada apa yang diajarkan oleh guru dikelas. penulis selalu paham dan percaya bahwa setiap siswa itu pintar dan setiap siswa memiliki bakat tersendiri dan soal belajar setiap siswapun pasti memiliki cara belajar sendiri sendiri dimana "cara Pelajaran" itu lebih mudah dipahami olehnya dibandingkan cara belajar orang lain.

2. Mengikuti Ekstrakulikuler

Ekstrakulikuler merupakan kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.

di Yayasan Al Ma'soem Bandung ekstrakulikuler berlaku dari SD hingga SMA dengan berbagai ragam eskul yang tersedia..dari olah raga hingga IPTAK DAN IPTEK. berbagai macam eskul yang berada di Yayasan Al Ma'soem juga selalu mewakili kompetisi kompetisi baik itu tingkat kabupaten hingga tingkat nasional. banyak sekali siswa berprestasi dari jalur eskul. nah di masa SMA eskul juga penting, selain untuk meningkatkan bakat siswa, eskul sendiri bisa dijadikan pengasahan bakat siswa itu sendiri. jangan sampai masa SMA dihabiskan hanya untuk sesuatu yang tidak penting seperti pacaran.

3. Mengikuti Kompetisi/Lomba

Kompetisi antar pelajar selalu menjadi kompetisi bergengsi bagi setiap sekolah. nah pada masa SMA kompetisi baik itu dalam bentuk "pertarungan" mendapatkan nilai terbaik dikelas ada juga kompetisi antar sekolah baik itu dalam bentuk lomba atau macam lainnya. nah kompetisi atau lomba jangan sampai dilewatkan apa lagi jika anda memliki bakat atau ketertarikan pada suatu bidang.

nah di Yayasan Al Ma'soem Sendiri setiap kompetisi dan kejuaraan akan mendapatkan fee untuk siswa yang berbakat tersebut. baik itu penghargaan juga bebas DOP atau bulanan. bebas bulanan seperti itu dapat memotivasi siswa yang lain untuk bisa mengasah bakatnya dalam setiap kompetisi. nah ambisi dan motivasi seperti ini yang akan merubah mindset siswa untuk menjadi lebih baik lagi.

4. Aktif dalam berogranisasi

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan selain belajar di dalam kelas, seperti ikut organisasi di sekolah. Organissasi sekolah biasanya dalam bentuk osis dan MPK. Menjadi pengurus OSIS di sekolahmu dapat membawa manfaat seperti belajar untuk mengatur waktu, kepemimpinan, hingga toleransi antar teman. 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Dukungan Fasilitas untuk Belajar Efektif
15 Februari 2016
Dengan perkembangan dunia pendidikan yang semakin pesat saat ini, sekolah sebagai lembaga pendidikan yang menjadi poros utama dalam mengembangan kualitas ...
Idul Adha 1438H Yayasan Al Ma'soem
5 September 2017
Jatinangor – Yayasan Al Ma’soem Bandung menggelar Shalat Idul Adha 1437H pada tanggal 1 September 2017 bertempat di Dome Al Ma’soem, Jl. Raya ...
Tiga Taekwondoin Cilik SD Al Ma’soem Raih Prestasi di Kejuaraan Taekwondo Nasional
27 September 2018
Taekwondoin Cilik SD Al Ma’soem mengukirkan prestasi yang impresif dalam kejuaraan yang mereka ikuti beberapa waktu yang lalu. tidak tanggung-tanggung ...
Beasiswa Kriteria Akhlak 2018/2019 Diberikan Kepada 29 Orang Peserta Didik SMA Al Ma’soem
21 Januari 2019
Di awal semester genap 2018/2019 ini Beasiswa Kriteria Akhlak kembali diberikan kepada para pserta didik SMA Al Ma’soem. Sebanyak 29 orang peserta didik ...
Milad ke 46 Ma'soem Grup
30 Juni 2019
                Shalawat nabi akhirnya dikumandangkan, tanda bahwa acara Milad ke 46 ...
MEssa
pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top