Guru x Google

22 Oktober 2019 | Dibaca : 214x | Oleh : EM
Guru x Google

Jatinangor,- Boleh tidak ya jika saya membandingkan guru dengan Mbah GOOGLE?? Sepertinya tema yang cukup menarik ketika harus membahas tentang keberadaan keduanya. Guru merupakan tenaga pelajar dimana memiliki pemahaman terbatas karena mau bagaimanapun guru adalah seorang manusia yang tidak luput dari kekurangan sedangkan Google merupakan "kamus" besar atau teknologi informasi yang dibuat oleh manusia untuk mengakses segalam amcam informasi yang ada didunia nyata maupun dunia lain. 

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali kamus kamus yang akhirnya harus menyerah dan kalah dalam perang melawan Google,, ingat tidak dulu pada tahun 90'an ada buku yang tebalnya lebih tebal dari muka koruptor yang disebut buku pintar karena buku ini memiliki segala macam informasi di dalamnya, kalau tidak salah waktu itu orang tua saya membeli dengan harga 15.000 (pada zaman pak Harto) ya jikalau dengan nilai Rupiah sekarang terbayang berapa ratus ribu namun hari ini kita hanya tinggal menuliskan kata2 tanpa mantra dan sesajen Google langsung bisa menampilkan apa yang kita cari. 

Hidup seperti lebih mudah dengan adanya Mbah Google. Namun sepintar apakah Google hingga harus disaingkan dengan seorang tenaga pelajar yang kita sebut guru?? sebenarnya Google hanya mencari sebuah nformasi yang kita cari entah dari mana sumbernya yang pasti apapun yang kita cari pasti ketemu. Kalau misalkan didunia maya ada Google maka di dunia nyata ada Ibu yang selalu bisa mencari barang yang susah dicari. Google sendiri diciptakan sebagai media Pencari data bukan sebuah program belajar.

Namun banyak sekali ilmu yang bisa di dapatkan dari sang Google, coba cari rumus Rumus Helmholtz pasti ada jawabannya. Namun yang jadi pertanyaan pantaskah peran guru digantikan oleh Google?? 

jawabannya tentu saja tidak. Seperti yang kita ketahui, guru merupakan tenaga pembimbing, dimana guru dapat memberikan ilmu yang bermanfaat sesuai dengan porsi dan tugasnya masing masing. Sedangkan Google merupakan mesin pencari bukan tenaga pembimbing, jika ingin membuka situs penyedia jasa guru pembimbing online bisa mencarinya di Google !! Meskipun Mesin pencari Google sangat bermanfaat karena dapat "mengajarkan" rumus rumus rumit yang mungkin akan menjadi kalang kabut di kepala siswa namun bukan berarti Google bisa menjadi pengganti guru.

Guru juga merupakan seorang yang bertitle sarjana atau lebih dimana ilmu yang diajarkannya tidak bisa di ragukan lagi kebenarannya sedangkan Google hanya mencari semuan informasi yang kita butuhkan tanpa bisa kita dapatkan kebenarannya. Pernah baca sebuah berita bohong atau Hoax yang banyak tersebar di Google?? Apakah seorang guru akan melakukan tindakan seperti itu?? jelas tidak, karena guru merupakan seorang tenaga pelajar, Guru dapat menciptakan menteri, Guru dapat membuat seorang pelajar menjadi seorang penjabat, guru dapat merubah seorang sesat menjadi yang taat.. lalu apakah pantas seorang guru kita sebut sebagai pahlawan tanpa balas jasa?? sangat pantas. Karena Tanpa seorang guru, kita mungkin hanya butiran sangu yang terombang ambing di dunia yang kita sebut BUMI. maka berterimakasihlah anda pada guru anda, karena tanpa mereka siapa kita !! hanya omong kosong !!

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

[REPOST] Adversity Quotien (AQ), Penunjang Keberhasilan Belajar
8 Oktober 2019
Oleh: Siti Suwarni   Siapa sih yang tidak pernah punya masalah dan kesulitan selama hidupnya? Tentu setiap orang pernah mengalaminya hanya ...
Siswa SMP Al Ma’soem Juara I FLS2N Storytelling Tingkat Kabupaten
19 September 2018
El Fauziah kelas VIII – Super kembali berhasil menorehkan prestasi yang impresif pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di tingkat ...
WIsuda SD Al Ma'soem akan di laksanakan secara Daring !!
18 Juni 2020
ilustrasi : Miss Eva selaku MC dalam Acara Wisuda Daring SMA Al Ma'soem pada (13/06)    Almasoem.sch.id,- Daring merupakan istilah ...
MENGUASAI ILMU TAJWID
15 Mei 2015
MENGUASAI TAJWID By Moch.Hamdani, S.Ag وَالْاَخْذُ بِالتَّجْوِيْدِ حَتْمٌ لاَزِمٌ # مَنْ لَمْ ...
Pendaftaran Al Ma'soem Secara online Bisa di Akses di
17 April 2020
Almasoem.sch.id,- Sekolah Swasta terbaik di Bandung Timur masih tetap menerima calon siswa PG TK SD SMP SMA untuk tahun ajaran 2020/2021. bisa melakukan ...

Informasi Pendaftaran

pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+628112206666

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top