Gaya Kepemimpinan yang harus diajarkan pada siswa

21 Agustus 2019 | Dibaca : 175x | Oleh : EM
Gaya Kepemimpinan yang harus diajarkan pada siswa

Kepemimpinan merupakan sebuah bidang riset dan juga suatu keterampilan praktis yang mencakup kemampuan seseorang atau sebuah organisasi untuk "memimpin" atau membimbing orang lain, tim, atau seluruh organisasi. Literatur para spesialis saling beradu pandangan, membandingkan antara pendekatan Timur dan Barat dalam kepemimpinan, dan juga (di Barat sendiri) antara pendekatan Amerika Serikat dengan Eropa. Civitas akademika di A.S. mengartikan kepemimpinan sebagai sebuah proses pengaruh sosial yang di dalamnya seseorang dapat melibatkan bantuan dan dukungan selainnya dalam usaha mencapai suatu tugas bersama.

Kepemimpinan sangat penting di ajarkan didunia sekolah.Seperti yang kita ketahui, bentuk kepemimpinan dalam dunia pendidikan bagi siswa bisa berupa Kepemimpinan dalam organisasi Osis MPK, atau juga Kepemimpinan dalam Kelas (sebagai ketua kelas) atau juga dalam bidang eskul (bagi siswa yang lebih berbakat). Kepemimpinan dapat mencerminkan seorang siswa yang lebih aktif dan berani melangkah lebih dan bertanggung jawab bagi rekan-rekan lainnya. 

Kepemimpinan akan membuat siswa menjadi lebih "pandai" dalam mengatur dan mengambil langkah terbaik kedepannya, Meski kepemimpinan masih jarang terjadi dan belun ada mata pelajaran khusus disetiap sekolah. tetapi kepemimpinan harus tetap bisa diajarkan kepada setiap siswa.

Pemimpin dibagi menjadi dua gaya, yaitu gaya kepemimpinan seorang BOS dan juga Gaya kepemimpinan seorang Leader. lalu manakah yang harus siswa pilih?

Gaya kepemimpinan terbaik adalah seorang leader. karena pada dasarnya pemimpin harus bisa sama-sama terjun dan berjuang bersama dalam menerjang arus "masalah" penulis teringat akan perkataan Bp. Dr. H. Ceppy Nasahi. Ir., M.S."diajar tong biasakeun nitah nitah kabatur, ngilu damelan da urang mah lain bos" atau dalam bahasa indonesia "Belajar jangan terbiasa hanya menyuruh, tetapi coba ikut serta dalam pekerjaan itu, karena kita bukan Bos"  seorang Ketua Yayasan Al Ma'soem Bandung pun mengajarkan  sivitasnya untuk menjadi seorang leader karena pada dasarnya manusia itu diciptakan sama, setingkat dan sederajat yang berbeda hanya sifat dan amal yang dimilikinya. masalah harta dan tahta itu nomor dua. seperti kepemimpinan dalam sebuah organisasi, memang tidak sepantasnya jika "gaya BOS" harus digunakan. tetapi cobalah menjadi seorang leader dan berjuanglah bersama-sama dalam menggapai semua tujuan.

Selain kepemimpinan,siswa juga harus diajarkan tentang budaya bersabar dan mengantri, selain itu banyak juga sunah sunah rasul yang memang harus diterapkan pada siswa seperti makan/minum tidak boleh sambil brdiri dan juga buang air kecil bagi laki laki harus sambil jongkok. 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Pembukaan Ramadhan in Campus 1437H
16 Juni 2016
Jatinangor – Senin (13/6) ratusan siswa Al Ma’soem tingkat SMP dan SMA mengikuti kegiatan pembukaan Ramadhan in Campus 2016 yang diselenggarakan oleh ...
CCTV untuk Lingkungan Pendidikan
12 Juni 2019
                Kamera CCTV atau singkatan dari Closed Circuit Television atau dalam ...
MESSA 2018
8 Oktober 2018
Tahun ini Yayasan Al Ma’soem Bandung kembali menggelar MESSA – Multi Event in Science, Sport and Art. Selain sebagai tolak ukur tingkat ...
Studi Baanding ASY SYIFA SUBANG
19 Juli 2019
                Study Banding selalu menjadi hal yang menarik bagi penulis. Rasa ...
Daftar Sekolah Menengah Atas di Bandung
21 Maret 2015
Oleh: Ir. Tonton Taufik, MBA Daftar Sekolah Menengah Atas di Bandung – Bandung, sebuah kota yang dikenal dengan istilah Kota Kembang ini memang memiliki ...

Informasi Pendaftaran

pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+628112206666

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top