Faktor yang Membuat Siswa Malas Belajar

4 April 2021 | Dibaca : 38x | Oleh : Mohamad Ramdan
Santri Al Ma'soem sedang muroja'ah hafalan Al Qur'an

Almasoem.sch.id,- Malas adalah suatu keadaan dan kondisi dimana seseorang tidak ingin melakukan sebuah pekerjaan. malas sendiri merupakan hal yang harus di hilangkan, selain dapat merusak tubuh rasa malas juga dapat merusak masa depan seseorang. 

ada sedikit pepatah yang ngena banget yaitu Anak miskin menjadi kaya karena rajin, anak kaya menjadi miskin karena malas. Dunia ini bulat dan adil. disini rasa malas merupakan hal yang sangat harus di hindari baik bagi anda seorang karyawan atau seorang pengusaha begitu juga bagi anda seorang siswa dan santri Al Masoem.

Rasa malas itu perusak tubuh dan perusak jiwa, tidak aneh jika malas merupakan momok yang menyenangkan namun meski begitu efeknya sangat berbahaya terutama untuk masa depan seseorang. Rasa malas belajar sebenarnya di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah :

1. Faktor intinsik (dalam diri anak sendiri)

  • Kurangnya waktu yang tersedia untuk bermain
  • Kelelahan dalam beraktivitas (misal terlalu banyak bermain/membantu orangtua)
  • Sedang sakit                                                                                  
  • Sedang sedih (bertengkar dengan teman sekolah, kehilangan barang kesayangan  dll)
  • IQ/EQ anak

2. Faktor ekstrinsik yang berasal dari luar anak

  • Sikap orang tua yang tidak memperhatikan anak dalam belajar atau sebaliknya (terlalu berlebihan  memperhatikan) Banyak orangtua yang menuntut anak belajar hanya demi angka (nilai) dan bukan atas dasar kesadaran dan tanggung jawab anak selaku pelajar. Memaksakan anak untuk les ini itu. dsb.
  • Sedang punya masalah di rumah (misalnya suasana di rumah sedang "kacau" karena ada adik baru).
  • Bermasalah di sekolah (tidak suka/phobia sekolah, sehingga apapun yang berhubungan dengan sekolah jadi enggan untuk dikerjakan). Termasuk dalam hal ini adalah guru dan teman sekolah. 
  • Tidak mempunyai sarana yang menunjang blajar (misal tidak tersedianya ruang belajar khusus, meja belajar, buku penunjang , dan penerangan yang bagus.alat tulis, buku dll)
  • Suasana rumah  misalnya rumah penuh dengan kegaduhan, keadaan rumah yang berantakan ataupun kondisi udara yang pengap. Selain itu tersedianya fasilitas permainan yang berlebihan di rumah juga dapat mengganggu minat belajar anak. Mulai dari radio tape yang menggunakan kaset, CD, VCD, atau komputer yang diprogram untuk sebuah permainan (games), seperti Game Boy, Game Watch maupun Play Stations

Rasa malas belajar sebenarnya bisa di hilangkan dengan beberapa cara diantaranya adalah dengan beberapa cara berikut ini :

1. Tuliskan Motivasi

Tuliskan motivasimu atau cita-cita yang kamu miliki di atas selembar kertas kemudian tempelkan di depan meja belajarmu. Setiap Kamu belajar, Kamu akan melihat kertas itu dan tetap termotivasi untuk belajar karena ingin mencapai tujuan yang Kamu miliki.

2. Belajar Di Tempat Yang Nyaman

Kalau tempat belajarnya saja tidak nyaman, bagaimana Kamu bisa semangat belajar? Agar Kamu tetap semangat belajar dan tidak terjerat kemalasan, Kamu harus bisa menemukan tempat belajar yang nyaman.

3. Dengarkan Musik Favorit

Cobalah mendengarkan musik favorit sebelum atau ketika Kamu belajar. Mendengarkan musik favorit bisa membantu mengusir rasa malas dan meningkatkan mood belajar.

4. Makan Makanan yang Enak

Sebelum belajar, cobalah makan makanan yang enak atau makanan favoritmu. Hal ini bisa membantu memicu semangatmu untuk terus belajar. Makanan yang enak bisa meningkatkan mood dan membuat Kamu semangat menjalani aktivitas termasuk belajar.

5. Siapkan Hadiah

Siapkan hadiah untuk dirimu sendiri setelah Kamu selesai belajar. Tak perlu ribet-ribet, Kamu bisa menjanjikan dirimu sendiri makan es krim favoritmu kalau Kamu sudah selesai belajar sesuai jawal harian.

6. Buat Jadwal Belajar

Cobalah menyusun jadwal belajar. Belajar di waktu yang teratur dan jelas akan membuat Kamu lebih semangat untuk belajar. Daripada Kamu belajar tanpa jadwal dan tanpa batasan waktu, Kamu akan lebih cepat bosan,

7. Belajar Bersama

Buatlah kelompok belajar bersama teman-teman agar Kamu bisa belajar bersama. Belajar bersama teman bisa membantu meningkatkan semangat belajarmu. Apalagi kalau Kamu belajar dengan teman-teman dekat di sekolah.

8. Gunakan Media Yang Tepat

Setiap orang merasa nyaman belajar dengan media yang berbeda-beda. Ada yang merasa lebih mudah belajar dengan membaca, namun ada yang lebih mudah belajar dengan mendengar.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

18 Desember 2015
Jum’at (18/12) SD Al Ma’soem kembali menggelar salah satu Program Days yang dimilikinya, kali ini melalui Muslim Day SD Al Ma’soem melangsungkan kegiatan dengan tema Gebyar Anak Muslim di SD Al Ma’soem. Untuk kegiatan Muslim Day kali ini dilangsungkan di halaman depan dan di Panggung ...
9 September 2015
Oleh: Siti Suwarni To understand the English both orally and written text, the most importan thing the learner needed is having rich vocabulary. Memorizing is an activity that should be done, but unfortunately, this activity is not easy for certain people. It is caused by some factors, like lack ...
Film Pendek Buatan Siswa SMA Al Ma'soem Raih Best Story di Kompetisi Nasional
19 Februari 2018
Ekstrakurikuler Sinematografi SMA Al Ma’soem Bandung berhasil meraih Juara Harapan I dan meraih kategori Best Story dalam kompetisi pelajar tingkat ...
30 Maret 2015
Oleh: Ai Mulyani Pendidikan merupakan kebutuhan setiap individu  yang menginginkan perubahan. Perubahan yang akan membawa dirinya menjadi lebih baik, lebih berkualitas, dan lebih bermanfaat bagi dirinya dan untuk orang lain tentunya. Untuk menuju perubahan yang lebih baik itu, dibutuhkan ...
Faiz Raih Perunggu di Kejurnas Pencak Silat
17 Januari 2018
Faiz Nurhafidh kelas VII – A SMP Al Ma’soem berhasil menorehkan prestasi dalam Kejuaraan Nasional Pencak Silat Wasit Juri Open Championship I tahun ...

Informasi Pendaftaran

png
SMP SMA
sd
tk
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top