Siswa Al Ma'soem Raih Grand Price & Bronze Medal di Kejuaraan Internasional Robotik (IYRC)

8 Agustus 2017 | Dibaca : 409x | Oleh : Bambang Irawan
Siswa Al Ma'soem Raih Grand Price & Bronze Medal di Kejuaraan Internasional Robotik (IYRC)

Jatinangor – Lagi, dua orang siswa SMP Al Ma’soem kembali menorehkan prestasi yang sangat impresif dengan memenangkan juara utama dan juara ke-3 dalam kejuaraan robot dunia untuk pelajar. Kejuaraan International Youth Robotic Competition (IYRC) 2017 merupakan kejuaraan tingkat dunia yang mempertemukan sekitar 900 pelajar dari 33 negara.

Ajang yang diselenggarakan di Genting International Covention Centre, Kuala Lumpur Malaysia, ini berlangsung dari 2 - 5 Agustus 2017. Kejuaraan yang digagas oleh International Youth Robotic Association ini merupakan ajang yang mempertemukan berbagai ide kreatif dan inovatif para scientist muda dari berbagai negara di dunia.

Dua orang siswa SMP Al Ma’soem yang berhasil menorehkan prestasi impresif ini adalah; Ragilby Izza kelas VII – D dan Muhammad Sadam Al Jabbar kelas VIII – Super 2, yang keduanya berkompetisi di dua kelas kategori berbeda, kelas junior dan kelas senior.

  • Ragilby Izza kelas VII – D, berhasil meraih Juara Utama (Grand Price) pada kategori Creative Robot Junior.
  • Muhammad Sadam Al Jabbar kelas VIII – Super 2, berhasil meraih Juara ke-3 (Bronze Medal) pada kategori Creative Robot Senior.

Menurut pembimbing dan pelatih tim robotik Al Ma’soem, Rahman hakim, M. Si., kedua siswa tersebut menjadi wakil Indonesia dan bersaing dengan berbagai tim untuk menjadi yang terbaik di dunia. “Ragilby dan Sadam terpilih menjadi wakil Indonesia beserta 4 anak lainnya, satu tim terdiri dari 3 orang (tim senior dan junior), dan menorehkan prestasi yang luar biasa.

“Kompetisi ini merupakan kompetisi robotic pelajar terbesar di dunia, dan alhamdulillah dua orang siswa SMP Al Ma’soem bisa berbicara banyak dalam kompetisi ini. Kategori Creative Robot merupakan kategori yang utama dan wajib diikuti oleh tim-tim dari negara-negara yang ikut serta.

“Sadam mewakili tim senior mendapatkan tempat ke-3 atau bronze Medal dan Ragilby mewakili tim junior berhasil meraih Juara Utama atau Grand Price. Ini merupakan pencapaian yang sangat membanggakan bagi kami semua,” ungkap Rahman.

Sadam menciptakan robot (eco-robot) yang bisa membedakan jenis-jenis sampah, untuk saat ini baru bisa membedakan sampah organic dan nonorganic. Sedangkan Ragilby berhasil menciptakan robot (smart-tray) yang dapart memberikan makanan pada hewan-hewan di kebun binatang berdasarkan jenis hewannya, serta memiliki fungsi auto-light yang bisa membantu petugas kebun binatang saat memeriksa keadaan hewan di malam hari atau di tempat gelap. 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

1 Januari 1970
...
Milad Ke-40 PT Ma’soem
22 Agustus 2013
Doni Jaelani, Manajer Unit Produksi pada Divisi Produksi Pabrik Air PT Ma’soem, mendapatkan kesempatan ibadah umroh ke Tanah Suci, setelah ia terpilih pada ...
SD Al Ma'soem Raih Juara I & II Speech Contest
24 April 2017
Para peserta didk SD Al Ma’soem kembali menorehkan prestasi dalam kegiatan kompetisi Bahasa Inggris tingkat nasional yang diselenggarakan oleh HMP-PBI ...
Fasilitas Gedung
16 Februari 2015
[gallery ...
MENGUASAI ILMU TAJWID
15 Mei 2015
MENGUASAI TAJWID By Moch.Hamdani, S.Ag وَالْاَخْذُ بِالتَّجْوِيْدِ حَتْمٌ لاَزِمٌ # مَنْ لَمْ ...

Informasi Pendaftaran

Banner Pendaftaran
Banner Almasoem
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAMB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 0811224337
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2018
All rights reserved
Scroll Top