DESKRIPSI DAN KRITERIA PENERIMA PENGHARGAAN CAGEUR – BAGEUR – PINTER – UTAMA PADA SAAT WISUDA PURNA SISWA SD – SMP – SMA AL MA’SOEM

27 Maret 2015 | Dibaca : 651x | Oleh : admiral
Oleh : Deni Purwadi PINTER
  1. Peraih kategori pinter ditentukan berdasarkan raihan prestasi akademis rata-rata selama menempuh pendidikan di SMA Al Ma’soem dan PSAM.
  2. Ananda yang berhasil meraih kategori ini dinilai memiliki potensi akademis lebih baik dibandingkan dengan siswa/alumnus yang lainnya.
  3. Jadikanlah sebagai modal ananda untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, sesuai dengan motto Al Ma’soem : “Sekolah untuk Sekolah”.
  4. Dalam era globalisasi yang penuh dengan tantangan serta persaingan yang demikian ketat ini, pendidikan dan pengetahuan yang tinggi akan menjadikan ananda sebagai personal atau insan yang unggul dan tangguh sehingga siap bersaing dengan siapapun dan dimanapun ananda berada kelak di kemudian hari.
  BAGEUR
  1. Di lingkungan Yayasan Pendidikan Al Ma’soem, tentu saja termasuk SMA Al Ma’soem dan PSAM, disiplin merupakan alat untuk membentuk pribadi-pribadi siswa yang tangguh sesuai dengan visi – misi SMA Al Ma’soem.
  2. Islam mengajarkan agar kita menjadi pribadi muslim yang tangguh dan disiplin sehingga siap bersaing dan berjuang dalam setiap medan pertempuran hidup ini.
  3. SMA Al Ma’soem dikenal sebagai sekolah yang sangat konsisten dan tegas dalam penerapan tata tertib bagi para siswanya.
  4. Untuk penegakan disiplin tersebut, kami menerapkan system poin bagi setiap siswa pelanggar tata tertib. Jumlah akumulasi 100 poin artinya siswa tersebut harus dikembalikan kepada orang tuanya atau dengan kata lain harus mencari sekolah lain untuk meneruskan pendidikannya.
  5. Bukanlah hal yang mudah bagi seorang siswa untuk menjaga sikap dan perilakunya selama lebih kurang 3 tahun mengikuti pendidikan di SMA Al Ma’soem agar terhindar dari pelanggaran tata tertib. Apalagi jika kita perhatikan, betapa bebas dan hampir tidak terkendalinya pergaulan serta system nilai/norma-norma kehidupan para remaja di luar lingkungan sekolah.
  6. Namun demikian, ada sekelompok siswa yang ternyata dapat menjaga sikap dan perilakunya selama mengikuti pendidikan di SMA Al Ma’soem sehingga mereka tidak pernah terkena poin pelanggaran atau dengan kata lain memiliki nol poin pelanggaran.
  7. Untuk itulah kami memberikan apresiasi khusus kepada para siswa yang sampai dengan dinyatakan lulus dari SMA Al Ma’soem dan PSAM selama lebih kurang 3 tahun mereka tidak pernah melakukan pelanggaran tata tertib.
  CAGEUR
  1. Kehadiran di sekolah serta upaya untuk selalu menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu indicator tentang motivasi seorang siswa untuk mengikuti pembelajaran.
  2. Tingkat kehadiran yang tinggi dari seorang siswa menunjukkan betapa serius atau sungguh-sungguhnya siswa tersebut untuk mencapai apa yang dicita-citakannya.
  3. Tubuh yang sehat akan memberikan peluang kepada setiap orang untuk dapat berprestasi, khususnya dalam bidang olah raga.
  4. Tidaklah mudah untuk dapat menjaga diri agar selalu siap mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dan menjaga kesehatan tubuh agar dapat berprestasi dalam bidang olah raga. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, perlu didukung kesiapan serta kekuatan mental dan fisik dari seorang siswa yang tentu saja harus selalu dijaga setiap saat.
  5. Bagi Al Ma’soem, ketidakhadiran seorang siswa di sekolah selalu mendapatkan perhatian serius dan tersendiri. Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk laporan khusus mingguan tentang catatan ketidakhadiran siswa.
  6. Berdasarkan pengamatan kami, inilah para alumnus yang memiliki catatan ketidakhadiran 100 % atau ketidakhadiran 0 % dan para alumnus yang dapat menunjukkan prestasi yang membanggakan dalam bidang olah raga selama kurang lebih 3 tahun mengikuti pendidikan di SMA Al Ma’soem dan PSAM.
  7. Kesungguh-sungguhan ananda untuk selalu berusaha hadir dalam setiap Kegiatan Belajar Mengajar menunjukkan bahwa ananda memiliki keseriusan atau komitmen yang tinggi untuk selalu meningkatkan ilmu pengetahuan dalam upaya meningkatkan derajat kehidupannya. Hal ini sesuai dengan janji Allah SWT dalam Q.S. Al Mujadaalah ayat 11 : ….. serta Hadist Rasul bahwa Alloh mencintai umat-Nya yang kuat.
  UTAMA (CAGEUR-BAGEUR-PINTER)
  1. Penghargaan istimewa ini diberikan kepada ananda yang tentu saja istimewa (special award for special people).
  2. Mengapa istimewa ? karena untuk mendapatkan penghargaan ini ananda harus memenuhi criteria : Cageur – Bageur – Pinter. Artinya, ananda harus :
  3. Memiliki prestasi akademis tinggi (Pinter)
  4. Tidak memiliki poin pelanggaran (Bageur)
  5. Tingkat kehadiran belajar 100 % (Cageur)
  6. Sungguh istimewa sekali, karena selama lebih kurang 3 tahun mengikuti pendidikan di SMA Al Ma’soem dan PSAM ananda dapat menjaga 3 hal tersebut untuk secara bersama-sama dijaga dan dipertahankan.
  7. Mengingat prestasi ini yang sangat istimewa, maka penghargaannya pun diserahkan secara langsung oleh Bapak Ketua Yayasan Pendidikan Al Ma’soem.
Selamat untuk para peraih penghargaan dan salam serta apresiasi kami kepada pihak keluarga atas dukungannya sehingga putera/puteri Bapak dan Ibu dapat meraih penghargaan ini.
Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Siswa SMP Al Ma’soem Berprestasi di PENTAS PAI 2018
29 November 2018
Jatinangor – Peserta didik SMP Al Ma’soem kembali menorehkan prestasi pada ajang yang diikutinya, kali ini prestasi ditorehkan di ajang Pentas ...
Metode KWL, Sebuah Bentuk Penyegaran
4 Desember 2015
Oleh: Siti Suwarni Beberapa minggu yang lalu, UKG menjadi kata yang sangat populer di kalangan guru-guru. Terpaksa atau tidak, suka atau tidak, semua guru ...
Pesantren Bagus Di Bandung
6 April 2015
Oleh: Ir. Tonton Taufik, MBA Pesantren Bagus Di Bandung – Menyekolahkan anak di pesantren mungkin bagi sebagian orangtua adalah solusi terbaik ketika ...
FASILITAS GEDUNG TAMAN KANAK-KANAK
2 Juli 2015
[gallery ids="1182,1181,1180,1179,1183,1178,1177,1176, 1175,1174,1173,993,992,991,990,989,988,987,986,985, 984,983,982,981,980,284,283" ...
Malam Inagurasi Santri PSAM
17 Oktober 2016
Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM), Jum’at (14/10) kemarin menyelenggarakan kegiatan Inagurasi Santri PSAM yang dihadiri oleh seluruh santri, wali santri ...
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAMB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top