Ciri Khas Pendidikan SMP Al Masoem Disipilin dan Islami

14 Juli 2021 | Dibaca : 70x | Oleh : Mohamad Ramdan
Ciri Khas Pendidikan SMP Al Masoem Disipilin dan Islami

Sesuai misi Yayasan Al Ma'soem Bandung, yakni “menyediakan sekaligus membiasakan sikap hidup disiplin”, maka sikap disiplin diterapkan dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Diberlakukan kepada seluruh parsipan pendidikan, yaitu siswa, mahasiswa, guru, pengelola, dan pengurus yayasan. Sebagai konsekuensinya diberikan sanksi tegas, terukur, dan konsisten.

Ciri khas lain adalah memberikan perhatian khusus pada pelajaran dan pengamalan agama Islam, antara lain :

  • Penambahan jam pelajaran agama,
  • Mewajibkan sholat Dhuhur dan Ashar berjamaah,
  • Menyelenggarakan PHBI,
  • Melaksanakan tes kemandirian sebagai syarat khusus kenaikan kelas (menyangkut fiqih, ibadah dan tahfidz)
  • Mewajibkan siswa : SMP: Kelas VII sampai dengan IX harus bisa menghapal minimal 1 (satu) juz.

Penambahan jam pelajaran agama,

Jam pelajaran agama di Yayasan Al Masoem Bandung memiliki waktu yang lebih lama dari pada sekolah lainnya, mengingat Al Masoem merupakan sekolah yang mengkedepankan nilai nilai islami. Sebagai contoh saja, Pelajaran umum di Al Masoem itu sekitar 45 menit. Sedangkan materi agama dari PAI dan Bahasa arab kami memberikan waktu 1 jam lebih. Selain itu juga kami memiliki program Murajaah, program ini dilaksanakan selama satu jam awal sebelum jam pelajaran SMP Al Masoem. Murajaah ini berguna sebagai sarana bagi siswa yang tidak pandai atau belum hafal ayat ayat Al Qur'an dan dipaksa untuk bisa dengan sistem pengulangan. Uniknya lagi sistem murajaah ini dijadikan kurikulum khas SMP Al Masoem dan semua siswa baik siswa SMP dan siswa SMP Al Masoem yang mondok wajib mengikutinya.

Mewajibkan sholat Dhuhur dan Ashar berjamaah, 

Sholat Dzuhur dan Ashar Berjamaah Wajib untuk Siswa SMP-SMA dimana untuk shalat Dzuhur dan Ashar dilaksanakan di Masjid Pesantren Siswa Al Ma'soem (PSAM), Pengawasannya dilakukan oleh Wali Kelas, Kesiswaan, Koordinator Ekstra Bidang Imtak-Iptek. Jika ada siswa yang tidak mengikuti shalat berjemaah dengan alasan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan maka siswa SMP Al Masoem yersebut akan mendapatkan sanksi poin pelanggaran. Shalat dilaksanakan serentak untuk seluruh kelas SMP dan SMA. E) Bagi putri yang sedang berhalangan harus berada di sekitar Masjid PSAM

Melaksanakan tes kemandirian sebagai syarat khusus kenaikan kelas (menyangkut fiqih, ibadah dan tahfidz)

Setiap siswa SMP Al Masoem pra UAS semester akhir akan mengikuti tes kemandirian terlebih dahulu sebelum kenaikan kelas, baik dari kelas 1 ke kelas 2 dan juga seterusnya. Ini digunakan sebagai tolak ukur dari Kepala sekolah SMP dan Dir. Pendidikan tentang seberapa efektifkah program yang dilaksanakan Al Masoem terhadap siswa didiknya. Test kemandirian tersebut juga menyangkut Fiqih, Ibadah dan Tahfidz. Biasanya siswa yang test kemandiriannya kurang akan diberikan pelajaaran tambahan di bulan Ramadhan dengan program ramahdan in campus dimana saat ramadhan itu juga dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu kelas yang sukarela dan kelas wajib. Kelas wajib ini sebagai program peningkatan Fiqih ibadah dan tahfidz siswa yang kurang dalam test kemandirian SMP Al Masoem.

Mewajibkan siswa : SMP: Kelas VII sampai dengan IX harus bisa menghapal minimal 1 (satu) juz.

Target Al Masoem dalam hafalan siswa SMP adalah minimal siswa lulus SMP Al Masoem hafal 1 juz. itu adalah patokan minimal siswa lulusan SMP, meski begitu kami tidak mematok siswa untuk hafal 1 juz, tentu saja lebih baik jika siswa bisa lulus lebih dari 1 juz. Ada beberapa hal yang menjadi alasan mendasar kenapa siswa SMP Al Masoem minimal hafal 1 juz, diantaranya adalah karena kami bukan sekolah khusus tahfidz dan yang kedua adalah karena banyak siswa SMP Al Masoem terutama siswa baru kelas VII yang masuk dan sekolah di Al Masoem yang belum bisa mengaji sama sekali. Namun meski begitu kami memiliki program tahfidz unggulan yang dimana siswa yang kurang ini akan dibimbing dan diberikan pemahaman lebih tentang Tahfidz Qur'an.

Fasilitas Bebas DOP

Yang unik dari SMP Al Masoem adalah kami menggunakan sistem kesetaraan, dalam artian jika siswa melanggar peraturan maka akan diberikan sanksi poin pelanggaran dimana sistem poin pelanggaran ini bersifat akumulatif. Namun meski begitu ada beberapa poin pelanggaran siswa yang bersifat tanpa tahapan, diantaranya adalah mencontek, berkelahi (pemukul pertama dalam perkelahian), membawa obat obatan terlarang, dan lain sebagainya. Namun jika siswa berprestasi maka kami akan memberikan beberapa keuntungan salah satunya adalah bebas DOP selama satu hingga enam bulan.

Fasilitas Bebas DOP Diberikan kepada siswa dengan katergori sebagai berikut:

  • Siswa Teladan berdasarkan Kriteria Akhlak Penentuannya melipu: peringkat di kelas, tingkat kedakhadiran, poin pelanggaran, catatan di BP, catatan wali kelas, hasil tes kemandirian dan akvitas dalam kegiatan ekstra kurikuler. Fasilitas yang diberikan berupa bebas DOP selama satu semester.
  • Siswa Yang Berprestasi Bidang Imtak, Iptek, Olah raga, dan Seni dengan kriteria sebagai berikut: ¨ Penyelenggara lomba adalah induk organisasi resmi yang memiliki reputasi nasional dan citra posif di masyarakat. ¨ Tingkat perlombaan/pertandingan minimal ngkat Kabupaten/Kota. ¨ Jumlah peserta proporsional mewakili daerah/ wilayah. Catatan: ¨ Untuk jenis lomba/pertandingan beregu yang berhak mendapat fasilitas adalah seluruh anggota regu termaksud. ¨ Masa bebas DOP mengacu kepada konsistensi prestasi dan tingkat manfaat bagi Yayasan.
  • Memiliki kontribusi ismewa kepada pihak sekolah sesuai dengan permbangan manajemen.
  • Putra Karyawan, Guru atau Dosen Ma'soem Group
  • Dinyatakan memerlukan bantuan sesuai rekomendasi Tim Kunjungan Silaturahmi.
  • Hafidz / Hafidzah/Muadzin
  • Menjadi pengisi acara pada kegiatan formal yang telah lulus seleksi.

Fasilitas Bebas DOP ini juga dijadikan sebuah hal agar siswa termotivasi tidak hanya untuk belajar selama di sekolah dan di asrama, akan tetapi juga dapat dijadikan motivasi bagi siswa untuk bisa terus unggul dan berprestasi di setiap kompetisi.

Dengan program ini juga Al Masoem menjadi salah satu sekolah dengan lulusan siswa SMP nya yang mandiri, berakhlakul kharimah, berwawasan dan juga berprestasi. Tidak heran jika banyak sekali orang tua yang mempercayakan putra putrinya untuk sekolah atau berasrama di pesantren siswa Al Masoem. Karena mau bagaimanapun Al Masoem merupakan sekolah terbaik di Sumedang yang memiliki berbagai macam program yang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk menjadi siswa yang berkarakter sesuai dengan minat dan bakatnya masing masing.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

SD Al Masoem
27 April 2021
Informasi Penerimaan Calon Siswa & Santri Al Masoem Tahun ajaran 2021/2022. Pendaftaran calon siswa & santri Al Masoem masih dibuka, hingga artikel ini ...
Apa itu Psikotest atau Test Online Al Masoem
11 Januari 2020
Ilustrasi : Wawancara Psikiater/Konselor kapada siswa SMP Al Ma'soem Jatinangor,- Psikotest SD akan dilaksanakan pada hari ini (11/01) di Gedung SD ...
25 Februari 2016
Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk tahun ini mulai kembali digelar. Kegiatan yang dilaksanakan untuk wemadahi para peserta didik untuk mengimplementasikan hasil kegiatan ektrakurikuler yang mereka ikuti di sekolah dalam kompetisi digelar oleh Kementerian Pendidikan dan ...
Guru Kreatif
2 Maret 2021
Almasoem.sch.id,- Sahabat Ali bin Abi Thalib pernah menyatakan, "persiapkan anak-anakmu sesuai dengan tantangan zamannya". Saat ini kemajuan zaman ...
Tiga SIswa Juara 1 Kejuaraan Renang KOSN, Dua Diantaranya Mewakili Wilayah 1 Sumedang
3 Maret 2020
Almasoem.sch.id,- Tiga siswa Al Ma'soem memborong Emas di Kejuaraan Renang KOSN Tngkat Wilayah 1 pada Kamis (27/02) dan dua aiantarannya mewakili ...

Informasi Pendaftaran

tahun ajaran baru
png
SMP SMA
sd
tk

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top