Gedung SMP Al Masoem

Cara Memilih Sekolah SMP yang Bagus dan Terfavorit di Bandung

Memilih sekolah lanjutan adalah tahap pertama untuk menentukan kualitas lulusan peserta didik. Hal ini berkaitan dengan kemampuan apa yang akan dibawa dan dimiliki oleh peserta didik. Karena kemampuan yang dimiliki dapat menjadi bekal peserta didik di lingkungannya kelak.

Pada selanjutnya hal tersebut menjadi sangat penting. Mengingat lulusan saat ini diharapkan memiliki kemampuan untuk berpikir kritis sebagaimana yang tertuang dalam penguatan pendidikan karakter abad 21. Maka memilih SMP yang Bagus dan Favorit perlu dilakukan.

SMP yang Bagus dan Favorit Mampu Menyesuaikan Kurikulum Terbaru

Bagaimana caranya melihat kualitas sekolah dapat Anda lakukan dengan kemampuan sekolah menyesuaikan dengan kurikulum terbaru. Kurikulum baru saat ini dicanangkan pemerintah adalah kurikulum prototipe.

Namun kurikulum tersebut masih sangat baru. Sedangkan yang baru dan berjalan saat ini lebih mengedepankan pembelajaran abad 21, yaitu memiliki karakter 4C. 4C ini meliputi kemampuan berpikir kritis, komunikatif, kolaboratif, dan kreatif.

SMP yang Bagus dan Favorit mampu menyelesaikan kurikulum baru yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini sangat berkaitan dengan proses pembelajaran terbaru yang akan diterima oleh peserta didik. Mengingat, zaman semakin berkembang maka lulusan perlu menyesuaikan zaman.

Kualitas Dapat Diukur dengan Banyaknya Prestasi

Keseriusan mengembangkan kualitas lulusan juga dapat dilihat dari prestasi yang ada pada peserta didik. Hal ini diukur dari seberapa besar pengembangan skill yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. Karena setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda.

SMP yang Bagus dan Favorit akan memperhatikan setiap kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Secara mendasar, peserta didik memiliki kemampuan 9 macam kecerdasan majemuk. Setiap peserta didik dapat memaksimalkan beberapa di antaranya sembilan keterampilan.

Peserta didik yang terlihat memiliki bakat, akan diberikan pelatihan sesuai bakatnya. Biasanya guru akan melihat perkembangan siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas. Namun jika Anda bingung cara melihat kualitas ini pada sekolah, Anda dapat melihat daftar ekstrakurikuler yang dihadirkan.

Sekolah yang Berkualitas Berwawasan Lingkungan

Bagaimana sekolah yang berwawasan lingkungan yang dimaksud untuk menentukan kualitas sekolah? Ialah jika sekolah tidak mengabaikan keadaan sekitar, dan mampu mengembangkan SDM dalam mengelola SDA yang tersedia.

Kemampuan sekolah yang turut serta dalam kegiatan bermasyarakat menunjukkan bahwa sekolah memiliki andil juga tidak terlepas dari fungsi pendidikan. Pembelajaran abad 21 mengedepankan kemampuan siswa dalam mengelola dan mengatasi masalah yang ada di lingkungannya melalui pembelajaran yang diperoleh.

Contohnya jika Anda berada di daerah Bandung. Anda dapat melihat kemampuan sekolah dalam memaksimalkan kesempatan lingkungannya. Seperti dilansir dari situs Provinsi Jawa Barat, bahwa sekolah yang dapat mengajarkan kebudayaannya sendiri ini juga berarti mengajarkan falsafah yang terkandung dalam budaya.

Contoh budaya yang bisa diangkat oleh sekolah di Bandung adalah mengajarkan syair Manuk Dadali, memainkan angklung, membuat beragam kriya, dan lainnya. Ini kemudian dapat dikembangkan menjadi bagian pelestarian budaya dan lingkungan, serta dapat dimaksimalkan dalam ekonomi.

SMP yang Bagus dan Favorit akan melihat itu sebagai potensi dan kekayaan bahan ajar yang tidak akan habis. Ini juga dapat diintegrasikan dengan teknologi yang sedang berkembang. Contohnya dengan membuat marketplace atau berupaya mempromosikan di media sosial.

Sekolah Melek Teknologi dan Penelitian

Tidak memungkiri bahwa keberadaan pembelajaran abad 21, menghendaki adanya pembelajaran agar peserta didik berpikir kritis. Setiap sekolah pada selanjutnya mengikuti anjuran pemerintah untuk memberikan pembelajaran berbasis literasi dan numerasi.

Pembelajaran berbasis literasi dan numerasi dasar dapat masuk dalam semua aspek. Ini menjadi modal dalam berpikir kritis. Di samping itu, adanya teknologi perlu diberikan tindakan selektif agar peserta didik tidak sembarangan menggunakan informasi, dan mencegah adanya upaya plagiasi.

Sekolah yang berkualitas akan memandang hal tersebut sebagai peluang memajukan bidang pendidikan. Mungkin beberapa sekolah akan terhambat dengan tidak adanya teknologi. Sebab informasi pembelajaran berkembang cepat melalui internet.

Selain itu, adanya kemauan dalam melakukan riset. Baik guru maupun peserta didik. Riset atau penelitian dapat dilakukan secara sederhana untuk melatih berpikir kritis. Contohnya ketika sekolah memberikan tugas proyek kepada peserta didik.

Atau ketika ada ajang lomba karya tulis ilmiah, setingkat LKIR, NYIA, MYRES, OPSI dan lainnya akan mudah diikuti. Keempat ajang lomba tersebut sangat bergengsi. Di samping tingkat nasional juga bisa berlabuh ke internasional. Sekolah berkualitas akan mengupayakan peserta didik mengikuti ajang tersebut sebagai bagian pembelajaran yang berkualitas.

Memiliki Lulusan yang Kompeten

SMP yang bagus dan favorit memiliki lulusan yang kompeten. Bukan