Candu Media Social yang Mengakar !!

11 Januari 2020 | Dibaca : 147x | Oleh : EM
Candu Media Social yang Mengakar !!

Foto : https://blog.nolimit.id

Opini (almasoem.sch.id),- Kecanduan atau kata dasar dari kata CANDU yang artinya adalah ketergantungan akan sesuatu. Biasanya dikaitkan dengan obat obatan atau sejenis pkikotopika lainnya. Kata candu juga bisa bermakna Tidak bisa lepas, kalau kata pujangga, aku kecanduan dirimu artinya dia tidak bisa jika harus jauh dari pasangannya. Ya selamat datang di Zaman Bucin (budak Cinta) dan BuPe (Budak Hape).

Berbicara tentang candu, banyak sekali orang terutama pada zaman ini dimana Candu akan Media Social, Anggap saja Si Burung, Si Album, atau Muka Buku diperparah dengan Game Online yang sangat memanjakan jari Seperti si PERANG PANCI, Api Gratis atau yang sedang Booming dikalangan anak muda saat ini Dunia Naga Ngenes dimana Penulis sendiripun ikut serta dalam Game Game tersebut.

Memang tidak bisa dipungkiri era Digital memang begitu mudah memancing orang orang unutk terus stay di depan Gawainya. Meskipun tidak bisa dipungkiri selalu saja ada hal positive yang bisa dipetik dari semua itu, memang sudah tidak bisa dipungkiri kebiasaan orang sunda seperti saya yang selalu bisa mengambil sisi positif dari sesuatu seperti kecelakaan mobil, "untung saja masih selamat padahal mobil ringsek" atau  ketika makanan jatuh"untung saja belum 5 menit" (padahal makannya jatuh ke kotoran kucing !!)

bagitu pula dengan media social, ada saja hal positif yang bisa diambil seperti "kalau gak buka, nantin ketinggalan informasi" atau "saya jualan di media social, kalau gak konek nanti pelanggan saya gimana??"

Nah berbicara tentang media social ada hal miris yang pernah saya rasakan, Ceritanya pada tahun lalu, ketika teman SMA ngajak Kongkow (kumpul bareng.Red) disebuah Caffe di daerah Jatinangor. hal pertama yang saya komitmentkan dengan istri adalah saya tidak akan memainkan gadget saya, karena saya ingin ngobrol 4 mata dngan teman2 lama saya !!

Fiks pada saat ini, handphone saya bawa namun tidak saya nyalakan alias NONAKTIF. Ketika sampai di caffe yang sudah teman saya Booking, teman teman saya sedang sibuk dengan gadgetnya masing masing, parahnya lagi kebanyakan dari teman sudah pada menikah dan dengan pasangannyapun sama, kanan kiri, kaler kidul hingga ujung dunia semua sibuk dengan gawainya masing2.

diperparah lagi di Caffe ini ada tulisan "free WIFI" membuat para FAKIR KUOTA langsung mengadakan Mabar !! selesai itu, seperti apra cowok gentelment lainnya, pasti ada salah satu yang bilang "udah pake duit aku dulu aja, biar nanti kita masing2 bayar di Grup Whatsapp. Dan pembayarannya transfer aja nanti ke No rek aku Oks !!.

Begitulah hidup sebagai milenial, dimana segala sesuatu itu mudah di dapatkan. dengan akses jari yang dekat menjadi jauh yang jauh menjadi dekat. Bahkan disaat kita jauh dan berusaha mendektakan tapi malah dijauhkan lagi dengan yang namanya Gadget !!

Sedih dalam pikiran, rencana ingin bertemu 4 mata malah masih harus bertemu dalam satu layar. katanya dhidup jaman sekarang itu serba mudah, memang semua bisa terasa menjadi lebih mudah tetapi kemudahan itu harus terbayar mahal dengan sebauah era baru "era mendunduk" selain itu saat ini adalah era wartawan dadakan !!

Entah karena ingin berbagi informasi atau ingin terkenal di Muka Buku atau Burung, tiap ada kecelakaan bukannya membantu menghubungi polisi atau bagaimana malah selfie, ada orang tenggelam diabadikan, orang orang kekurangan dishare di Muka Buku atau Di Album Gambar agar dapat like !!

Bu/Pa, mereka butuh tangan anda, bukan jempol !! kalau jempol anda dapat membantu taraf hidup mereka silahkan saja tetapi kenyatannya??


jangan jadikan media social sebagai tembok tinggi yang memishahkan kita dari keluarga, dari teman, dari sahabat. Ingat !!

bukan keadaan yang memisahkan kita dengan orang lain, tetapi terkadang kita sendirilah yang menjauhkan diri dari segalanya !!

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

40 Mahasiswa Mengikuti KKN ke Ciwidey
26 Juli 2019
Ma’soem University, resmi melepas 40 orang mahasiswa untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Ciwidey. Para peserta didik akan bertugas selama satu ...
SMA Al Ma'soem Rebut Juara I dalam Lomba Nasional Fisika
28 November 2016
Tim Karya Ilmiah Remaja Al Ma’soem – ASIC (Al Ma’soem Science Club), kembali mengharumkan nama sekolah dalam kompetisi tingkat nasional Physic Festival ...
Ekstrakulikuler Berkuda bukan hanya sekedar Sunnah
23 Juli 2020
Almasoem.sch.id,- Berbagai macam ekstrakulikuler tersedia di Al Ma'soem, dari Berkuda, memanah hingga berenang, imtak iptek semua ada. maka sebuah ...
Acknowledgment from the Chairman to the Students Who Won the ASC 2018
18 Juli 2018
Pencak Silat Contingent of Yayasan Al Ma’soem Bandung successfully won the grand champion in Pencak Silat Al Ma’soem Competition Invitation (ASC) ...
Sport Day PSAM; Tumbuhkan Semangat Kebersamaan
18 Oktober 2016
Setelah penyelenggaraan kegiatan Inagurasi Santri Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM) pada Jum’at (14/10), PSAM menyelenggarakan kegiatan Sport Day bagi ...

Informasi Pendaftaran

klm
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top