Belum Genap Satu Semester Damar Siswa/Santri Kelas X sudah Hafal 6 Juz

10 Desember 2018 | Dibaca : 327x | Oleh : Bambang Irawan
Belum Genap Satu Semester Damar Siswa/Santri Kelas X sudah Hafal 6 Juz

Dalam rangka untuk mencetak lulusan yang tidak hanya unggul dalam bidang akademis saja tapi juga berakhlakul karimah dan menjadi pribadi yang berkarakter islami maka program Tahfidz Al Ma’soem sudah menjadi program wajib yang harus diambil oleh para peserta didik, baik untuk tingkat SD, SMP maupun juga tingkat SMA.

Salah satu siswa/santri SMA – PSAM Al Ma’soem berhasil memaksimalkan berbagai program tahfidz yang ada baik di sekolah dan di pesantren dan mampu menghafal hingga 6 Juz. Adalah Damr Rifqi Ardiansyah kelas X MIPA 5 yang telah berhasil menghafal juz 30, 29, 1, 2, 3, dan 4. Bahkan pada tes terakhir Damar mampu menyetorkan langsung 5 juz (29, 1, 2, 3, dan 4) saat di tes langsung oleh PSAM (Pesantren Siswa Al Ma’some) bekerja sama dengan lembaga tahfidz Baitul Qur’an – Univeristas Islam Negeri (UIN) SGD Bandung.

Menurut Didin Djahrudin, S. Pd., Bag. Kurikulum PSAM yang juga merupakan ketua penyelenggara program tahfidz di pesantren, Damar merupakan salah satu siswa yang rajin dalam menghafal Al Qur’an. “Dalam beberapa hari Damar mamapu menghafal satu surat, karena setiap hari dia mengulang hafalan satu surat untuk mempertahankan hafalan di depan guru pembimbing.

“Dalam menghafal Al Qur’an, kami di pesantren menggunakan metode Simaan Al Qur’an untuk para peserta didik, dimana hafalan, tajwid dan tahsin sangat diperhatikan. Dan alhamdulillah sejauh ini sudah sangat berhasil menambah hafalan para peserta didik,” ungkap Didin di sela-sela kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi pada Senin (10/12).

Damar mengungkapkan bahwa dia hanya mengikuti program yang dilangsungkan baik di sekolah dan pesantren, "Saya hanya ikut dengan berbagai program yang ada, terus kalau menghafal ya sendirian, tapi untuk murojaah (mengulang hafalan) di depan pembimbing untuk dikaji bacaan tajwid dan benar tidaknya hafalan. Itulah keunggulan kelas tahfidz, siswa secara rutin dibimbing untuk menghafal dan menyetor hafalan. Jadi dalam satu semester, saya sudah hafal 6 juz," katanya.

Dalam sambutannya ketua yayasan Dr. Ir. Ceppy Nasahi Ma’soem, M.S., mengungkapkan rasa bangganya terhadap pencapaian yang diraih oleh para santri. “Alhamdulillah selalu bertambah setiap bulannya para peserta didik penghafal Qur’an di Al Ma’soem. Ini berarti para peserta didik Al Ma’soem sangat antusias dalam berlomba untuk menghafal Al Qur’an, dan program yang kami sediakan di yayasan diterima dengan baik oleh para peserta didik.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Meminimalisasi Sampah, Dimulai dari Lingkungan Terkecil
13 April 2015
Oleh : Rony Hermansyah, Drs GTY SMP Al Ma’soem Persoalan sampah adalah persoalan klasik yang tidak ada habisnya karena hingga kini masih sulit dicari ...
Malam Inagurasi Santri PSAM
17 Oktober 2016
Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM), Jum’at (14/10) kemarin menyelenggarakan kegiatan Inagurasi Santri PSAM yang dihadiri oleh seluruh santri, wali santri ...
KHUTBAH : IMAN, ILMU DAN AMAL (ISTIQOMAH)
15 Mei 2015
IMAN, ILMU DAN AMAL (ISTIQOMAH) Oleh : Ust. Hamdani, S.Ag   اْلحَمدُ لله الّذي علم بالقلم علَم الانسان مالم ...
Pengajian Orang Tua Siswa SD Al Ma'soem
17 Februari 2017
Jatinangor – Dalam rangka untuk mempererat tali silaturahmi dan menjalin kerjasama yang harmonis antara pihak orang tua dan pihak yayasan, serta untuk ...
AMIK - STIBANKS gelar Seminar IT; Internet of Things (IoT)
5 Desember 2016
“Internet of Things (IoT), sebuah istilah baru yang beberapa tahun belakangan ini semakin ramai dijumpai dalam bidang Informasi Teknologi dan Komunikasi. ...
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAMB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 0811224337
E-mail: info@masoem.com

 

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top