belajar dari Negara Jepang untuk membentuk SDM yang Unggul dan Disiplin

28 Agustus 2019 | Dibaca : 260x | Oleh : EM
belajar dari Negara Jepang untuk membentuk SDM yang Unggul dan Disiplin

Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata "Jepang"? Jepang dikenal dengan karakter yang sangat khas, disiplin, pekerja keras, serta mandiri. tidak percaya? masih ingat dengan tsunami jepang pada tahun 2011 lalu? ketika tsunami sudah menerjang Jepang hingga menghancurkan sebagian kota disana warga dsana tetap mengantri dengan tertib untuk mendapatkan bala bantuan. 

Melihat bagaimana ketangguhan masyarakat Jepang saat gempa bumi lalu, pastilah bukan terjadi tanpa ada kesengajaan. Mereka tetap memperhatikan kepentingan orang lain di saat kritis dan memelihara keteraturan dalam berbagai aspek kehidupan. lalu sebenarnya faktor apa yang membuat orang jepang menjadi sangat disiplin dan menghasilakn SDM yang sangat unggul? nah berikut faktanya 

1. Sekolah gratis

Untuk usia SD hingga SMP, orang tua tidak dibebankan dengan biaya sekolah. Biaya yang perlu disediakan adalah kebutuhan untuk alat tulis atau acara wisata. karena memang jika melihat perekonomian Jepang yang baik maka wajar saja jika disana pendidikan digratiskan.

2. Ujian bukan segalanya

Memberi ujian pada siswa bukan satu hal yang menjadi parameter khusus. Itulah mengapa siswa Jepang tidak diberi ujian hingga mereka ada di kelas 4. 

3.  Para orang tua diberikan banyak kemudahan serta bonus

Saat punya anak, selaku orang tua baru, mereka akan mendapat semacam subsidi dan nominalnya cukup besar. Kemudian, sekolah negeri seluruhnya bebas biaya. Orang tua pun tidak harus bingung mencarikan sekolah karena akan dicarikan yang terdekat dari tempat tinggal. Untuk urusan mutu pun tidak perlu diragukan karena semuanya setara.

4. Belajar tidak selalu di ruang kelas

Nah sistem pembelajaran di Jepang tidak selalu harus dikelas. tetapi juga sering praktik diluar kelas, seperti berkebun, menanam padi dan lain sebagainya. sistem seperti ini memang masih sangat jarang ditemui disekolah di Indonesia. Namun di Al Ma'soem sistem pembelajaran seperti ini sudah berjalan beerapa tahun lamanya. karena Yayasan Al Ma'soem Paham, setiap siswa haruskan belajar diluar kelas, sebagai penambahan pengetahuan, pengasahan ide kreative siswa dan membuat pelajaran menjadi lebih menyenangkan.

5. Pembagian Piket kebersihan

Nah diJepang dalam hal membersihkan kelas tidak menggunakan jasa Sarana dan petugas kebersihan. namun disana siswa siswanya membagi tugas masing masing untuk membersihkan sekolah. sekolah loh gengs bukan hanya kelas. hal demikian dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab siswa terhadap kebersihan lingkungan. hal tersebut dapat menciptakan rasa cinta lingkungan yang begitu dalam, dan siswa dapat menghargai bahwa membuang sampah sembarangan sama saja dengan tidak menghargai mereka yang sudah membersihkan lingkungannya dengan peuhb tanggung jawab.

6. Belajar 9 tahun

Hampir sama seperti Di Indoensia, sistem Belajar 9 tahun tidaklah lama menjadi moto utama di Jepang. sistem seperti ini tidak hanya diterapkan bagi masyarakat jepang, tetapi juga bagi pendatang yang tinggal disana. dan apa bila pemerintah menemukan orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya sampai 9 tahun, maka pemerintah akan memberikan sanksi kepada orang tua yang melanggar tersebut. Bayangkan jika sistem sanksi seperti ini diberlakukan di Indonesia, pasti banyak orang tua yang akan terkena sanksi. memang sebenarnya pendidikan itu sangat penting. jadikan pendidikan sebagai prioritas bagi anak.

7. Makan sehat

Makanan sehat membuat tubuh menjadi kuat. diJepang makanan yang disajikan siswa adalah makanan yang sehat dimana makanan tersebut adalah hasil kolaborasi ahli kesehatan profesional dan koki yang sudah terlatih. makanan sehat macam ini juga sudah diberlakukan di Al Ma'soem meskipun sedikit berbeda dengan Jepang yang sangat "disiplin" dalam menu makanan. di Al Ma'soem makanan sehat menjadi prioritas pertama terutama di kantin sehat Al Ma'soem. Meskipun kantin milik sebagian keluarga Ma'soem, namun management selalu memprioritaskan makanan sehat dan beabs dari bahan pengawet. bekerja sama dengan teknologi Pangan Unpad sehingga menghasilkan makanan yang sehat.

8.  Wajib pakai seragam

Mulai jenjang SMP, hampir semua sekolah milik pemerintah mengharuskan siswanya menggunakan seragam. Standarnya berbeda, tapi banyak seragam dari berbagai aspek seperti, gaya militer, seragam hitam untuk anak laki-laki, dan blus pelaut serta rok untuk anak perempuan.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Cageur – Bageur – Pinter
2 April 2015
Oleh : Mohamad Mustadjab Beberapa gejala-gejala penyakit sosial di dunia pendidikan atau masyarakat pada umumnya yang perlu dicermati : Berkecamuk penyakit ...
"SkullBreaker Challenge" permainan "pelumpuhan Permanen" terhadap Korbannya
16 Februari 2020
Foto :https://whatwomanneeds.com Jatinangor,- Challange atau permainan merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh anak anak, baik itu untuk jahil saja ataupun ...
Keuntungan Mendaftar di Gelombang awal ke Al Ma'soem
18 Agustus 2020
Almasoem.sch.id,- Al Ma'soem selalu membuka pendaftaran lebih awal dari sekolah lain, mengingat yang berminat ke Al Ma'soem sangat banyak dari ...
Berprestasi dalam Lomba KLCCM se-Jawa Barat
16 Maret 2016
Tim Cepat Tepat Matematika SMP Al Ma’soem kembali ukir prestasi yag baik dalam kegiatan Kontes dan Lomba Cerdas Cermat Matematika (KLCCM) 2016 yang ...
Kolam Renang Al Ma'soem Kolam Renang Islami Pertama di Sumedang
11 Maret 2020
Almasoem.sch.id,- Kolam Renang Al Ma'soem berdiri sejak 1992 dari awal pembangunan Kolam Renang Al Ma'soem memang memisahkan kolam renang Putra ...

Informasi Pendaftaran

Selamat Hari Santri Nasional 2020
Brocure SMP SMA
Brocure SMP SMA
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top