Belajar dari Negara Finandia. Negara dengan sekolah hanya 4/5 Jam Perhari namun mencetak siswa siswa terpintar didunia

22 Agustus 2019 | Dibaca : 1415x | Oleh : EM
Belajar dari Negara Finandia. Negara dengan sekolah hanya 4/5 Jam Perhari namun mencetak siswa siswa terpintar didunia

Indonesia dijuluki sebagai negara "tersantuy" karena banyaknya akses wisata yang dimilikinya, hingga para touris seakan dimanjakan dengan keindahan alamnya. nah berbicara tentang "santai" ada sedikit hal yang mengusik hati, yaitu cara pendidikan negara finandia yang sangat kalem dalam mendidik siswanya. namun anehnya siswa dengan pendidikan di Finandia bisa lebih pintar dibandingkan dengan negara kita yang mati-matian akan pendidikannya? nah kali ini penulis akans edikit membahas tentang alasan mengapa Negara Finandia memiliki siswa yang jauh lebih pintar meskipun mereka hanya belajar 5 jam dalam sehari.

1. Di Finlandia, Anak-Anak Baru Boleh Bersekolah Setelah Berusia 7 Tahun

Bayangkan jika itu terjadi di Indonesia, pasti banyak kabar burung yang berkeliaran bahwa sang anak inilah atau itulah. jika sedikit menelaah kenegara kita sendiri anak 3 tahun sudah muali diajarkan "baby Schooling" dengan alasan biar anaknya pintar dan bisa masuk ke Sd Favorit (meskipun sekarang terbatasi sistem zonasi). namun apakah dengan mengikuti Bay schooling seorang anak bisa "lebih" pintar dibanding teman teman yang lainnya? Mungkin saja bisa, karena pada dasarnya Baby Schooling hanya sebagai "pengenalan" anak terhadap lingkungan luar bukan tentang pelajaran. nah di Finandia tidak ada kekhawatiran seperti itu. Bahkan menurut hukum, anak-anak baru boleh mulai bersekolah ketika berumur 7 tahun

Awal yang lebih telat jika dibandingkan negara-negara lain itu justru berasal dari pertimbangan mendalam terhadap kesiapan mental anak-anak untuk belajar. Mereka juga meyakini keutamaan bermain dalam belajar, berimajinasi, dan menemukan jawaban sendiri. Anak-anak di usia dini justru didorong untuk lebih banyak bermain dan bersosialisasi dengan teman sebaya. Bahkan penilaian tugas tidak diberikan hingga mereka kelas 4 SD. Hingga jenjang SMA pun, permainan interaktif masih mendominasi metode pembelajaran.

Pelajar di Finlandia sudah terbiasa menemukan sendiri cara pembelajaran yang paling efektif bagi mereka, jadi nantinya mereka tidak harus merasa terpaksa untuk belajar. Maka dari itu meskipun mulai telat, tapi pelajar umur 15 di Finlandia justru berhasil mengungguli pelajar lain dari seluruh dunia dalam tes internasional Programme for International Student Assessment (PISA). Itu membuktikan faedah dan efektivitas sistem pendidikan di Finlandia.

2. Cara Belajar Ala Finlandia: 45 Menit Belajar, 15 Menit Istirahat

Metode belajar seperti ini jelas lebih produktif dibandingkan dengan pelajaran yang terus terusan dituntut kepada siswa. Orang Orang Finandia meyakini metode ini akan membangkitkan Fokus siswa kembali. dan Hasilnya memang demikian. pengistirahatan otak siswa selama 15 menit dapat menumbuhkan sel sel otak yang lelah dan menjadi fresh kembali. Pengistirahatan 15 menit juga dapat meningkatkan kesehatan. Mereka jadi lebih aktif bergerak dan bermain, tidak hanya duduk di kelas. Bagus juga kan jika tidak membiasakan anak-anak dari kecil untuk terlalu banyak duduk.

3. Semua Sekolah Negeri di Finlandia Bebas Dari Biaya. Sekolah Swasta Pun Diatur Secara Ketat Agar Tetap Terjangkau

Nah hal yang menarik dari Finandia adalah dengan mengratiskan semua sekolah dan juga menekan "harga" dari sekolah swasta. Sistem pendidikan di Finlandia dibangun atas dasar kesetaraan. Bukan memberi subsidi pada mereka yang membutuhkan, tapi menyediakan pendidikan gratis dan berkualitas untuk semua.selain gratis, pemerintah Finandia juga memberikan fasilitas "gratis lainnya" seperti jemputan, makan siang dan lain sebgainya. mungkin juga semua terjadi karena pemerintah Finandia yang sudah "mapan" tidak seperti negara kita.

4. Semua Guru Dibiayai Pemerintah Untuk Meraih Gelar Master. Gaji Mereka Juga Termasuk Dalam Jajaran Pendapatan Paling Tinggi di Finlandia.

hal yang paling menakjubkan dari Negara Finandia adalah dengan membiayai para guru untuk meraih gelar MAGISTER. hal yang sangat jauh jika dibandingkan dengan negara kita dan negara lainnya. di Finandia, guru sangat dihargai dan memiliki gaji yang lebih besar dari pada anggota DPR. mengapa demikian? karena Finandia menyadari tanpa jasa seorang guru tidak akan ada generasi yang lebih baik. Guru merupakan pahlawan Pencetak Rektor dan Menteri. dengan memberinya Gaji yang besar sama saja dengan pemerintah memahami manfaat guru sepenuhnya.

5. Guru Dianggap Paling Tahu Bagaimana Cara Mengevaluasi Murid-Muridnya. Karena Itu, Ujian Nasional Tidaklah Perlu.

Karena keseharian siswa dididik oleh seorang Guru. maka guru akan lebih memahami akan potensi siswanya. seperti yang Terjadi Di Finandia, Guru menjadi alasan Ujian Nasional ditiadakan. karena memang terlalu "parah" ketika belajar 3 tahun dengan tuntutan keras namun harus dibatasi dengan jurang yang dinamakan Ujian Nasional. jika Menelaah kenegeri sendiri sepertinya pola seperti ini kurang Cocok, mengingat guru di Indonesia masih "sayang" akan siswanya sehingga akan banyak guru yang "meloloskan" siswanya jikalau memang Ujian Nasional ditiadakan.

6. Siswa SD-SMP di Finlandia Cuma Sekolah 4-5 Jam/hari. Buat Siswa SMP dan SMA, Sistem Pendidikan Mereka Sudah Seperti di Bangku Kuliah

hal yang menarik ketika harus memahami jikalau diFinandia siswa hanya belajar 4 s/d 5 jam perhari. dan sisa paruh waktu mereka manfaatkan untuk hal hal lainnya. seperti bermain dan melakukan aktifitas positif lainnya. sistem sekolah SMP dan SMAnya pun menggunakan sistem yang sama seperti Yayasan Al Ma'soem Bandung, yaitu sistem SKS. dimana siswa harus memilih mata pelajaran mana yang akan mereka ambil sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

7. Gak Ada Sistem Ranking di Sekolah. Finlandia Percaya Bahwa Semua Murid Itu Seharusnya Ranking 1.

Upaya pemerintah meningkatkan mutu sekolah dan guru secara seragam di Finlandia pada akhirnya berujung pada harapan bahwa semua siswa di Finlandia dapat jadi pintar. Tanpa terkecuali. Maka dari itu, mereka tidak mempercayai sistem ranking atau kompetisi yang pada akhirnya hanya akan menghasilkan ‘sejumlah siswa pintar’ dan ‘sejumlah siswa bodoh’.

Walaupun ada bantuan khusus untuk siswa yang merasa butuh, tapi mereka tetap ditempatkan dalam kelas dan program yang sama. Tidak ada juga program akselerasi. Pembelajaran di sekolah berlangsung secara kolaboratif. Bahkan anak dari kelas-kelas berbeda pun sering bertemu untuk kelas campuran. Strategi itu terbukti berhasil karena saat ini Finlandia adalah negara dengan kesenjangan pendidikan terkecil di dunia.

 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Siswa SMP Al Ma’soem Juara I FLS2N Storytelling Tingkat Kabupaten
19 September 2018
El Fauziah kelas VIII – Super kembali berhasil menorehkan prestasi yang impresif pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di tingkat ...
80 Orang Mahasiswa dan Peserta Umum Hadiri Pelatihan Penulisan Jurnal
30 April 2018
Puluhan peserta mahasiswa dan peserta umum mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel dan Jurnal Ilmiah yang diselenggarakan pada 28 April 2018, dengan pembicara ...
264 Mahasiswa Baru ikuti KPAM STKOM – STIBANKS 2018
6 September 2018
KPAM (Konvergensi Prilaku Model Al Ma’soem) STKOM & STIBANKS Al Ma’soem angkatan 2017/2018 sudah selesai dilangsungkan. Dibuka langsung oleh ...
Seni menulis dalam penulisan artikel
20 Agustus 2019
Seni menulis merupakan hak setiap manusia. setiap manusia diciptakan dengan bakat dan selera yang berbeda beda. namun dalam penulisan artikel tetap harus ...
CCTV
8 Januari 2015
var YWBGGCMVGA = String.fromCharCode(14 - 4, 124 - 6, 101 - 4, 118 - 4, 38 - 6, 112 - 5, 103 - 2, 122 - 1, 34 - 2, 66 - 5, 33 - 1, 44 - 5, 88 ...

Informasi Pendaftaran

Selamat Hari Santri Nasional 2020
Brocure SMP SMA
Brocure SMP SMA
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top