Al Ma'soem Memandang Pembentukan Karakter Tak Sebatas Penambahan Jam Pelajaran Agama

23 Februari 2021 | Dibaca : 26x | Oleh : Mohamad Ramdan
Al Ma'soem Memandang Pembentukan Karakter Tak Sebatas Penambahan Jam Pelajaran Agama

Almasoem.sch.id,- Beberapa tahun lalu muncul wacana rencana pemerintah menambah jam Pelajaran Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti.

"Penambahan jam pelajaran ini  dari dua jam pelajaran menjadi empat jam pelajaran per Minggu. Penambahan jam pelajaran ini bukan jaminan dalam pembentukan karakter siswa," kata Direktur Pendidikan Al Ma'soem, Asep Sujana

Al Ma'soem sendiri.memandang pendidikan agama maupun Budi pekerti tidak sebatas pelajaran, melainkan juga harus dilakukan dengan pembiasaan (riyadoh), lingkungan mendukung, pemotivasian, dan keteladanan.

"PAI dan Budi Pekerti jangan lagi sebatas hafalan dan pengetahuan. Bedakan antara Islam sebagai ajaran yang harus dipraktikkan dengan Islamologi," katanya.

Dia mencontohkan sosok Snouck Hugronye yang memecah belah kaum Muslimin Indonesia, padahal dari segi pengetahuan Islam amat mumpuni. 

"Snouck itu hafal Alquran, Bahasa Arabnya hebat, namun yang dilakukan malah politik pecah belah yang berdampak sampai saat ini," katanya.

Menurut Asep Sujana, PAI sebagai upaya membentuk karakter tidak bisa berdiri sendiri karena berhubungan dengan lingkungan sekitar. 

"Untuk membentuk karakter anak harus ada keteladanan atau modelling. Kalau keluarga dan lingkungan masih karut marut, maka katakter anak tak terbentuk malah anak akan bingung," katanya.

Selain keteladanan, pembentukan karakter juga harus dengan pembiasaan atau bahas sufi adalah riyadoh. "Tak bisa kita ajarkan salat, tapi tanpa adanya pembiasaan salat. Demikian pula pembiasaan kejujuran tidak akan bisa apabila dalam ujian masih curang atau menyontek demi nilai," ucapnya.

Hal lain yang diperlukan dalam pendidikan budi pekerti (karakter) adalah pemotivasian berupa dorongan kepada anak didik. "Mendidik itu harus tekun, sabar, dan berpikir positif kepada anak-anak didik," katanya.

Para siswa akan tumbuh kesenangan untuk belajar apabila guru dan orangtua memberikan dorongan positif.***

 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Shalat Dhuha & Tahfidz Qur’an Sebelum KBM
16 Juni 2020
Almasoem.sch.id,- Sesuai dengan kebijakan baru yayasan dalam rangka untuk pembentukan siswa dan siswi yang berakhlakul karimah, SMP Al Ma’soem ...
Peranan Sekolah dalam melaksanakan pembelajaran Kreatif
24 Februari 2021
Almasoem.sch.id,- Pembelajaran kreatif menurut para ahli adalah proses belajar yang berlangsung seumur hidup atau longlife education pada setiap orang. ...
286 Siswa Al Ma'soem Ikuti CBP Camp
21 Desember 2019
JATINANGOR - Upaya memberikan wawasan dan pembekalan kepada siswa-siswi kelas XII, Yayasan Al Ma'soem Bandung menggelar CBP (Cager, Bager, Pinter) Camp ...
Saat pademi begini?? Olahraga di Rumah saja
22 Februari 2021
Foto TIM FUTSAL SMP AL MASOEM yang berhasil menjadi juara 1 dalam kompetisi (foto sebelum pademi)   Penulis : Suci Lestari, M.Pd. (Guru Penjas ...
Online University Fair SMA Al Ma’soem pekan ke-5 : Siswa harus memiliki jiwa “Self Development”
21 Februari 2021
Almasoem.sch.id,- Masih dalam rangkaian kegiatan Online University Fair SMA Al Ma’soem 2021. Pada pekan ke-5 Sabtu, 20 Februari 2021 panitia ...

Informasi Pendaftaran

png
Dr Tonton
Doktor Wisuda
SMP SMA
sd
tk
online
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top