Al Ma'soem Kembangkan Model Pembelajaran Kurikulum Didukung Pembentukan Karakter

19 Februari 2021 | Dibaca : 89x | Oleh : Mohamad Ramdan
Al Ma'soem Kembangkan Model Pembelajaran Kurikulum Didukung Pembentukan Karakter

Model pembelajaran dalam Kurikulum 2013 menggunakan 3 (tiga) model utama (Permendikbud No. 103 Tahun 2014) yang diharapkan dapat membentuk perilaku saintifik, perilaku sosial serta mengembangkan rasa keingintahuan. 

Ketiga model tersebut adalah: model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning), dan model Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning). Dapat juga dikembangkan model pembelajaran Production Based Education (PBE) sesuai dengan karakteristik pendidikan menengah kejuruan.

Khusus lembaga pendidikan di bawah Al Ma'soem memiliki ciri khas dan keunggulan dalam pengembangan minat, bakat, dan mreavitis melalui berbagai macam ekstrakurikuler (ekskul).

Selain itu, Al Ma'soem juga mengembangkan pendidikan karakter yang dipraktekkan langsung dalam kehidupan sehari-hari sehingalga bukan hanya teori dan hafalan.

Tidak semua model pembelajaran tepat digunakan untuk semua KD/materi pembelajaran. Model pembelajaran tertentu hanya tepat digunakan untuk materi pembelajaran tertentu. Sebaliknya materi pembelajaran tertentu akan dapat berhasil maksimal jika menggunakan model pembelajaran tertentu.

Oleh karenanya, guru harus menganalisis rumusan pernyataan setiap KD, apakah cenderung pada pembelajaran penyingkapan (Discovery/Inquiry Learning) atau pada pembelajaran hasil karya (Problem Based Learning dan Project Based Learning).

Masing-masing model pembelajaran tersebut memiliki urutan langkah kerja (syntax) tersendiri, yang dapat diuraikan sebagai berikut.

1.    Model Pembelajaran Penyingkapan (penemuan dan pencarian/penelitian)

Yaitu memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Penyingkapan atau discovery dilakukan melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan dan inferi.

2.    Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Model ini merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik, secara individu maupun kelompok. Serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna, relevan, dan kontekstual.

3.    Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

Merupakan pembelajaran dengan menggunakan proyek nyata dalam kehidupan yang didasarkan pada motivasi tinggi, tugas-tugas atau permasalahan yang dilakukan secara kerjasama dalam upaya memecahkan masalah.***

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

SD Al Masoem
28 Juli 2020
Almasoem.sch.id,- SD Al Ma'soem Full Day School dengan Aktredetasi A merupakan salah satu sekolah Swasta Terbaik di Kab. Sumedang, tepatnya di jalan raya ...
21 Februari 2017
Hari Senin (20/2) kemarin para peserta didik SD dan SMP Al Ma’soem mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) secara serentak yang diselenggarakan oleh sekolah, sedangkan para peserta didik SMA Al Ma’soem akan melaksanakan UTS-nya pada Senin (27/2) mendatang. Sejauh ini penyelenggaraan kegiatan ...
Ratusan Siswa Al Ma'soem Hadiri Kajian Shalat Kusyu di PSAM
27 Maret 2018
Dalam rangka untuk mengisi kegiatan akhir pekan para santri Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM), serta untuk selalu menambah ilmu mengenai Islam para ...
105 santri mengikuti Karantina Tahfidz Pesantren Siswa Al Ma'soem 2019
23 Desember 2019
Jatinangor,- Karantina Tahfidz Pesantren Siswa Al Ma'soem resmi di buka (23/12) oleh Dr.  Ir. H. Ceppy Nasahi Ma'soem M,S. Dalam sambutan dan ...
Kriteria Akhlak
16 Desember 2020
Almasoem.sch.id,- DOP atau Dana Operasional Sekolah kalau di negeri kita sering menyebutnya dengan Uang SPP merupakan sebuah kewajiban yang harus di bayar ...

Informasi Pendaftaran

png
SMP SMA
sd
tk
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top