80 Orang Mahasiswa dan Peserta Umum Hadiri Pelatihan Penulisan Jurnal

30 April 2018 | Dibaca : 400x | Oleh : Bambang Irawan
80 Orang Mahasiswa dan Peserta Umum Hadiri Pelatihan Penulisan Jurnal

Puluhan peserta mahasiswa dan peserta umum mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel dan Jurnal Ilmiah yang diselenggarakan pada 28 April 2018, dengan pembicara Dr. Chaerul Rochman, M.Pd., dosen Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri SGD Bandung. Dengan diikuti oleh mahasiswa dari 6 universitas dan peserta umum, antusiasme peserta pelatihan sangat tinggi.

Bertempat di Aula SMP Al Ma’soem sekitar 80 orang peserta mengikuti pelatihan ini. Jumlah yang cukup banyak mengingat ini pertama kalinya ASIC menyelenggarakan kegiatan penulisan jurnal. Menurut Ketua Pelaksana ASIC Fair 2018 sekaligus Ketua KIR – ASIC Syauqiyyah Syahlaa, berbagai rangkaian kegiatan yang dilansgungkan dalam ASIC FAIR 2018 adalah dalam rangka untuk meningkatkan minat generasi muda pada sains.

“Kami berharap kegiatan ini (ASIC FAIR) dapat menjadi solusi berbagai permasalahan guna menciptakan insan-insan intelektual yang handal dalam bidang ilmu pengetahuan dan kreativitas remaja. Pengembangan inovasi dan kreativitas generasi muda terhadap dunia sains diharapkan dapat selalu berkembang melalui ASIC Fair ini,” ungkapnya.

Suhendar, salah seorang mahasiswa peserta pelatihan menyambut baik dilangsungkannya kegiatan ini. “Jarang-jarang ya ada Pelatihan Penulisan Artikel dan Jurnal Ilmiah, salin bisa membantu kita untuk penulisan skripsi nanti, ini juga bisa kami manfaatkan sebagai sarana untuk mengembangkan minat kita sebagai mahasiswa dalam menulis, khususnya penulisan artikel dan jurnal ilmiah.”      

Dalam paparannya, Dr. Chaerul Rochman, M.Pd., memberikan beberapa tips untuk mendorong mahasiswa yang akan mengajukan artikel ataupun jurnal ilmiahnya untuk tidak takut memasukan hasil karyannya jurnal yang dianggapnya sulit untuk ditembus.

Apabila artikelnya ditolak dengan sebuah catatan dari auditor jurnal yang dituju, maka catatan itu dapat digunakan sebagai alat perbaikan terhadap artikel yang ditolak tersebut. Selanjutnya artikel yang sudah diperbaiki, dapat dimasukkan kembali pada jurnal yang memiliki grade di bawah jurnal yang sebelumnya.

Apabila ditolak kembali dengan sebuah catatan, maka lakukan hal yang sama dengan sebelumnya. Dengan cara begitu, artikel mahasiswa tersebut semakin lama akan semakin baik karena selalu diperbaiki berdasarkan catatan-catatan dari para auditor berbagai jurnal yang terindeks.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Kegiatan Al Ma'soem
17 Februari 2015
[gallery ...
Siswa SMP Al Ma'soem dipanggil Pra-Seleksi Timnas U-15
2 Maret 2017
Para peserta didik Yayasan Pendidikan Al Ma’soem merupakan generasi yang dibina untuk tidak hanya dapat bersaing dan unggul dalam segi akademis saja, tapi ...
Siswa SMP Al Ma’soem Dapatkan Penghargaan dengan Hafalan Tahfidz
1 Februari 2017
Program One Day Three Ayat Yayasan Al Ma’soem Bandung sudah berjalan selama lebih kurang satu semester lebih, dan alhamdulillah sudah banyak siswa SMP Al ...
Beasiswa Kriteria Akhlak Semester Ganjil SMA Al Ma'soem 2017
23 Agustus 2017
Yayasan Al Ma’soem Bandung kembali berikan Beasiswa Kriteria Akhlak kepada 19 siswa/siswi SMA Al Ma’soem kelas XI dan kelas XII, disela-sela ...
Penyelenggaraan Kegiatan Sosial dalam Menyambut Milad PT Ma’soem dan Haul keluarga Ma’soem.
30 Juli 2015
Dalam rangka milad PT Ma’soem ke-42, Haul ke-14 H. Ma’soem, Haul ke-8 Hj. Siti Aisyah, dan Haul pertama untuk H. Nanang Iskandar Ma’soem berbagai macam ...
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAMB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

 

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top