44 Orang Guru SMP Al Ma’soem Kembali Ikuti Pelatihan K-13

17 Maret 2019 | Dibaca : 546x | Oleh : Bambang Irawan
44 Orang Guru SMP Al Ma’soem Kembali Ikuti Pelatihan K-13

Untuk lebih menyempurnakaan sistem K-13 yang sudah berjalan, pada Sabtu (16/3) kemarin guru-guru SMP Al Ma’soem kembali mengikuti pelatihan mengenai Kurikulum 2013 (K-13) yang diselenggarkan di Aula SMP Al Ma’soem dan diikuti oleh sekitar 44 orang staf pengajar. Pelatihan K-13 kali ini dititik beratkan kepada Evaluasi dan Penilaian serta Penyusunan Administrasi K-13 yang sudah berjalan di SMP Al Masoem, dengan pembicara Dr. Safari, M.A., PU., Peneliti Utama pada PUSPENDIK BALITBANG KEMDIKBUD.

“Pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru berhasil menerapkan konsep Kurikulum 2013 (K-13) di kelas serta bagaimana penerapan proses belajar yang baik selama di kelas. Kemudian proses pembelajaran harus dikedepankan dalam memberikan penilaian atas hasil belajar. Karena melalui proses pembelajaran ini akan terbentuk karakter peserta didik. Sehingga peserta didik akan termotivasi menjadi seorang yang kreatif, inovatif, dan memiliki daya saing yang tinggi.

Adapun yang perlu diperhatikan dalam Kurikulum 2013 ini antara lain bahwa materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu, penjelasan tutor, respon peserta didik, dan interaksi edukatif tutor dengan para peserta dididk. Dengan begiru bisa mendorong dan menginspirasi peserta didik untuk berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah serta mengaplikasikan materi pembelajaran,” ungkap Dr. Safari, M.A., PU., saat kegiatan berlangsung.

Kepala Sekolah SMP Al Ma’soem, Udin Nashruddin, M. Si., M.M., menyambut baik kegiatan yang dilangsungkan selama satu hari penuh ini, ia berharap agar para staf pengajar SMP Al Ma’soem mampu meningkatkan kualitas yang ada dan memberikan hasil yang memuaskan.

“Harapannya setelah mengikuti kegiatan pelatihan Kurikulum 2013 ini para guru mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tuntutan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran dan penilaian Kurikulum 2013. Mudah-mudahan hasil evaluasi dan penilaian yang dilakukan hari ini bisa membantu kami pengajar meningkatkan kualitas yang sudah ada agar menjadi lebih baik lagi,” kata beliau.

Sekolah SMP Al Ma’soem dengan ditunjang dengan fasilitas dan prasarana yang sangat memadai agar siswa bisa lebih mengembangkan setiap kemampuan dan potensi yang mereka miliki. Kualitas pengajar SMP Al Ma’soem yang professional dan handal sangat mendukung perkembangan setiap siswa, dan dengan meningkatkan kualitas para pengajarnya dengan membekali mereka dengan pengetahuan mengenai kurtilas akan semakin memberikan keleluasaan dalam mengembangkan setiap potensi siswa.

Semoga dengan semakin baik lagi sistem kurikulum yang tengah dijalankan di SMP Al Ma’soem akan memberikan manfaat yang sesuai dengan yang diharapkan, dan lebih jauh lagi semoga dapat semakin meningkatkan pertumbuhan minat, bakat dan potensi setiap peserta didik.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Mudah Menghujat tetapi tidak mudah intropeksi diri !!
9 Januari 2020
Foto : www.kumparan.com Opini,- Memang potret manusia saat ini sangat aneh aneh dan lucu, mungkin saya sebut seperti nano nano !! Kelucuan itu tidak ...
Kebersihan Yayasan Al Ma'soem Bandung selalu menjadi prioritas pertama
8 Juli 2019
                Kebesihan adalah sebagian dari Iman. Salah satu kata yang simple ...
M. Sonhaji Raih Juara I Kejuaraan Taekwondo Tingkat Provinsi
28 Februari 2019
Sonhaji siswa SMA Al Ma’soem kembali menorehkan prestasi yang impresif dalam bidang olahraga Taekwondo. Sonhaji berhasil meraih Juara I (1st Place) pada ...
Skate Park untuk Menunjang Kegiatan Ekskul Siswa
11 Agustus 2015
Banyak macam-macam kegiatan ekstrakulikuler yang bisa diikuti oleh peserta didik untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki selama bersekolah. Berbagai ...
Seminar Hypnoteaching Pengajar Al Ma’soem
20 September 2016
Sabtu (17/9) kemarin Yayasan Al Ma’soem Bandung menggelar seminar Hypnoteaching bagi para pengajar SD, SMP dan SMA Al Ma’soem untuk memberikan ...
asdadhadkadh
pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top