265 Guru & Dosen Al Ma'soem Mendapat Vaksinasi Covid-19

30 April 2021 | Dibaca : 48x | Oleh : Mohamad Ramdan
vaksinasi covid 19 untuk tenaga pengajar

Vaksinasi covid-19 di Indonesia mulai digencarkan pemerintah Republik Indonesia sejak Januari 2021. Presiden Joko Widodo adalah orang pertama yang mendapat suntik vaksin di Istana pada Rabu, 13 Januari 2021. Selain Jokowi, sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat juga ikut mendapat vaksin pada kesempatan tersebut.

Saat ini pemerintah sedang fokus memberikan vaksin kepada 40.349.049 orang, yang terdiri dari SDM kesehatan, petugas publik dan lansia. Dikutip dari situs resmi pemerintah covid19.go.id, sampai 29 April 2021 sebanyak 12.280.765 sudah mendapat vaksin tahap 1 dan 7.566.371 vaksin tahap 2.

Tenaga pendidik dan kependidikan, termasuk guru dan dosen merupakan pelayanan publik dan salah satu kelompok yang mendapat prioritas vaksinasi covid-19. Terutama guru dan dosen yang ada di Ibu kota negara dan provinsi yang ada di wilayah Jawa - Bali, karena wilayah tersebut yang menunjukkan penyebaran covid yang cukup tinggi.

Saat ini masyarakat muslim tengah menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan khususnya di Indonesia, namun program vaksinasi Covid-19 terus berjalan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa bahwa menerima suntikan vaksinasi Covid-19 di siang hari tidak membatalkan puasa.

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa vaksinasi memiliki tiga manfaat utama. Pertama, melindungi penerima vaksinasi. Kedua, menciptakan kekebalan kelompok. Ketiga, memberikan perlindungan bagi orang di sekitar penerima.

Yayasan Al Ma'soem Bandung menyambut baik program pemerintah dalam program vaksinasi covid-19. Selain tetap manjaga prokes covid-19, upaya pencegahan dengan vaksinasi ini dinilai lebih tepat untuk saat ini.

Yayasan Al Ma'soem bekerjasama dengan Dinkes Kab. Sumedang mengadakan Vaksinasi Covid-19 untuk guru, ustadz dan dosen serta tenaga pendidik lainnya yang berada di bawah binaan Yayasan Al Ma'soem Bandung. 

Menurut Asep Halim, humas Al Ma'soem mengatakan bahwa sebagian tenaga pendidik, seperti kepala sekolah dan pengelola Yayasan sudah mendapat suntik vaksin di bulan Maret lalu, sudah tahap 1 dan 2.

Selanjutnya kata Halim, kegiatan vaksinasi hari ini untuk guru TK, SD, SMP, SMA, Ustadz dan Dosen Al Ma'soem akan dilaksanakan di Dome Kampus Al Ma'soem pada Jumat, 30 April 2021 mulai pukul 08.00 WIB, rencananya sekitar 265 orang akan divaksin pada hari ini.

Harapannya setelah ikhtiar vaksin untuk tenaga pendidik ini rampung, nanti awal tahun ajaran baru Juli 2021 kegiatan belajar mengajar bisa dilaksanakan secara tatap muka, pungkasnya.

Di tempat yang sama Asep Sujana selaku Direktur Pendidikan mengungkapkan, "Sebanyak 265 guru, dosen dan tenaga kependidikan mengikuti vaksinasi Covid-19 termasuk tenaga keamanan, tenaga sarana," 

Dia menambahkan, sesuai dengan arahan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim yang membolehkan pembelajaran tatap muka dengan berbagai syarat yang ditentukan pemerintah.

"Salah satunya adalah Vaksinasi Covid-19 bagi guru, dosen dan tenaga kependidikan termasuk tenaga pendukung proses pembelajaran. Diharapkan para guru, dosen dan tenaga kependidikan memiliki kekebalan tubuh lalu berdampak kepada kekebalan kelompok," katanya.

Sementara itu, puluhan pengurus Yayasan Al Ma'soem Bandung sudah mengikuti vaksinasi sebanyak dua kali. "Untuk hari ini baru vaksinasi pertama kali. Namun dari kebutuhan vaksinasi bagi 880 orang baik guru, dosen, tenaga kependidikan maupun karyawan Al Ma'soem Group baru disetujui 265 orang akibat keterbatasan jumlah vaksin," ujarnya.

Sedangkan Kepala SMA Al Ma'soem, Deni Purwadi mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya vaksinasi bagi para guru dan tenaga kependidikan ini.

"Saya ikut divaksinasi sebagai upaya untuk menambah kekebalan tubuh. Ini pemberian vaksin pertama dan nanti akan ada vaksinasi tahap kedua. Harapannya minimal tubuh akan lebih kebal terhadap serangan Covid yang masih merajalela," katanya.

Deni menambahkan, vaksinasi ini juga sebagai persiapan untuk pembelajaran tatap muka secara terbatas. "Ya semoga mudah-mudahan pembelajaran tatap muka bisa terlaksana karena sudah setahun lebih melaksanakan belajar daring," ujarnya.

Dia mengaku tidak ada rasa sakit saat divaksinasi termasuk tidak ada efek samping."Memang banyak hoaks yang menyebar soal efek samping vaksinasi Covid ini. Alhamdulillah saya merasa tidak ada efek sampingnya dan semoga tidak ada," tutupnya.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Al Ma’soem bantu korban bencana di Sumedang.
11 Januari 2021
Almasoem.sch.id,- Bencana alam berupa banjir dan longsor yang terjadi di Cimanggung Sumedang pada Sabtu, 9 Januari 2021 masih menyisakan kesedihan bagi kita ...
Pesantren Siswa Al Ma'soem, Sementara Tertutup dari Kunjungan Umum
21 Agustus 2020
Almasoem.sch.id,- Pesantren siswa Al Ma'soem sudah mulai memasukan santrinya ke Pondok, dengan persyaratan yang amat sangat detail sesuai dengan protokol ...
Pentingnya Dukungan Fasilitas dalam Pengembangan Pembelajaran yang Efektif
23 Maret 2021
deskripsi: Fasilitas sekolah yang baik akan sangat berpengaruh dalam membangun proses pembelajaran yang efektif. Selain akan terasa nyaman, siswa akan ...
guru terbaik
24 Maret 2021
Almasoem.sch.id,- Mengajar adalah aktivitas kompleks yang dilakukan guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa, sehingga terjadi proses belajar. ...
25 Januari 2017
Satu lagi, siswa SMA A Ma’soem yang kembali berhasil mengharumkan nama sekolah dalam kompetisi tingkat nasional. Torehan prestasi yang baik ini ditorehkan oleh siswa kelas XI – IPA 5, Yudhistira dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Taekwondo UPI Challenge Tahun 2016. Kejuaraan yang ...

Informasi Pendaftaran

png
SMP SMA
sd
tk
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top