2019 Siswa Al Ma'soem Bebas Hoax

6 September 2019 | Dibaca : 281x | Oleh : Mohamad Ramdan
2019 Siswa Al Ma'soem Bebas Hoax

Bandung,- Dijaman serba telunjuk ini  berita bisa dengan sangat mudah mengalir, baik itu ke perkampungan, perkotaan, daerah daerah pesisir bahkan ke negeri seberang. selain banyak sekali akses berita yang bisa diraih hanya dengan telunjuk dan ibu jari, penyebaran Informasi juga mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Tidak seperti jaman dahulu dimana media masa masih berbentuk koran atau siaran diradio dan televisi.

Masa modern ini berita bisa diakses dimana saja. saking mudahnya, membuat manusia menjadi lebih "santuy" dalam mengaksesnya. namun dari sisi positif itu tersebarlah banyak berita bohong yang seakan menjadi virus baru di kalangan pelajar maupun masyarakat. berita bohong yang sering kita sebut sebagai berita HOAX itu kadang dengan mudahnya memprovokasi dan mempengaruhi orang orang. nah berikut ada beerapa tips agar tidak terjerat berita hoax diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Cek atau cari narasumber dari Informasi tersebut

Cek dan mencaritahu dimana sumber informasi yang kita dapatkan adalah sesuatu tips terbaik bagi anda yang mendapatkan berita berita atau informasi yang sedang viral. cara mengceknya sangat mudah, jika sumber tersebut berasal dari situs yang "aneh" dan tidak bisa dipertanggungjawabkan beritanya maka bisa jadi berita yang mereka sebarkan adalah berita hoax. jika sumber sumbernya terpercaya seperti dalam sebuah web koran harian ataupun dalam sebuah lembaga besar seperti Al Ma'soem maka dapat dipastikan setiap berita yang disajikan berita yang pasti akan keadaannya dan dapat dipetanggung jawabkan.

2. Antisipasi Judul Berita yang Provokatif

Nah ini yang sering pembuat berita buat yaitu adalah sebuah judul berita yang provokatif. jenis judul berita seperti ini memang dapat memikat para pembaca untuk terjerat karena rasa penasarannya, namun untuk memastikan kebenaran berita tersebut pembaca bisa mencari sumber yang lain untuk mencari tahu apakah berita tersebut beanr adanya atau hanya kebohongan belaka??
 

3. waspada pada gambar yang dikirimkan

selain berita ada juga gambar atau foto yang disebarluaskan padahal kebenaran dari foto tersebut belum tentu adanya. yang pasti cari sumber foto tersebut dan jangan terbuai dengan sesuatu yang menggiurkan atau memprovokasi, karena belum tentu semua yang anda temukan adalah sesuatu yang benar adanya.

4. Baca secara menyeluruh

Kebiasaan setiap orang adalah membaca sebuah berita tetapi hanya setengah setengah dan akhirnya berita tidak komplit tersebut dia simpulkan sendiri.kesalahan seperti ini marak terjadi terutama di Indonesia selain karena orang orang indonesia yang malas membaca kebanyakan juga banyak sekali yang terlalu santuy. namun jika kesantaian itu memberikan efek positif seperti tidak mudah terprovokasi berita hoax maka itu adalah kelebihan yang harus kita banggakan

5. Jangan Langsung Menshare Berita

ini adalah kebiasaan buruk orang adalah langsung menshare berita padahal belum tahu kebenarannya. stop kebiasaan seperti ini selain dapat memprovokasi mereka yang lemah akan informasi dan berita, hal semacam ini juga dapat membuat berita hoax itu menyebar dengan cepat, maka biasakan diri untuk mencari tahu dulu semuanya baru menshare jika memang harus.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

1000 Santri PSAM Ramaikan Kegiatan Rihlah
16 Agustus 2016
Untuk menumbuhkan kebersamaan dan tali silaturahmi antar santri, para santri Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM) disertai oleh para pembimbing dan pengelola ...
Sekolah Daring Antara Pro dan Kontra
20 Juli 2020
Almasoem.sch.id,- Kalau berbicara tentang kuliah daring, sepertinya itu menjadi hal yang biasa.. lah namanya mahasiswa itu sudah selangkah lebih dewasa ...
image1by Siti Suwarni - A Report of the Pearson Workshop Pearson Indonesia conducted a teacher training session on Saturday, February 20th, 2016 in Golden Flower Hotel. The participants were English teachers from many schools in Bandung. Al Ma’soem Elementary and Junior High School English teachers attended the workshop, too. Mr. Julius C. Martinez was a speaker and had given an amazing subject about how to engage the English class. As multidimensional concept, classroom engagement in an English class should receive the utmost understanding as well as applications by the parties involved. Teachers as classroom designers should be the first to engage in the preparation and execution of a teacher session. How to engage our English class? Mr. Julius opened the session by asking the participants to write as much as they could the using of rubber bands. It’s really a good opening activity to make sure the participants’ involvement. Then, he explained or reminded all teachers that there are four questions the students/learners usually ask to determine their involvement in the English class. Those questions are; How do I feel? Am I interested? Is this important? Can I do that? Moreover, he emphasized that to get the engagement of the students, the teacher should be able to apply effective strategies. What strategies could the teacher use to make the students feel positive in class? Feeling positive is an important thing. If the students do not feel positive in class, it means they will not engage. There are some aspects of learners’ emotions that affect their engagement. They are students’ energy levels, teacher’s personality, and students’ perceptions of acceptance by teachers and peers. The strategies can be used:
  1. Use effective pacing.
The teacher should know and understand the background of the students. She/he can explain and speak clearly, not too fast or not too slow.
  1. Incorporate physical movements.
The teacher should have a good gesture or body language while explaining, so the students can get information and train their concentration.
  1. Demonstrate intensity and enthusiasm.
In this case, the teacher should move around the class or never sit while teaching.
  1. Use humor.
In fact, not everybody has a good sense of humor and feels hard to create a good humor, they can just use some funny videos, short film or pictures from various resources.
  1. Build positive teacher-student and peer relationship.
22 Februari 2016
by Siti Suwarni - A Report of the Pearson Workshop Pearson Indonesia conducted a teacher training session on Saturday, February 20th, 2016 in Golden Flower ...
BEM AMIK & STIBANKS Selenggarakan Shalat Istisqa
30 Oktober 2015
BEM Amik dan Stibanks Al Ma’soem menggelar Shalat Istisqa atau shalat meminta hujan di lapangan basket Yayasan Pendidikan Al Ma’soem (YPAM). Hari ini ...
LDKS SMP Al Ma'soem: Latih Kemandirian & Kepemimpinan
27 November 2016
Yayasan Al Ma’soem Bandung, Sabtu (26/11) – SMP Al Ma’seom menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) OSIS dan MPK bagi para peserta ...

Informasi Pendaftaran

png
Dr Tonton
Doktor Wisuda
SMP SMA
sd
tk
online
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top