DSC_0104 (Large)

Rancaekek – TK Al Ma’soem Kamis (26/5) kemarin menggelar kegiatan perpisahan bagi siswa/siswi TK B yang diselenggarakan di area lapangan TK Al Ma’soem di Jl. Raya Rancaekek No.18 Munggang. Acara perpisahan diramaikan juga dengan kegiatan penampilan seni dari para peserta didik PG & TK Al Ma’soem.

Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 s/d 11.30 ini ikut dihadiri juga oleh para orang tua siswa PG dan TK Al Ma’soem. Acara perpisahan ikut diramaikan juga dengan Pentas Kreasi Seni PG dan TK Al Ma’soem yang bertemakan Kreatif, Cerdas dan Mandiri ini menampilkan berbagai macam penampilan kesenian dari para peserta didik. Penampilan kesenian yang ditampilkan seperti; menyanyi, menari, baca puisi, pidato, da’wah, hafalan surat, membaca Al Qur’an, bermain musik, dongeng, serta penampilan kesenian lainnya.

Kegiatan perpisahan dibuka dengan penyerahan kenang-kenangan dari Persatuan Orang Tua Murid & Guru (POMG) PG dan TK Al Ma’soem, yang diwakili oleh salah satu orang tua murid kepada Pimpinan Div. Dikti dan Nonformal Al Ma’soem Drs. Yudhy Sirojudin, M.ag.

Siswa/siswi PG dan TK Al Ma’soem satu-persatu menampilkan performa terbaiknya di atas panggung kreasi yang sudah disediakan sebelumnya oleh pengelola. Menurut  Drs. Yudhy Sirojudin, M.ag., kegiatan ini digelar sebagai apresiasi kepada para siswa/siswi TK B yang akan segera melanjutkan pendidikannya ke sekolah dasar. Selain itu sebagai wahana untuk para siswa/siswi PG dan TK Al Ma’soem untuk berani tampil di hadapan orang banyak.

“Sebagai apresiasi kepada siswa/sisiwi TK B Al Ma’soem yang akan segera meninggalkan TK dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang selanjutnya. Juga sebagai wadah untuk memotivasi potensi, bakat dan minat seluruh peserta didik PG dan TK Al Ma’soem untuk menampilkan kemampuan yang mereka miliki dihadapan orang banyak,” terang Yudhy.

Senada dengan pernyataan Yudhy, Kepala Sekolah TK Al Ma’soem Puji Sulastri menerangkan bahwa kegiatan digelar sebagai sarana untuk melatih siswa/siswi untuk berani tampil didepan panggung. “Para siswa dan orang tua menyambut baik kegiatan pentas seni ini, dan melalui kegiatan ini para siswa dilatih untuk berani tampil di hadapan orang,” terang Puji.

IMG-20160421-WA0000

Jatinangor – Untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari ini (21/4), segenap pengelola, guru, orang tua dan murid TK Al Ma’soem menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk menyambutnya.

Semangat hari kartini ditunjukan siswa siswi TK Al Ma’soem dengan menampilkan berbagai kegiatan pentas seni. Dengan mengenakan berbagai pakaian khas daerah siswa siswi TK Al Ma’soem terlihat sangat bersemangat menunjukan bakat dan kemampuan mereka dalam bernyanyi, menari, membaca puisi, membaca Al Qur’an, serta hafalan surat-surat.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh orang tua siswa ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan di TK Al Ma’soem setiap tahunnya. Menurut Kepala Sekolah TK Al Ma’soem Puji Sulastr,i selain untuk menghormati dan memperkenalkan tokoh nasional Indonesia R.A Kartini kepada peserta didik, kegiatan ini digelar untuk mengembangkan minat, bakat dan potensi yang mereka miliki.

“Kegiatan ini digelar dengan harapan untuk memperkenalkan sosok tokoh nasional R.A Kartini kepada para siswa, serta sebagai ajang bagi mereka untuk menunjukan bakat dan potensi yang mereka miliki,” terang Puji.

“Kecerdasan anak tidak hanya seputar ilmu pengetahuan dan akademis saja, tapi bisa juga pada bidang olahraga, kesenian, musik, dan keterampilan lainnya,” tambah Puji. Kehadiran orang tua dalam acara ini menambah meriah suasana, banyak dari mereka sengaja meluangkan waktu dari kesibukannya untuk menyaksikan putra/putrid mereka tampil dalam kegiatan ini.

Salah satu orang tua saat ditemui di sela-sela kegiatan acara menyampaikan rasa senangnya dengan berlangsungnya kegiatan ini. Menurutnya melalui kegiatan ini, bakat dan kemampuan para siswa dapat ikut terasah. “Kami sebagai orang tua merasa sangat senang dengan adanya kegiatan ini, kemampuan anak-anak kami bisa ikut terasah dengan berani tampil di depan panggung,” terangnya.

image5

Masih dalam rangkaian program kegiatan educational-trip yang rutin diselenggarakan oleh TK Al Ma’soem, Rabu 24 Februari 2016 beberapa waktu lalu, siswa TK Al Ma’soem melakukan kunjungan ke Balai Pengamatan Antariksa dan Antmosfer (BPAA) Pamulihan – Sumedang.

Sekitar pukul 10.30 rombongan TK Al Ma’soem tiba di Balai Pengamatan Antariksa dan Antmosfer (BPAA) Sumedang – LAPAN dengan didampingi oleh para guru pembimbing dan orang tua siswa TK Al Ma’soem. Disambut oleh staff BPAA, rombongan TK Al Ma’soem diajak untuk menyaksikan pemutaran video mengenai tata surya.

Para siswa terlihat begitu antusias ketika mereka diajak untuk menyaksikan pemutaran video tentang pengenalan tentang tata surya. Staff BPAA juga turut menyampaikan tentang fenomena alam yang sebentar lagi akan terjadi, yaitu Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Tak lupa pula turut menghimbau para siswa agar tidak melihat gerhana secara langsung, karena dapat membahayakan kesehatan mata mereka.

image4 (2)

Selain pemutaran video mengenai tata surya, para siswa diajak pula untuk menyaksikan matahari melalui teropong yang terdapat di Gedung Antariksa LAPAN. Namun sayang cuaca saat itu mendung sehingga menyebabkan matahari tidak dapat terlihat dengan jelas.

Menurut kepala TK Al Ma’soem Puji Sulastri, kegiatan ini merupakan bagian dari program educational-trip dari TK Al Ma’soem yang diselenggarakan secara rutin untuk para siswanya. “Kunjungan ke Balai Pengamatan Antariksa dan Antmosfer (BPAA) Sumedang – LAPAN ini merupakan bagian dari program educational-trip yang rutin kami selenggarakan setiap tahunnya,” terang Puji.

Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai antariksa khususnya tata surya kepada para siswa. “Dengan melalui penayangan video dan games dari pihak LAPAN para siswa TK Al Ma’soem diberikan pengetahuan mengenai planet dan tata surya. Mereka juga bahkan sempat diajak untuk menyaksikan matahari melalui teropong,” papar Puji.

“Kegiatan Outdoor-learning TK Al Ma’soem ke Balai Pengamatan Antariksa dan Antmosfer – LAPAN ini semoga dapat memberikan manfaat bagi para siswa dan siswi TK Al Ma’soem,” tutup Puji.

Bulan lalu tepatnya pada Sabtu, 14 November 2015 adik-adik dari TK Al Ma’soem mengikuti lomba mewarnai yang diadakan oleh SD Al Ma’soem. Bertempat di dome Yayasan Pendidikan Al Ma’soem dengan diantar oleh para guru pembimbing dan orang tua siswa, adik-adik dari TK Al Ma’soem mengikuti kegiatan ini dengan semangat.

(more…)


Hit Counter provided by costa mesa dentist