Sekolah Dasar

IMG_8402 (Large)

Beberapa waktu lalu Sekolah SD Al Ma’soem berhasil menorehkan prestasi dalam Lomba Budaya Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar tingkat Jawa Barat 2015 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Pada hari Senin (14/12) kemarin Kepala Sekolah SD Al Ma’soem, Ahmad Zeni, S.S menerima penghargaan sebagai Juara III Manajemen Berbasis Sekolah dalam lomba tersebut dan berhak atas trofi dan piagam penghargaan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Kejuaraan yang diikuti oleh seluruh sekolah dasar se-Provinsi Jawa Barat ini berlangsung sejak bulan Juni lalu dan melalui beberapa tahapan seleksi sebelum dipilih lima sekolah terbaik untuk bersaing di tingkat provinsi. Sekolah peserta tepilih untuk ikut berlomba di tingkat provinsi sebelumnya diminta untuk mengirimkan terlebih dahulu portfolio sekolah, yang kemudian diikuti dengan presentasi dari kepala sekolah masing-masing.

Tahapan seleksi pertama yang diikuti oleh SD Al Ma’soem sebelum ikut bersaing di tingkat provinsi adalah dengan mengikuti seleksi tingkat kecamatan Jatinangor. Di tahapan seleksi kecamatan ini, SD Al Ma’soem bersaing dengan sekolah-sekolah SD dari seluruh kecamatan Jatinangor yang berjumlah sekitar 30 sekolah. Alhamdulillah, SD Al Ma’soem berhasil meraih Juara I dan berhak mewakili kecamatan Jatinangor untuk bersaing di tingkat kabupaten. Tahapan seleksi berikutnya adalah bersaing dengan sekolah-sekolahlainnya di tingkat kabupaten Sumedang untuk memperebutkan hak mewakili kabupaten Sumedang di kejuaraan tingkat provinsi. Dan Alhamdulillah SD Al Ma’soem kembali meraih Juara I dan mewakili kabupaten Sumedang dalam kejuaraan tingkat provinsi.

Poin-poin penting yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SD Al Ma’soem, Ahmad Zeni, S.S dalam Manajemen Berbasis Sekolah di SD Al Ma’soem adalah:

  1. Komponen Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran
  2. Komponen Manajemen Peserta Didik
  3. Komponen Manajemen Pendidik dan Kependidikan
  4. Komponen Manajemen Sarana dan Prasarana
  5. Komponen Manajemen Pembiayaan
  6. Komponen Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat
  7. Komponen Manajemen Budaya dan Lingkungan

Lomba Budaya Mutu Pembelajaran ini merupakan suatu bentuk apresiasi pemerintah akan kinerja sekolah, terutama yang berkaitan dengan aspek pembelajaran, ektrakurikuler, pendidikan karakter dan aspek-aspek lainnya yang bisa menjadikan sekolah sebagai benchmark untuk sekolah-sekolah disekitarnya.

IMG-20151215-WA0003

Kepala Sekolah sebagai manajer, dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengelola sekolah termasuk guru-guru, tenaga administrasi, siswa, orang tua murid dan civitas sekolah lainnya agar secara bersama-sama menciptakan budaya sekolah yang harmonis.

Alhamdulillah, dengan mendapatkan Juara III dalam Lomba Budaya Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar tingkat Jawa Barat 2015 ini, SD Al Ma’soem akan lebih termotivasi untuk memberikan upaya terbaiknya guna meningkatakan mutu sekolah agar menjadi lebih baik dan bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi di tahun depan.

Categories: Artikel

Popular Posts

Selamat datang

Assalamu`alaikum Wr. Wb Tidak ada yang melebihi rasa syukur kami kehadirat ...

Berkreasi dalam Geby

Jum’at (18/12) SD Al Ma’soem kembali menggelar salah satu Program ...

Program Hari-hari SD

Part II Selasa (9/6/2015), kegiatan program hari-hari di SD Al Ma’soem ...

Program Hari-hari di

Part III Pengembangan kreativitas siswa melalui program Hari-hari SD Al Ma’soem ...

SD Al Ma’soem Full

Sekolah Dasar yang mengadopsi sistem pembelajaran full day belakangan ini ...