Sekolah Dasar

Edukasi Lingkungan di SD Al Ma’soem

Posted on 10 December 2015

IMG_5994 (Large)

Jum’at (6/11) SD Al Ma’soem mengadakan kegiatan edukasi lingkungan untuk para siswa kelas 4, 5 dan 6 dengan mengundang tim Mobile Panda dari organisasi lingkungan hidup WWF Indonesia. Selain untuk memperkenalkan tentang satwa langka pada para siswa SD, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan aware para anak-anak terhadap lingkungan sekitarnya. SD Al Ma’soem mengadakan edukasi lingkungan ini melalui kerja sama dengan mahasiswa Fakultas Kimia Universitas Padjadjaran dan World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia.

Tema yang diangkat untuk acara kegiatan kali ini adalah Kehidupan Konservasi Satwa dan Lingkungan. Para siswa disibukan dengan berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan bagaimana mereka bisa ikut berperan serta dalam kegiatan konservasi lingkungan. Mereka diajarkan bagaimana melakukan recycle barang-barang yang tak terpakai, bagaimana memanfaatkan (reusing) barang-barang yang ada di sekitar mereka, serta diperlihatkan juga melalui video bagaimana manfaatnya jika mereka bisa ikut melestarikan lingkungan. Para siswa diperkenalkan juga dengan berbagai macam satwa yang hampir punah di Indonesia dan bagaimana kegiatan recycle dan reusing secara tidak langsung dapat membantu satwa-satwa tersebut.

IMG_5973 (Large)

Kunjungan truk edukasi WWF Indonesia, Panda Mobile adalah dalam rangka untuk menyebarkan pesan konservasi kepada para siswa melalui kegiatan kampanye dan edukasi yang di usungnya. Melalui game-game edukasi bertemakan lingkungan dan sosialisasi kegiatan-kegiatan yang bisa ikut menjaga dan melestarikan lingkungan, para mahasiswa Fakultas Kimia Unpad dan tim Mobile Panda mengajarkan siswa/siswi SD Al Ma’soem untuk bisa lebih menghargai dan mengerti akan manfaat lingkungan terhadap setiap bentuk kehidupan yang ada di bumi ini.

Dengan melaksanakan kegiatan edukasi lingkungan ini, SD Al Ma’soem mencoba untuk ikut mengembangkan pengetahuan siswa/siswinya akan lingkungan sekitar mereka. Seperti yang disampaikan oleh kepala sekolah SD Al Ma’soem Ahmad Zeni, S.S “Selain utnuk memberikan pengalaman pendidikan diluar kelas, kegiatan ini juga berfungsi sebagai wadah untuk meningkatkan awareness para siswa/siswi SD Al Ma’soem untuk ikut menjaga lingkungan sekitar mereka,” terangnya.

Categories: Uncategorized

Popular Posts

Selamat datang

Assalamu`alaikum Wr. Wb Tidak ada yang melebihi rasa syukur kami kehadirat ...

Berkreasi dalam Geby

Jum’at (18/12) SD Al Ma’soem kembali menggelar salah satu Program ...

Program Hari-hari SD

Part II Selasa (9/6/2015), kegiatan program hari-hari di SD Al Ma’soem ...

Program Hari-hari di

Part III Pengembangan kreativitas siswa melalui program Hari-hari SD Al Ma’soem ...

SD Al Ma’soem Full

Sekolah Dasar yang mengadopsi sistem pembelajaran full day belakangan ini ...