Pesantren

Yayasan Al Ma’soem Bandung Gelar Shalat Gerhana

Posted on 9 March 2016- Total 669 viewed

IMG_9913 (Large)

Fenomena alam berupa gerhana matahari total yang terjadi ratusan tahun sekali akan terjadi pada pagi hari tanggal 9 Maret 2016. Menjadi langka dan istimewa karena gerhana matahari total ini tidak dapat disaksikan di seluruh wilayah bumi, kecuali di Indonesia. Indonesia menjadi satu-satunya negara yang paling beruntung karena dilalui oleh lintasan gerhana matahari total ini. Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan, matahari, dan bumi sejajar pada garis lurus.

Seperti yang sudah di sunahkan oleh nabi Muhammad S.A.W, berkaitan dengan fenomena gerhana matahari total yang terjadi pagi ini, segenap sivitas Yayasan Al Ma’soem Bandung menghadiri kegiatan shalat gerhana matahari (kusuf) yang dilaksanakan di dome Al Ma’soem. Menjadi imam dan khatib dalam pelaksanaan kegiatan shalat gerhana matahari ini, direktur muda Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM) Asep Abdul Halim, S.Sos.I.

Kegiatan yang diikuti juga oleh siswa SMP dan SMA Al Ma’soem ini berlangsung mulai pukul 7.20 hingga 8.30 pagi. Selain pelaksanaan shalat gerhana matahari (kusuf) diberikan juga tausiyah yang disampaikan oleh Asep Abdul Halim, S.Sos.I. Kegiatan shalat gerhana matahari ini dihadiri oleh sekitar 1000 orang lebih yang terdiri atas seluruh sivitas yayasan, karyawan dari PT. Masoem Group, warga sekitar yayasan serta siswa dan siswi SMP dan SMA Al Ma’soem.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan shalat gerhana matahari ini adalah untuk menjalankan sunah Rasul dan merupakan bagian dari muhasabah (perenungan) terhadap kebesaran Allah S.W.T. Selain itu kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran untuk siswa SMP dan SMA, serta sebagai kegiatan praktek pelaksanaan ibadah shalat gerhana matahari (kusuf) secara langsung.

Categories: Artikel