Pesantren

Serunya Ekstrakurikuler Berkuda

Posted on 21 March 2016- Total 928 viewed

IMG_7230 new (Large)

Berkuda seringkali diidentikan dengan kegiatan yang istimewa dan hanya bisa dinikmati oleh beberapa kalangan saja, oleh sebab itu olah raga berkuda kurang begitu diminati oleh masyarakat kita. Akan tetapi olah raga berkuda merupakan kegiatan yang dianjurakan oleh Rasulullah karena banyak hikmah yang bisa didapat dalam berkuda, dan sebagai seorang muslim kita tentu lebih berhak untuk mengamalkannya.

Untuk mengamalkan anjuran Rasulullah serta untuk lebih mengenalkan olah raga berkuda kepada para siswa dan siswinya, Yayasan Pendidikan Al Ma’soem menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler berkuda kepada peserta didik SMP, SMA dan santri PSAM.

Menurut kepala Pesantren Siswa Al Ma’seom (PSAM), Asep Abdul Halim, S.Sos.I penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler berkuda selain untuk melaksanakan anjuran dari Rasulullah kegiatan ini dapat bermanfaat sebagai sarana untuk mengembangkan potensi siswa. “Kegitan ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan karakter yang positif, mandiri, berani, percaya diri dan menambah daya konsentrasi mereka, selain itu kegiatan ini dapar menjadi sarana untuk mengamalkan anjuran Rasulullah,” terang Asep.

IMG-20160308-WA0002

Lebih lanjut Asep menambahkan “Semoga dengan adanya ekstrakurikuler olah raga berkuda ini, Al Ma’soem dapat melahirkan atlit-atlit berkuda yang dapat mengharumkan nama bangsa di kompetisi internasional.”

Bertempat di sekitar kampus Al Ma’soem, ekstrakurikuler yang sudah mulai berjalan selama beberapa minggu ini cukup banyak mendapatkan perhatian dari para peserta didik. Para siswa terlihat begitu bersemangat saat menyimak materi yang disampaikan oleh para pelatih. Mereka sudah mulai melakukan praktek seperti menuntun, mengarahkan dan menunggangi kuda.

Kuda-kuda yang digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler ini merupakan kuda-kuda milik keluarga Ma’soem sendiri, sehingga benar-benar terjamin kesehatan dan kondisinya. Para pelatih dan pengurus untuk ekskul berkuda ini juga merupakan orang-orang yang professional dan kompeten dibidangnya.

Untuk saat ini kegiatan ekstrakurikuler olah raga berkuda masih diperuntukan bagi para peserta didik SMP dan SMA (PSAM).

Categories: Artikel