Pesantren

I’tikaf – Majelis Ilmu & Eratkan Silaturahmi

Posted on 5 April 2016- Total 603 viewed

IMG_1226 (Large)

Yayasan Al Ma’soem Bandung (YAB) menyelenggarakan momen yang cukup berbeda dari biasanya, pada Jum’at, 1 April 2016 lalu yayasan mengundang orang tua santri Pesantren Siswa Al Masoem, segenap sivitas YAB, serta karyawan dan pengeleola PT. Masoem Group untuk menghadiri kegiatan i’tikaf di Masjid Pesantren Siswa Al Ma’soem.

Selain untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, tujuan diadakannya kegiatan i’tikaf ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus untuk memperkenalkan lebih jauh lagi mengenai aktivitas keseharian para santri Pesantren Siswa Al Ma’soem kepada para peserta yang hadir.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua Yayasan Al Ma’soem Bandung, Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi, MS saat membuka kegiatan i’tikaf di Masjid PSAM, “Sebagai salah satu usaha kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, alhamdulillah kegiatan ini dapat dilaksanakan. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi serta untuk memperkenalkan aktivitas para santri PSAM kepada para para peserta i’tikaf yang hadir.”

IMG_1217 (Large)

“Semoga para peserta yang hadir dapat meanfaatkan kegiatan ini sebagai majelis ilmu, orang-orang yang menghadiri majelis ilmu di masjid, berarti mendapatkan keutamaan sebagai orang yang memakmurkan masjid,” sambung beliau.

IMG_1205 (Large)

Kegiatan i’tikaf di Masjid PSAM ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan yayasan. Selain para orang tua santri serta karyawan dan pengelola PT. Masoem Group, santri PSAM terlihat mengikuti kegiatan i’tikaf ini. Kegiatan seperti shalat berjamaah, dzikir dan tadarus bersama, tausiyah, muzakarah serta makan bersama termasuk dalam rangkaian aktivitas yang dilaksanakan dalam kegiatan ini.

IMG_1200 (Large)

Sebagai pembicara pada tausiyah adalah Ustadz Tri Sarwoto yang menyampaikan materi mengenai Imaniyah, Mu’asyarah, Mu’amalah dan Akhlak. Melalui muzakarah kegiatan tanya jawab para peserta dengan Ustadz Tri berlangsung dengan menarik, beberapa orang santri bahkan memberikan beberapa pertanyaan mengenai materi yang diberikan.

IMG_1233 (Large)

Shalat malam di Masjid Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM) terasa sangat khusyuk, terlihat pula banyak santri PSAM yang ikut melaksanakan shalat malam. Walau kantuk masih terlihat pada wajah mereka, para santri terlihat begitu bersemangat melaksanakan shalat.

Alhamdulillah, rangkaian kegiatan i’tikaf yang pertama kali dieslenggarakan di Masjid PSAM berjalan dengan lancar dan tanpa halangan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh yayasan untuk lebih mendekatkan diri kita dengan Allah SWT.

Categories: Artikel