53% Siswa SMA Al Ma'soem Lulusan 2017 Masuk PTN

23 Agustus 2017 | Dibaca : 112x | Oleh : Bambang Irawan
53% Siswa SMA Al Ma'soem Lulusan 2017 Masuk PTN

PTN – Perguruan Tinggi Negeri merupakan tujuan utama para peserta didik SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, selain disebakan oleh kualitas dan sistem pendidikan yang yang tersedia, juga karena suatu kebanggaan untuk masuk PTN. Akan tetapi dengan sistem yang cukup ketat untuk masuk dan kuliah di PTN favorit, persiapan yang harus dijalani oleh para siswa/siswi SMA harus benar-benar matang dan terencana.

Di SMA Al Ma’soem Bandung perencanaan dan pengembangan kemampuan siswa agar siap masuk Perguruan Tinggi Negeri sudah diproyeksikan dari sejak mereka (siswa/siswi SMA Al Ma’soem) mengawali kegiatan belajar di sekola. Dari pengembangan kurikulum dan sistem pendidikan sampai dengan pemberdayaan pengajar, tenaga konselor serta pengadaan Petugas Penanganan Kelas Tiga (P2K3).

Penerimaan para peserta didik SMA Al Ma’soem yang diterima di PTN kembali menunjukan peningkatan yang cukup signifikan, peningkatan sebanyak 4% (read: tahun ini 53% dan tahun lalu 49%) dibandingakan dengan tahun lalu menunjukan bahwa sistem pendidikan yang sudah berjalan terbukti sangat baik.  

Sebanyak 53% peserta didik SMA Al Ma’soem yang mengikuti tes masuk berhasil diterima di PTN yang mereka tuju, baik melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri (UM) yang dilaksanakan oleh PTN yang bersangkutan.

Menurut Direktur Pendidikan Yayasan Al Ma’soem Bandung, Drs. Asep Sujana, M.M., disela-sela kegiatan Forum Sosialisasi dan Diseminasi SMA Al Ma’soem beberapa waktu lalu. “Total sekitar 229 siswa yang menjalani tes masuk untuk meneruskan jenjang pendidikannya ke PTN, dan sekitar 123 orang siswa diterima masuk di berbagai PTN di Indonesia, kemudian sisanya diterima masuk ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS),” terangnya.

Pencapaian para peserta didik SMA Al Ma’soem yang berhasil masuk PTN setiap tahunnya memang sangat baik, untuk penerimaan masuk PTN melalui jalur SNMPTN atau jalur undangan pun cukup banyak. Tahun ini, kenaikan jumlah siswa yang diterima melalui jalus SNMPTN cukup signifikan. Terjadi kenakikan sebesar 103% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dimana sebanayak 63 orang siswa berhasil diterima melalui jalur ini.   

Mayoritas lulusan SMA Al Ma’soem hampir selalu melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, sedangkan presentase lulusan yang tidak meneruskan pendidikannya sangat kecil sekali. Dengan motto “Sekolah untuk Sekolah,” Yayasan Al Ma’soem Bandung mendorong setiap siswanya untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Dengan rancangan sistem pendidikan yang mengarahkan para peserta didiknya untuk bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, memungkinkan para peserta didik untuk mengembangkan potensi dan minat yang mereka miliki dengan baik. Dengan begitu, sekolah benar-benar menjadi wadah bagi para peserta didik untuk bisa membimbing dan mengekspresikan kemampuan mereka saat akan melanjutkan ke perguruan tinggi. 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Sekolah Tinggi di Bandung
28 Maret 2015
Oleh: Ir. Tonton Taufik, MBA Sekolah Tinggi di Bandung – Sebagai masyarakat modern, menuntut ilmu setinggi-tingginya ibaratnya merupakan sebuah keharusan ...
CARA MUDAH MENGHAPAL HURUF-HURUF IKHFA
10 Juni 2015
CARA MUDAH MENGHAPAL HURUF-HURUF IKHFA By : Moch. Hamdani, S.Ag Ikhfa menurut bahasa adalah As-Sitru (bersembunyi). Adapun arti Ikhfa secara umumnya adalah ...
Manfaatkan Ramadhan Sebaik Mungkin
7 Juni 2016
Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, bulan yang sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Bulan yang sangat istimewa ...
Free English Classes for Al Ma'soem Employees
28 Oktober 2015
There is this interesting program here at Yayasan Pendidikan Al Ma’soem (YPAM) that has been going on for a few months now, and that is; English Course… ...
SD Al Ma’soem Kembali Jadi Tuan Rumah OSK
19 Februari 2016
Jatinangor – Tahun ini SD Al Ma’soem kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Sains Kuark (OSK). Tercatat sekitar 183 orang murid sekolah ...

Informasi Pendaftaran

Banner Almasoem
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAMB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2017
All rights reserved
Scroll Top